Download Pedoman Kegiatan Pesantren Ramadhan Tahun 2021

Pada bulan suci ramadhan pada umumnya sekolah akan melaksanakan kegiatan pondok ramadhan atau pesantren kilat untuk menambah rasa keimanan dan ketakwaan para siswa dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. 

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut terdapat panduan Kegiatan Pesantren Ramadhan untuk mewujudkan peserta didik memiliki iman, taqwa kepada Allah SWT dan mampu melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan yang diberikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah maupun melalui kegiatan Ekstrakurikuler pada jenjang PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK.

Kegiatan Pesantren Ramadlan di sekolah, dalam rangka memberikan tambahan dan memantapkan pengetahuan, pemahaman, pengamalan ajaran agama Islam. Buku Panduan Kegiatan Pesantren Ramadhan sebagai acuan, panduan, rambu- rambu dan penyeragaman dalam melaksanakan kegiatan pada jenjang PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK; yang pelaksanaannya banyak melibatkan unsur terkait, Guru PAI PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK beserta Kepala Seksi PAIS/PAKIS, Kepala Sekolah dan Pengawas PAI. 

Semoga buku Panduan Kegiatan Pesantren Ramadhan ini bermanfaat dan menjadi pedoman dalam melaksanakan kegiatan Ibadah Puasa Ramadlan bagi setiap Satuan Pendidikan pada semua jalur, jenjang dan jenis Pendidikan wajib menyelenggarakan Pendidikan Agama dan Pengelolaan Pendidikan Agama, melalui proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler PAI dikalangan Peserta Didik atau Siswa PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK baik Negeri maupun Swasta.

Tujuan Pesantren Ramadhan

Melalui kegiatan Pesantren Ramadan diharapkan seluruh warga sekolah dapat: 

  1. Meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia;
  2. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
  3. Menerapkan dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk mental spiritual yang memiliki kepribadian muslim yang kokoh dan mampu menghadapi tantangan negatif yang datang dari dalam maupun luar dirinya;
  4. Memberikan pemahaman dan pengalaman tentang dirasah Islamiyah, wawasan kebangsaan, wawasan lingkungan hidup, citra diri anak saleh, Adab Pergaulan Muslim, kepemimpinan, dan pencegahan penyalahgunaan narkoba;
  5. Melatih kemandirian, keberanian, kejujuran, kebersamaan, dan toleransi;
  6. Menyemarakkan syiar Islam di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Dalam melaksanakan kegiatan pesantren ramadhan dapat dilaksanakan secara daring dan luring sesuai dengan protokol kesehatan covid-19.

Artikel Lainya:

Download Pedoman Pesantren Ramadhan

Untuk mempelajari Petunjuk Teknis dalam pelaksanaan Pesantren Ramadhan silahkan anda dapat mempelajarinya pada Pedoman Pelaksanaan Pesantren Ramadhan Tahun 2021 pada tautan berikut ini

Pedoman Pesantren Ramadhan Tahun 2021

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pedoman pesantren ramadhan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Download Pedoman Kegiatan Pesantren Ramadhan Tahun 2021 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel