Cara Sederhana Agar Blog Tampil di Pencarian Google

Ketika anda membuat sebuah blog hal utama yang ingin didapatkan adalah pengunjung yang membaca tulisan artikel berisi informasi yang mereka inginkan. 

Saat anda membuat artikel yang berkualitas namun alamat blog tidak bisa di akses atau artikel yang anda buat tidak tampil di pencarian Google, hal ini akan menjadi sia-sia karna tidak ada orang yang bisa membacanya.

Baca Juga : Cara Buat Blog Bagi Pemula [Panduan Lengkap]

Beda halnya jika blog atau tulisan anda buat bisa ditemukan di mesin telusur, pastinya akan ada banyak pengunjung blog yang membaca tulisan anda.

Jika blog anda sudah tampil di pencarian google dan memiliki banyak pengunjung, anda bisa mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya sebagai berikut.

  • Mendapatkan penghasilan melalui iklan
  • Memiliki nilai lebih di mesin telusur
  • Dikenal oleh pembaca
  • Sebagai amal jariah karna telah memberikan informasi yang bermanfaat

Ada beberapa cara agar blog bisa tampil dihalaman google, anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini agar blog anda tampi di mesin pencari google.

Edit Pengaturan Blog

Anda harus memastikan setingan pada blog benar agar dapat di akses oleh mesin pencarian google. Untuk seting pencarian pada blog silahkan ikut langkah berikut ini

  1. Login ke halaman Blogger
  2. Klik menu Setting dibagian sebelah kiri
  3. Pada pilihan "Privasi", aktifkan Dapat diakses mesin telusur

Pastikan setingan blog telah sesuai dengan benar.

Daftarkan blog ke Google Search Console

Google search console atau google webmaster merupakan sebuah tools yang disediakan oleh google untuk para pemiliki website agar website yang mereka miliki mudah ditemukan di search engine.

Selain itu tools ini juga memberikan laporan data tentang trafik website anda, kata kunci yang paling dicari di website dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pendaftaran di google search console caranya cukup mudah, silahkan baca artikel berikut ini untuk menambahkan blog ke webmaster

Baca Juga : Cara Terbaru Mendaftafkan Blog Ke Webmaster Google

Tulis Artikel Berkualitas

Tulislah artikel yang berkualitas, artikel yang meemnahas detail sebuah topik. Artikel yang memiliki kualitas akan mendapatkan nilai lebih dimata search engine. 

Jika anda mampu tulislah artikel dengan panjang lebih dari 1000 kata karna lebih di sukai google dibanding artikel kurang dari 1000 kata.

Lakukan Blog Walking

Blog walking merupakan kegiatan berkunjung ke blog orang lain kemudian meninggalkan komentar yang berisi artikel yang relefan dengan blog yang anda kunjungi.

Cara ini dapat meningkatkan backlink blog anda sehingga lebih muda di cari di google. 

Share Artikel ke Media Sosial

Manfaatkan media sosial sebagai tempat untuk share artikel yang anda buat. Selain sebagai sumber trafik yang baik, media sosial juga sebagai tempat untuk mengenalan blog anda kepada orang lain. 

Ketika blog anda sudah dikenal dan memiliki informasi yang bermanfaat, pastinya akan ada orang yang mencari alamat blog anda di google. Hal ini akan membuat blog tampil di pencarian google.

Saran saya, ketika anda share artikel ke media sosial seperti facebook lakukan jeda waktu share. Jika terlalu banyak share artikel maka linka anda akan dianggap sebagai spam.

Gunakan Template Blog Mobile-Friendly

Gunakan template blog mobile friendly artinya tampilan template jika di akses oleh smartphone tidak berat atau fast loading serta memiliki tampilan yang responsif.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan agar blog tampil di pencarian google. Jika ada yang kurang jelas dapat ditanyakan melalui kolom komentar yang tersedia dan terimakasih telah membaca artikel ini.

0 Response to "Cara Sederhana Agar Blog Tampil di Pencarian Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel