7 Kebiasaan Penyebab Kanker yang Jarang Disadari

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi manusia, penyakit ini muncul secara tiba-tiba tanpa tanpa gejala-gejala umum seperti penyakit lainya. Data Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian.

Angka tersebut membuktikan bahwa penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat menghilangkan nyawa seorang manusia. Penyakit kanker sendiri dapat muncul akibat kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadari dapat menumbuhkan sel kanker. Lalu kebiasaan apa saja sih yang dapat menyebabkan kanker? simak urain berikut ini.

Kebiasaan yang dapat menyebabkan kanker 

Hampir seluruh pakar kesehatan yang ada menyebutkan bahwa kebiasaan yang buruk dapat menyebabkan suatu masalah bagi kesehatan. Salah satunya adalah kanker, gaya hidup yang dapat menyebabkan kanker berikut ini banyak sekali di lakukan oleh orang-orang dan cukup 
menyenangkan untuk di lakukan sehari-hari.

1. Tidur Dengan Ponsel di Dekat Kepala

Kebiasaan ini banyak di lakukan oleh orang-orang dalam keseharian mereka, ponsel yang kini tidak bisa lepas dari banyak kebutuhan ini kerap kali terbawa sampai tidur. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah namun jauhkan ponsel tersebut dari kepala, karna ponsel dapat memancarkan sinyal radiasi yang dapat menggangu kesehatan bagi manusia.

Menurut sebuah penelitian para ilmuan, ponsel yang kita gunakan memiliki frekuensi pada saat mengirim dan menerima sinyal. Para ilmuawan kesehatan dan dokter meyakini bahwa hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Kebiasaan meletakan ponsel dekat kepala pada saat tidur dapat menyebabkan kanker otak.

2. Mengkonsumsi Banyak Minuman Manis

Banyak orang menyukai minuman atau makanan yang memiliki rasa manis yang tinggi seperti, kue, biskuit, teh manis dan makanan dengan kadar gula yang tinggi. Makanan-makanan dengan kadar gula tinggi memang nikmat untuk di konsumsi namun tanpa disadari mengkonsumsi makanan dengan kadar gula berlebih dapat menyebabkan kanker pada tubuh kita. 

Baca juga : Anda harus tahu, inilah rincian biaya pengobatan penyakit kanker

Selain menyebabkan kanker menkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi akan memicu penyakit-penyakit lain seperti obesitas, diabetes dan kanker payudara bagi wanita. Oleh sebab itu kurangi mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi.

3. Malas Bergerak dan Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan malas bergerak atau jarang berolahraga juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker pada tubuh kita, meskipun kita sangat sibuk sempatkanlah untuk berolahraga ringan minimal 30 menit dalam sehari agar tubuh dapat mengeluarkan keringat sehinga bagus untuk kesehatan.

4. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, terlebih jika sering mengkonsumsi minuman tersebut. Minuman beralkohol dapat menyebabkan resiko kanker pada saluran pencernaan, selain meningkatkan resiko terkena kanker minuman ini juga terbukti menyebabkan gangguan hati dan meningkatkan resiko psikologis

5. Penggunaan Makeup Secara Berlebihan

Diera saat ini penampilan menjadi yang utama bagi sebagian wanita maupun pria, penggunaan makeup menjadi hal yang biasa setiap harinya. Namun, penggunaan makeup secara berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker kulit terlebih makeup yang digunakan tidak aman atau mengandung bahan-bahan berbahaya seperti mercuri. 

Oleh karna itu bijaklah dalam penggunaan produk-produk kecantikan dan pilihlah produk kecantikan yang aman dan bebas dari bahan-bahan berbahaya.

6. Loundry Pakaian

Mungkin hal ini terlihat sedikit konyol, bagaimana bisa loundry pakaian dapat menyababkan penyakit kanker? Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Enviromental Working Group melaporkan beberapa label sabun yang digunakan tempat laundry mengandung zat kimia berbahaya yakni, 1,4-dioxane. Zat ini dapat memicu penyakit kanker. 

7. Kerja Shift Malam

Pekerjaan terkadang menuntut kita bekerja dengan cara shift, kerja bergantian siang dan malam. Pada tahun 2013 menurut study yang di terbitkan oleh British Medical Journal menemukan bahwa kerja shift malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara. 

Riset ini dilakukan kepada 2,300 wanita yang bekerja di shift malam, periset menemukan bahwa wanita yang telah bekerja shift malam selama 30 tahun atau lebih memiliki resiko terkena penyakit kanker.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel