Download Contoh Laporan Keuangan Yang Baik dan Benar

Salah satu unsur penting dalam menjalankan bisnis adalah laporan keuangan. Dengan memiliki laporan keuangan yang baik dapat mengetahui apakah bisnis yang dijalankan tersebut berkembang dengan baik atau tidak. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang baik mengenai laporan keuangan.

Namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik. Sehingga laporan yang dibuat hanya ala kadarnya dan tidak sesuai dengan standar laporan keuangan yang benar. 

Namun jangan khawatir, pada artikel ini kami memberikan contoh laporan keuangan yang baik dan benar sehingga dapat dijadikan bahan refrensi untuk membuat laporan keuangan.

Apa itu laporan keuangan?

Laporan keuangan merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang catatan transaksi pemasukan dan pengeluaran sebuah perusahaan atau bisnis  yang dibuat berdasarkan periode waktu tertentu. 

Dengan adanya laporan keuangan tersebut, kita dapat mengetahui apakah bisnis atau usaha yang dijalanakan mendapatkan keuntungan atau malah mengalami kerugian.

Selain itu laporan keuangan juga dapat digunakan oleh para investor dan kreditor sebagai bahan pertimbangan apakah bisnis tersebut layak mendapatkan investasi dan kretid atau tidak.

Jenis-jenis Laporan keuangan

Saat ini terdapat 6 jenis laporan keuangan yang sering dibuat oleh pelaku bisnis. Setiap jenis laporan memilik perbedaan masing-masing. Oleh karna itu simak beberapa jenis laporan keuangan berikut ini.
  1. Laporan Laba Rugi merupan sebuah laporan yang dibuat untuk mengetahui laba rugi sebuah bisnis pada ahir periode
  2. Laporan Keuangan Neraca adalah laporan yang berisi informasi mengenai posisi hutang, harta serta modal pada periode tertentu
  3. Laporan Arus Kas adalah catatan atau resume mengenai pengeluaran atau pemasukan perusahaan pada periode tertentu
  4. Laporan Piutang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan serta saldo akhir piutang masing-masing customer
  5. Laporan Utang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan utang perusahaan serta saldo akhir utang masing-masing supplier.
  6. Laporan persediaan adalah laporan yang menyajikan rincian saldo dan stock akhir persediaan atau produk.

Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:
  1. Mengetahui bagaimana kinerja dan kondisi keuangan
  2. Rencana dasar untuk menyusun operasional
  3. Sebagai dasar pengambilan keputusan
  4. Sebagai alat pertanggung jawaban terhadap pihak external perusahaan

Laporan keuangan memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu bisnis. Ketika isi laporan keuangan salah atau tidak benar maka tindakan yang diambil oleh pelaku bisnis akan salah atau tidak seharusnya yang akan menyebabkan kerugian.

Download Contoh Laporan Keuangan yang Baik dan Benar

Jika anda saat ini sedang mencari contoh laporan keuangan kami memberikan beberapa contoh laporan yang dapat di download secara gratis. Silahkan download contoh laporan keuangan pada link berikut ini :

Contoh Laporan Keuangan 1

Contoh Laporan Keuangan 2 


0 Response to "Download Contoh Laporan Keuangan Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel