Materi Informatika Kelas X Analisis Data

Data memiliki peranan penting dalam dunia infotmatika, data dapat menyimpan sebuah informasi yang  dibutuhkan. Misalnya anda ingin belanja secara online. Jika ingin barang yang dibeli sampai di alamat rumah maka wajib mengirimkan informasi data alamat secara lengkap. Barulah barang akan sampai dirumah tujuan.

Data dapat berupa teks, gambar, video, simbol, karakter maupun angka. Data tersebut merupakan sebuah fakta yang mengandung informasi.

Ketika ingin melakukan analisis sebuah data terdapat aspek yang harus diperhatikan, yaitu kepercayaan, keamanan serta privasi. Ketiga aspek tersebu dapat di maksudkan sebagai berikut.

  • Privasi - ketika berbicara sebuah data maka kita harus memperhatikan ke privasian data tersebut. Jangan samapi data yang di analisa jatuh atau diketahui oleh orang yang tidak mempunyai hak atau otoritasi. Misalnya saja menganalisa data keuangan perusahaan. 
  • Keamanan - keamanan dalam analisi data hampir sama dengan privasi, anda harus melindungi daya yang di analisa.
  • Kepercayaan - Ketika menganalisa data anda harus mendapatkan kepercayaan terlebih dahulu. Seseorang akan dengan mudah memberikan data hanya kepada orang yang dia percayainya

Di indonesia data dilindungi oleh undang-undang negara. Terkait isu perlindungan dan privasi data, pemerintah mengeluarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kita akan mengalami kesulitan untuk membaca, memahami, dan mengambil manfaat dari data yang tersedia ketika bekerja dengan data dalam jumlah yang besar. Karena itu, diperlukan berbagai metode untuk mengelola data sehingga data dapat dibaca dengan mudah dan memberikan arti kepada penggunannya diantranya transformasi, generalisasi dan penyederhanaan.

Transformasi data adalah proses pengolahan data agar memiliki format data yang sesuai dengan kebutuhan. Transformasi dapat dilakukan agar data dapat dibaca dan dimengerti dengan mudah sehingga pengguna data dapat mengambil simpulan dan keputusan berdasarkan data tersebut.

Generalisasi data adalah proses untuk menyamakan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh dua kelas yang berbeda sehingga kelas-kelas tersebut dapat ditempatkan dalam satu kelas yang lebih tinggi atau sering disebut sebagai super kelas. Contohnya proses generalisasi dapat dilakukan dengan mengelompokkan data penjualan berdasarkan kategori produk, berdasarkan negara asal pelanggan, dan sebagainya pada sebuah penjualan toko.

Proses penyederhanaan adalah proses pengelompokan data berupa angka-angka yang nilainya bervariasi.

Kita dapat memvisualisasikan / menampilkan data tersebut dengan berbagai cara. Intinya adalah pengaturan format data dan visualisasi data tersebut mudah dibaca dan dianalisis serta memberikan arti kepada penggunanya. Salah satu caranya adalah dengan memvisualisasikan data dalam bentuk angka.

Tugas.

1.  Tuliskan cara atau metode mengelola data

2. Tuliskan aspek yang harus di perhatikan dalam pengumpulan data

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel