Cara Buat Blog Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Membuat blog bukan merupakan hal yang sulit, cukup dengan membaca dan mengikuti tutorial cara buat blog di artikel ini maka kurang dari setengah jam anda akan memiliki blog pribadi dan bebas menulis apa saja yang anda inginkan asal tidak melanggar peraturan Google.

Untuk memiliki sebuah blog anda tidak perlu membayar ratusan atau bahkan jutaan rupiah hanya untuk sebuah blog, blog bisa anda dapatkan secara gratis hanya dengan menggunakan hp yang kalian miliki.

Hanya saja untuk memiliki blog dengan top level domain seperti .COM, .ID, .NEt, di ahir nama blog, anda harus membayar sekitar 125rb/tahun untuk biaya pembelian domain. Tentu saja hal ini tidak wajib dilakukan, tanpa harus membeli domain pun anda tetap bisa memilki blog.

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika memilki sebuah blog. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Berbagi Pengetahuan : jika anda seorang yang suka berbagi pengetahuan, blog dapat anda jadikan sarana untuk berbagi. Ada banyak orang yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan membaca blog
  • Mengembangkan Potensi Diri : Jika anda seorang yang suka menulis, menulis di blog dapat mengembangkan kualitas tulisan anda. Dengan mengaktifkan kolom komentar pada blog pembaca dapat memberikan masukan atas tulisan yang anda buat.
  • Lahan Penghasil Uang : Ketika blog yang anda buat telah memilki banyak pengunjung, anda dapat memonotise blog tersebut dengan program adsense milik google. Anda akan dibayar jika ada orang yang melakukan klik iklan yang tampil di halaman blog. 

Perbedaan Blog dengan Website?

Pasti anda pernah mendengar tentang blog dan juga website. Terkadang masih ada orang yang sering salah dalam membedakan antara blog dengan website, dua kata tersebut memilki arti yang berbeda namun sedikit sama. lantas apa berbedaan blog dengan website?

Website merupakan kumpulan halaman yang dapat di akses secara online dan memiliki informasi yang statis atau tetap, informasi halaman pada website pada umumnya jarang di update. Contoh dari website adalah web alumni kampus atau sekolah, informasi produk atau layanan.

Sedangkan Blog merupakan sebuah website yang informasinya selalu update dengan postingan artikel-artikel terbaru yang ditulis oleh pemilik blog. Contoh dari blog adalah maxtrimus.com yang saya kelola saat ini.

Blog tidak hanya dimiliki oleh individu saja namun juga bisa dimiliki oleh perusahaan-perusahaan seperti gojek, bukalapak dan lain sebagaianya. Gunanya untuk memberikan informasi terbaru atau tentang layanan yang mereka berikan.

Setelah mengetahui perbedaan tersebut, silahkan tentukan pilihan anda. Ingin membuat website atau blog. Semua tergantung selera anda.

Persiapan Membuat Blog

Sebelum membuat blog sebaiknya anda melakukan persiapan terlebih dahulu, persiapan tersebut seperti menentukan topik atau tema blog yang akan dibuat dan menentukan nama blog.

  • Topik atau Tema Blog : Tentukan topik blog yang akan di buat, maksudnya anda menentukan apa isi postingan blog anda nantinya. Misal anda ingin mempunyai blog dengan topik teknologi. Maka isi postingan artikel di blog anda tentang teknologi, atau anda ingin topik kesehatan maka isi postinganya juga tentang kesehatan. 
  • Nama blog : Selanjutnya menentukan nama blog. Buatlah nama blog yang mudah di ingat. Atau sesuaikan nama blog dengan topik yang akan dibahas. Misal niche teknologi maka nama blognya infotekno.com.

Setelah menentukan topik dan nama blog selanjutna kita akan langsung membuat blog. Silahkan ikuti langkah-langkanya sebagai berikut

Cara Buat Blog Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Langkah 1 : Silahkan kunjungi halaman blogger.com dan klik Sign In

Langkah 2 : Masukan alamat Gmail yang anda miliki. 

Langkah 3 : Masukan Title blog anda

Langkah 4 : Masukan nama blog yang anda inginkan. Jika nama blog tersedia maka akan muncul keterangan "this blog address is available" jika tidak tersedia akan muncul "Sorry, this blog address is not available"

Langkah 5 : Masukan nama penulis artikel di blog anda, dan Klik Finish

Langkah 6 : Selesai

Dengan mengikuti langkah tersebut dengan benar maka anda sudah membuat blog gratis. Langkah-langkah tersebut merupakan cara membuat blog di HP jika ingin membuatnya melalui komputer atau leptop maka caranya sama saja tinggal anda ikuti langkah di atas dengan baik dan benar.

Cara Membuat Postingan Blog

Blog yang telah selesai anda buat tidak akan bisa memberikan informasi apapun kepada pembaca kalau tidak ada postingan artikel didalamnya. Untuk membuat postingan silahkan ikuti cara berikut :

1. Login kedalam blog anda

2. Silahkan klik icon + pada halaman blog atau bisa juga dengan klik Icon Menu garis tiga bawah dan Pilih New Post

3. Tulis judul artikel dan isi dari artikel di kolom yang telah disediakan. Jika sudah selesai klik publish.

4. Selesai

Kini postingan pertama telah dibuat diblog anda, terus buat postingan artikel yang bermanfaat agar blog yang anda miliki memberikan manfaat kepada pembaca.

Cara ganti tampilan blog

Tampilan blog atau template blog merupakan salah satu bagian penting dalam dunia perblogeran. Karna tampilan blog yang responsive dan enak dilihat akan memberikan pengalaman yang baik kepada pembaca. 

Umumnya blogger telah menyediakan template default yang dapat anda gunakan, namun tampilanya masih yaa begitu lah. Jika anda ingin mengganti template sesuai dengan keinginan anda ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Login ke blogger

2. Pilih icon garis tiga kebawah

3. Pilih theme, kemudian klik icon panah bawah dan pilih Restore

4. Pilih lokasi penyimpanan template.

5. Upload

Kini template blog anda telah berganti sesuai pilihan anda. Dan artikel cara buat blog untuk pemula (Panduan Lengkap) telah selesai. Berikutnya saya akan menulis tentang cara agar blog tampil di gogle.


0 Response to "Cara Buat Blog Bagi Pemula (Panduan Lengkap) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel