Komponen dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

Pada jaringan komputer dibutuhkan komponen atau perangkat untu membangun sebuah jaringan komputer yang dapat saling berkirim informasi. Perangkat tersebut memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan peruntukanya.

Terdapat banyak perangkat yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan, mulai dari kabel, konektor, switch, hub, modem, komputer dan perangkat-perangkat lain yang dibutuhkan.

Perangkat jaringan tersebut saling mendukung kinerja satu sama lain meski memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Jika salah satu perangakat jaringan bermasalah maka perangakat lain yang terhubung juga mengalami masalah atau tidak berfungsi.

Lantas apa saja perangkat jaringan tersebut? Berikut ini daftar perangkat jaringan komputer beserta fungsinya

1. Komputer/Pc

Hal utama yang harus disediakan dalam membangun jaringan komputer adalah Komputer/PC itu sendiri sebagai alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima data dari internet.

Komputer pada sebuah jaringan terdiri dari 2 jenis yaitu :

Komputer Server : Komputer yang berfungsi sebagai penyedia data atau pemberi layanan pada jaringan komputer.

Komputer client : Komputer yang mengakses layanan pada komputer server

2. Modem

Modem (Modulator Demodulator) merupakan alat yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analago. Alat ini berfungsi sebagai penghubung komputer dengan internet.

Proses kerja alat ini ketika komputer mengirim data maka modem merubah sinyal digital menjadi analog ketika melewati medium seperti saluran telepon, kemudian modem merubah kembali menjadi sinyal digital saat menuju komputer tujuan.

3. Kabel Jaringan

Kabel jaringan berfungsi sebagai penghubung antar komputer atau sebagai penghubung antar perangkat jaringan lainnya.



Kabel jarinagan terdapat beberapa jenis diantaranya

  • Twisted Pair ( UTP dan STP )
  • Fiber Optik
  • Coaxial

Kabel yang paling umum digunakan pada jaringan adalah kabel UTP kemudian Fiber Optik.

4. Konektor

Konektor merupakan sebuah perangkat yang berfungsi menghubungkan kabel jaringan dengan LAN Card atau NIC. Setiap jenis kabel jaringan yang digunakan memiliki konektor yang berbeda-beda.



Berikut ini jenis konektor dan kabel yang digunakan pada jaringan komputer.

  • Konektor RJ-45 digunakan untuk kabel UTP
  • Konektor BNC/T untuk kabel Coaxial
  • Konektor ST digunakan untuk kabel Fiber Optik

5. Network Interface Card (NIC)

Pada umumnya NIC atau biasa disebut dengan kartu jaringan sudah terpasang onboard pada motherboard komputer atau leptop, namun ada juga berupa kartu yang dipasangkan pada motherboard.

Pada kartu jaringan ini terdapat sebuah port yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakan konektor yang terpasang pada kabel jaringan.

6. HUB

hub merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan kabel jaringan yang terpasang pada tiap komputer, server atau perangkat lain.

7. Repeater

Repeater atau biasa disebut dengan penguat sinyal berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal pada sebuah segmen kemudian menyebarkan sinyal tersebut ke segmen lain dengan kekuatan sinya yang sama.

8. Bridge 

Cara kerja bridge hampir sama dengan Repeater, namun bridge memiliki kelebihan lain yaitu dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan transmisi yang berbeda.

9. Router 

Berfungsi sebagai pengatur jaringan, menentukan jalur mana yang terbaik untuk paket data sehingga dapat sampai ke komputer tujuan.

10. Access Point

Access point berfungsi untuk menyebarkan sinyal wirelles yang diterima oleh broadband untuk membuat sebuah jaringan WLAN (wireless Local Area Network).

11. Tang Crimping (Crimping Tool)

Merupakan alat yang memiliki bentuk seperti tang yang digunakan untuk memasang konektor RJ-45 ke kabel UTP.

Cara penggunaanya cukup mudah, urutkan terlebih dahulu susuan warna kabel UTP, kemudian masukan ke konektor. Kemudian masukan ke krimping tool dan tekan kuat hingga bunyi klik.

Itulah beberapa perangkat keras yang umum digunakan untuk membuat jaringan komputer. Masing-masing perangkat memiliki fungsi yang saling berkaitan dengan perangkat lain.

TUGAS

  1. Cari perangkat keras jaringan komputer selain 11 perangkat jaringan yang ada di atas, dan jelaskan
  2. Apa yang dimaksud dengan modem, jelaskan?
  3. Tukiskan jenis konektor dan kabel yang diguanakan.

0 Response to "Komponen dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel