-->

Cara Mudah Membuat Website Berita Online [Panduan Lengkap]

Ditengah berkembangya teknologi memiliki website berita merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Setiap orang dapat dengan mudah mengikuti cara membuat website berita online hanya dengan waktu beberapa jam saja.

Dengan memiliki website berita online, anda dapat membagikan informasi kepada orang lain dengan cepat. Hal ini dikarenakan akses internet bisa didapatkan dengan mudah, cukup menggunakan Smartphohe dan kartu selular anda bisa mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Selain kemudahan akses informasi, dengan adanya teknologi internet juga berdampak pada cepatnya penyebaran informasi, anda bisa mengetahui kejadian atau peristiwa yang terjadi di daerah lain hanya kurun waktu sekian jam bahkan beberapa menit saja. Hal tersebut dikarenakan terdapat website berita online yang memuat kejadian tersebut.

Ditengah kemajuan teknologi, media online memiliki nilai tersendiri bagi pembacanya. Penyebaran informasi yang cepat membuat media online kini melampaui media cetak bahkan radio.

Dengan banyaknya website berita online, pernahkah terlintas difikiran anda bagaimana cara membuat situs berita online?

Atau cara memiliki situs berita online?

Jika iya, kini siapapun bisa membuat media berita online, baik yang memiliki badan hukum yang mengacu pada UU Pers atau hanya sekedar portal online yang tidak berbadan hukum atau disebut dengan Citizen Journalism (Jurnalisme Warga) yang mengacu pada UU ITE serta kaidah jurnalisme.

Lantas dari mana keuntungan yang didapat dari memiliki situs berita online? Keuntungan tersebut berasal dari pemasangan iklan mulai dari Iklan Google Adsense yang tayang pada situs tersebut atau iklan masyarakat yang ingin memasang iklan tentang produk/jasa yang mereka miliki. 

Semangkin besar trafik situs berita online maka semangkin besar pula penghasilan yang di dapatkan.

Cara Membuat Situs Berita Online

Sebelum membuat situs berita online sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu ingin membuat media online yang memiliki badan hukum atau sekedar portal online dengan kaidah penulisan jurnalis?

Agar lebih mudah dalam memilih, berikut ini saya uraikan sedikit apa itu media online yang memiliki badan humum dengan yang tidak berbadan hukum

  • Media online berbadan hukum (Media online pro) media ini memiliki badan hukum berbentuk PT, tunduk dan taat terhadap UU Pers serta Dewan Pers. Pembuatan media online pro membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika anda ingin membuat media pro, anda harus menyiapkan cukup uang untuk membuatnya.
  • Media online tidak berbadan hukum (Media online indie) situs ini merupakan hasil dari kreatifitas jurnalisme warga. Terdiri dari satu atau beberapa orang pengelola website. Media ini tidak membutuhkan biaya yang banyak, anda cukup mengeluarkan 130rb/tahun untuk biaya pembelian domain. 

Setelah mengetahui perbedaan media online pro dan indie silahkan anda pilih mana yang sesuai dengan diri anda. Karna admin termasuk orang yang belum memiliki banyak uang maka pada artikel ini akan memberikan tutorial membuat situs berita online dengan media gratisan blogspot atau wordpress dan agar lebih terlihat profesional harus membeli domain sekitar 130rb/tahun.

Persiapan membuat situs berita online

Berikut ini beberapa hal yang harus anda siapkan jika ingin membuat situs berita online dengan blogspot atau wordpress.

  • Membuat blog
  • Template Website
  • Domain
  • Hosting (Tidak Wajib)
  • Kelola Blog

Membuat Blog

Silahkan anda buat blog terlebih dahulu, bisa menggunakan blogger atau wordpress. Untuk blogger anda bisa membaca artikel Panduan Lengkap Cara membuat Blog

Dalam membuat blog berita online pilihlah nama yang mudah di ingat dan unik, misal inforiau,kabarpalelawan dan sebagainya.

Template Blog

Hal yang harus anda perhatikan jika membuat situs berita online adalah template atau tampilan halaman web. Semangkin profesional template yang anda gunakan akan membuat situs anda disukai oleh pembaca.

Untuk template blog berita online anda bisa mendapatkanya secara gratis di internet, silahkan pilih mana yang menurut anda bagus. Atau jika ingin template premium silahkan hubungi saya dinomor 087881544916.

Domain

Domain merupakan nama dari situs berita online yang anda buat. Memiliki domain akan meningkatkan profesionalitas situs berita yang ada. Sebagai contoh ketika anda membuat blog dengan nama "inforiau.blogspot.com" dengan platform gratisan akan terlihat tidak mengenakan dan cendrung terlalu panjang.

Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan domain dan merubahnya menjadi "inforiau.com".

Jika sudah seperti itu akan terlihat lebih profesional. Untuk pembelian domain anda bisa menghubungi penyedia layanan domain seperti rumahweb.com.

Baca Juga : Cara Mudah Merubah Blogspot Menjadi .com

Hosting

Hosting merupakan sebuah layanan internet yang berguna untuk meletakan halaman-halaman website sehingga website dapat di akses melalui jaringan internet. 

Dalam membuat website berita online, hosting sifatnya tidak wajib. Hosting hanya dibutuhkan jika anda ingin membuat situs berita online dengan sangat profesional.

Kelola Blog

Ketika anda sudah memiliki blog serta domainya, hal yang tidak kalah penting adalah pengelolaan website. Mulailah menulis berita dengan memperhatikan kaidah jurnalisme serta berikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Jika anda ingin memiliki situs berita online, jangan ragu untuk membuatnya. Silahkan saja anda buat dan mulailah membuat berita. Untuk masalah kualitas berita yang anda tulis akan berkembang seiring dengan berjalanya waktu.

Jika anda ingin membuat situs berita namun bingun bagaimana caranya silahkan hubungi saya pada kontak berikut ini:

Susilo Sudarwaji
0878-8154-4916