Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Download Ulang

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download ulang - Mengembalikan aplikasi yang tidak sengaja terhapus di hp android Xiaomi, OPPO a3s, OPPO a5s, Asus, dan di Hp Vivo.

Jika secara tidak sengaja melakukan uninstall aplikasi di smartphone, terlebih aplikasi itu sangat penting. Jangan khwatir, karna saat ini kamu bisa mengembalikan aplikasi tersebut dengan beberapa cara.

Sebelum mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus, terlebih dahulu harus dipastikan jenis aplikasi tersebut. Apakah merupakan aplikasi bawaan hp, aplikasi yang di download dari Play Store atau aplikasi pihak ketiga.

Karna setiap jenis aplikasi yang digunakan mempunyai cara untuk mengembalikan yang berbeda-beda.

Penyebab Aplikasi Hilang

Pada dasarnya aplikasi yang terhapus atau hilang disebabkan oleh kelalaian pengguna seperti secara tidak sengaja menghapus aplikasi. 

Namun disamping itu terkadang aplikasi bisa terhapus sendiri, sehingga secara tidak sadar aplikasi yang ingin digunakan sudah tidak ada di hp.

Penyebab utama hal tersebut dikarenakan launcher yang corrupt dan adanya bug pada sistem/aplikasinya, sehingga terkadang tidak ada pada home screen.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu cukup merebot ulang smartphone yang digunakan. Biasanya setelah itu aplikasi akan muncul kembali.

Namun jika tidak muncul, kamu bisa menggunakan beberapa cara yang akan kami jelaskan pada bagian bawah artikel ini.

Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus

Cara mengemabalikan aplikasi yang terhapus sebenarnya sangat mudah dilakukan, namun masih banyak para pengguna android yang tidak mengetahuinya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kamu harus mengetahui jenis aplikasi apa yang teruninstall, karna setiap aplikasi mempunyai cara mengembalikan yang berbeda.

Sebenarnya cara paling mudah untuk mengemaikan aplikasi yang terhapus dengan cara mendownload ulang aplikasi. Namun terkadang keterbatasan jaringan wifi atau paket internet menjadi penyebab mengapa tidak ingin download ualang.

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa playstore dan menggunakan playstore.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Playstore

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus bisa kamu temukan pada file manager yang ada di hp android.

Cara ini hanya berlaku apabila aplikasi yang terhapus berasal dari pihak ketiga dan bukan dari playstore atau aplikasi bawaan hp.

Berikut cara menemukan aplikasi yang terhapus di hp android.

1. Buka file manager

Untuk setiap smartphone terkadang mempunyai nama yang berbeda-beda, bisa file saya, berkas dan lain sebagainya.

2. Klik icon pencarian di pojok kanan atas

3. Ketik nama aplikasi yang terhapus

4. Jika sudah ketemu, klik aplikasi tersebut untuk menginstall ulang tanpa download.

Asalkan masih terdapat file apk yang tersimpan di memori, kamu bisa mengembalikan aplikasi yang terhapus kapanpun.

Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Dengan Playstore

Terkadang kita tidak sengaja menghapus aplikasi whatsapp dan ingin mengembalikannya. Jika aplikasi tersebut terhapus, kamu masih bisa mengembalikanya kok. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Buka aplikasi playstore

2. Klik baris tiga pada pojok kiri atas

3.  Pilih Aplikasi & Game saya

4. Kemudian klik Koleksi untuk menemukan aplikasi yang terhapus

5. Cari aplikasi yang ingin dikembalikan, kemudian klik Install

6. Tunggu proses instalasi hingga selesai

7. Kini aplikasi yang terhapus sudah berhasil dikembalikan dengan baik.

Namun cara ini sebenarnya sudah tidak bisa dilakukan karna adanya update versi terbaru google play. Sehingga kamu harus mendownload ulang aplikasi yang berasal dari playstore.

Agar hal seperti ini tidak terjadi kembali, kami memiliki beberapa tips yang bisa digunakan agar aplikasi yang terhapus bisa dikembalikan.

Tips Agar Bisa Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar aplikasi dan file yang terhapus bisa dikembalikan dengan mudah tanpa pusing memikirkanya.

Gunakan aplikasi backup

Aplikasi backup sangat penting digunakan jika kamu tidak ingin kehilangan data yang ada di smartphone. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi backup di laptop atau komputer.

Dengan aplikasi backup, kamu bisa mengembalikan aplikasi, game, video, foto, dan file lainnya dengan sangat mudah. 

Agar proses pengembalian dapat berjalan dengan baik, tentunya kamu harus membackup data yang ada di hp atau laptop terlebih dahulu. Jika tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan aplikasi yang membackup secara otomatis.

Perlu diketahui, aplikasi backup biasanya membutuhkan koneksi internet agar file yang dibackup dapat tersimpan dengan aman di penyimanan cloud.

Simpan Aplikasi di Memori Hp

Jika kamu meningstall aplikasi di smartphone dan takut jika suatu saat aplikasi terhapus, maka solusi lain yang bisa digunakan adalah mendownload aplikasi terlebih dahulu dan menyimpanya di memori.

Jika file sudah ada di medi penyimpanan, maka kamu tidak perlu khawatir jika aplikasi tiba-tiba hilang. Karna kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

Penutup

Aplikasi atau file lain yang penting jika hilang memang membuat kita menjadi panik, terlebih jika tidak mempunyai kuota internet untuk download ulang.

Oleh karna itu kamu bisa menggunakan cara mengembalkan aplikasi yang terhapus sebagaimana yang telah kami jelaskan diatas.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi backup agar file dan aplikasi yang ada di hp bisa dikembalikan jika terhapus. 

Baca Juga :

0 Response to "Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Download Ulang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel