4 Langkah Mudah Membuat Subdomain di Blogger

Subdomain merupakan sebuah alamat atau nama turunan dari sebuah blog atau website utama. Sebagai contoh saya memiliki blog dengan alamat www.maxtrimus.com dan subdomainya www.berita.maxtrimus.com

Karna kita sudah memiliki domain dengan nama maxtrimus.com dan ingin menambahkan subdomain maka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pembuatan subdomain, anda dapat membuatnya secara mudah dan gratis.

Subdomain biasanya banyak dipakai oleh website berita berdasarkan regional. Namun banyak juga website personal yang menggunakan subdomain untuk membranding blog miliknya.

Untuk membuat subdomain di blogger, silahkan anda buat blog baru terlebih dahulu untuk mendapatkan alamat CNAME subdomain yang akan dibuat. Jika anda kesulitan dalam membuat blog silahkan baca artikel berikut ini Panduan Membaut blog Bagi Pemula

Untuk detail pembuatan subdomain blog silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini

Langkah Mudah Membuat Subdomain di Blogger

Untuk detail pembuatan subdomain blog silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini

CNAME Subdomain

Setelah membuat blog baru yang akan dijadikan subdomain langkah selanjutnya adalah mendapatkan CNAME Subdomain. 

Silahakan anda buka Dashbord blog yang telah dibuat tadi, pilih menu Setelan > Dasar > Alamat Blog dan klik tulisan + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda

Tulis alamat subdomain yang anda inginkan, kemudian klik SIMPAN

Ketika anda klik simpan akan muncul pemberitahuan kesalahan, abaikan saja dan catat record CNAME yang tampil pada pesan. Dan jangan tutup halaman blog tersebut.

Pengaturan DNS

Selanjutnya silahkan buka website dimana anda membeli domain utama. Karna disini saya menggunakan rumahweb sebagai penyedia domain maka gambar yang saya tampilakan merupakan halam clientzone milik rumahweb.  

Namun jika kalian kesulitan dalam mengatur DNS Subdomain silahkan hubungi Customer Service penyedia domain anda untuk mendapatkan bantuan.

Silahkan tambah Record CNAME yang tadi kita dapatkan. Penambahan Record sama seperti anda membuat domain utama, hanya saja jika biasanya di isi dengan "WWW" maka pada pembuatan subdomain diganti menjadi nama subdomain, misal "berita

Dan untuk 4 Record A tidak perlu dibuat kembali karna mengikuti domain utama.  

Pemasangan Subdomain di Blogger

Setelah mendapatkan CNAME dan melakukan pengaturan DNS pada penyedia domain, langkah ahir untuk membuat subdomain di blogger yaitu dengan melakukan klik menu "SIMPAN" pada halaman yang anda buka tadi.

Dan halaman subdomain blog milikmu telah berhasil dibuat. Jika halaman subdomain tidak bisa di akses, silahkan tunggu 1x24 jam untuk proses penyesuaian domain.

Tips dalam membuat subdomain blogger

  1. Matikan pengalihan non WWW karna jika di aktifkan, jika pengunjung mengakses alamat blog utama akan redirect ke subdomain yang dibuat.
  2. Aktifkan fitur SSL atau HTTPS pada subdomain blog

0 Response to "4 Langkah Mudah Membuat Subdomain di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel