Integritas Petugas Cek Turnitin Perpustakaan dan Fakultas

Turnitin adalah salah satu tools (alat) untuk menguji tingkat similarity (kesamaan) karya tulis dan berbagai jenis tulisan dari civitas akademik. Turnitin telah terintegrasi dengan learning management systems, layanan single sign-on (SSO) dan perangkat kolaborasi teknologi informasi dunia pendidikan.

>> Order Jasa lolos cek TURNITIN<<

Saat ini cek turnitin telah digunakan berbagai universitas negeri maupun swasta, politeknik, institut, bahkan lembaga pengembangan sumber daya manusia di kementerian untuk mengetahui skor similarity karya tulis ilmiah.

Bukan hanya wajib lolos cek turnitin oleh siswa ataupun mahasiswa, guru dan kepala sekolah yang selesai menyelesaikan penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) maupun Best Practice juga harus melalui uji plagiasi dari lembaga terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan. 

Adapun kewajiban dosen atau peneliti yang akan mempublikasikan jurnal nasional hingga jurnal internasional juga harus melewati serangkaian syarat publikasi, salah satunya wajib lolos uji plagiasi (cek turnitin). 

Peranan petugas cek turnitin sangat penting untuk menjamin kualitas dan mutu suatu lembaga, dalam hal ini terkait ranah penelitian maupun ranah literasi. Secara umum amanah petugas cek turnitin didominasi dari pegawai atau petugas di Perpustakaan kampus atau petugas perpustakaan masing-masing lembaga ataupun institusi.

Sebaiknya petugas cek turntin di Perpustakaan maupun di Fakultas suatu universitas, memahami sistem atau prosedur pengecekan plagiasi, hal ini dimaksudkan supaya tidak ada yang dirugikan terkait hasil karya tulis ilmiah. 

Surat keterangan lolos cek plagiasi setelah cek turnitin merupakan bukti seorang penulis telah sah dan kredibel serta menunjukkan tanggung jawabnya sebagi penulis.

Tanggung jawab menulis dengan hasil karya sendiri meskipun ada beberapa referensi dari berbagai sumber atau pihak lain, namun hal itu selalu dicantumkan mengikuti kaidah penulisan karya tulis ilmiah.

>> Order Jasa lolos cek TURNITIN<<

Petugas cek turnitin harus jeli dan teliti dengan berbagai bentuk manipulasi tulisan, seperti penulis sengaja melakukan typo, karakter, huruf maupun angka berwarna putih untuk mengelabui sistem turnitin.

Apabila ditemukan hal seperti ini, hendaknya petugas cek turnitin segera menginformasikan kepada penulis supaya diperbaiki, bahkan memberikan arahan bagaimana cara dan panduan penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar. 

Petugas cek turnitin yang berintegritas, pastinya akan melewati beberapa prosedur cek turnitin, sehingga tidak akan terjadi manipulasi pengecekan plagiasi.

Tahap awal paling sederhana adalah melakukan pemeriksaan setiap kalimat dan paragraf, tentu saja hal ini membutuhkan waktu yang lama, namun dengan teknologi canggih saat ini, petugas cek turnitin dapat memanfaatkan situs website KBBI Online (https://typoonline.com/kbbi-online) untuk melihat apakah ada manipulasi pengetikan typo.

>> Order Jasa lolos cek TURNITIN<<

Tahap selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan apakah ditemukan pewarnaan karakter, huruf maupun angka, apabila hal ini ditemukan, pastinya terindikasi tindakan manipulasi.

Cara melihat tindakan tersebut salah satunya dengan membuka file melalui aplikasi Ms. Word, CTRL+A, kemudian klik menu “Home”, pilih “Text Highlight Color” kemudian pilih warna gelap misal “biru tua” atau hijau tua atau warna merah.

Apabila tindakan manipulasi text atau file tidak dijumpai atau tidak terindikasi, maka tahap berikutnya adalah upload atau submit file melalui website turnitin.com. Namun perlu diingat dan dicermati oleh petugas cek turnitin, terkait sistem Cek Turnitin Repository atau menggunakan sistem Cek Turnitin No Repository. 

>> Order Jasa lolos cek TURNITIN<<

Sistem cek turnitin yang berbeda tersebut harus dipahami oleh petugas cek turnitin supaya skor similarity terbaca dengan valid dan benar. Apakah yang dimaksud dengan sistem Cek Turnitin No Repository ?. Informasi lebih detail dapat dilihat melalui ulasan Khairpedia berikut ini.

https://khairpedia.blogspot.com/2021/07/akun-turnitin-no-repository-adalah.html

Demikian informasi terkait integritas petugas cek turntin yang dapat diulas dari sudut pandang yang berbeda, diharapkan tulisan ini memberikan pemahaman bagi petugas baru yang pertama kali diberikan wewenang untuk melakukan pengecekan plagiasi dengan tools Cek Turnitin. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Integritas Petugas Cek Turnitin Perpustakaan dan Fakultas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel