Materi Kelas X Integrasi Antar Aplikasi Office

Aplikasi office merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk kegiatan perkantoran, seperti membuat dokumen, membuat surat, pembayaran gaji, absensi dan lain sebagainya. Terdapat banyak aplikasi Office saat ini, mulai dari microsoft office, Open Office, Gogle Doc, LibreOffice Writer dan AbiWord.

Aplikasi Office pada umumnya digunakan pada komputer atau leptop, namun seiring dengan perkembangan jaman, aplikasi office tidak hanya digunakan pada komputer saja namun digunakan pada smartphone atau Hp android yang kalian gunakan.

Banyak aplikasi Office yang dapat kamu gunakan di androdid, kamu dapat mencarinya di google play, silahkan pilih beberapa aplikasi yang kamu inginkan jika kamu ingin membuka dokumen pada Hp android.

Baca Juga : Materi Informatika Kelas X Mengenal Jaringan Komputer Lebih Teknis

Dari sekian banyak Aplikasi Office yang paling banyak digunakan adalah microsoft office, pada microsoft office terdapat banyak aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk membuat dokumen seperti microsoft word, microsoft excel, microsost power point, microsoft acces, dan beberpa aplikasi lain.

Penjelasan Aplikasi Microsoft Office

Berikut ini merupakan penjelasan beberapa aplikasi Microsoft Office yang biasa kamu gunakan. 
  • Microsoft word  > Biasa digunakan untuk membuat sebuah dokumen, yang berhubungan dengan surat-menyurat. Aplikasi ini digunakan untuk pengolahan kata.
  • Microsoft Excel > Digunakan untuk membuat dokumen pengolahan angka, pemberian nilai pada siswa, penggajian dan beberapa pekerjaan lain yang berhubungan dengan angka.
  • Microsoft Power Point > Aplikasi ini digunakan untuk kegiatan presentasi.
  • Microsoft Outlok > Aplikasi yang digunakan untuk membaca dan mengirimkan surat elektronik (email)
  • Microsoft Access > Aplikasi yang digunakan untuk database sekala rumahan atau perusahaan.

Integrasi antar aplikasi Office

Setelah kita mengenal beberapa fungsi dari microsoft office ternyata fungsi-fungsi tersebut dapat kita integrasikan atau digabungkan. Atau bahasa lainya mengaitkan data antar sub sistem sehingga data tersebut dapat digunakan pada sistem lainya.

Baca Juga : Materi Kelas X Interkasi Antar Perangkat Keras, Perangkat Lunak dan Pengguna

Contohnya adalah pada Microsoft Excel di hubungkan pada dokumen Microsoft Word dalam pembuatan surat, bisa juga Microsoft Excel dihubungkan dengan Microsoft Power Point dengan menampilkan grafik dan tabel.

Langkah-Langkah Integrasi Microsoft Excel dengan Microsoft Word

Langkah 1 - Buka Microsoft Word
Langkah 2 - Pada halaman baru Microsoft Word, tambahkan grafik pada menu Insert, kemudian klik padasub menu Chart dan pilih jenis (template) grafik. Misalnya grafik batang (COLUMN) dan klik Ok.

Langkah 3 - Secara otomatis layar komputer akan membuka aplikasi Microsoft Excel, layar komputer kamu akan tampak seperti ini


Langkah 4 - Selanjutnya, data input atau data grafik chart yang ada di Microsoft Excel diubah sesuai dengan keperluan grafik yang akan dibuat pada Microsoft Word. Secara otomatis data pada Microsoft Word akan mengikuti data yang dibuat di Microsoft Excel. Misalnya grafik nilai Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA.

Langkah 5 - Ubah Category 1,2,3 dan 4 pada Microsoft Excel menjadi nama siswa (Hari, Ega, Asep, dan Ina).
langkah 6 - Ubah Series 1, 2, dan 3 menjadi (Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA).
Langkah 7 - Rekayasa data menjadi nilai-nilai pada setiap mata pelajaran untuk setiap siswa.


Langkah 8 - Tutup jendela Excel, kemudian ubah judul data menjadi “Data Nilai Ujian Nasional Siswa” dengan double klik pada bagian Chart Title.

Langkah 9 - Selesai

Silahkan pahami materi diatas, Untuk tugas silahkan cari materi tentang aplikasi microsoft office yang di gunakan pada smartphone/Hp Android. Minimal aplikasi 5.



0 Response to "Materi Kelas X Integrasi Antar Aplikasi Office"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel