Cara Memilih Kemitraan Ayam Broiler Yang Baik dan Benar

Memilih kemitraan ayam broiler yang baik dan benar sangat penting bagi keberlangsungan usaha ayam broiler yang dimiliki. Jika salah dalam memilih mitra perusahan ayam broiler maka dapat menyebabkan kerugian, namun jika tepat dalam memilih mitra maka akan memberikan keuntungan bagi peternak ayam broiler.

Saat ini terdapat banyak perusahaan mitra ayam potong yang ada di Indonesia mulai dari perusahaan terbesar hingga perusahaan yang kecil. Semua perusahaan tersebut saling berlomba untuk mendapatkan kepercayaan di mata para pengusaha ayam broiler dengen memberikan harga panen yang cukup menggiurkan.

Baca Juga : Daftar Perusahaan Kemitraan Ayam Broiler

Bagi para peternak ayam broiler terdapat dua istilah tentang kemitraan ayam broiler yaitu Perusahaan Inti dan Plasma. Kedua komponen ini harus ada jika tidak ada maka tidak akan terjadi yang namanya mitra.

Perusahaan Inti merupakan sebuah perusahaan yang bertanggung jawab untuk memasok bibit ayam, pakan ayam serta obat-obatan selama para peternak bergabung menjadi mitra perusahaan tersebut. Selain itu Perusahaan Inti juga berkewajiban memberikan bimbingan kepada oara peternak terkait manajemen kandang yang baik dan benar.

Plasma merupakan istilah bagi para peternak ayam potong yang bergabung kedalam perusahaan kemitraan ayam broiler. Berkewajiban menyediakan kandang close house atau open house dengan populasi minimal 2000, 5000 ekor atau lebih.

Para peternak yang bergabung kedalam kemitraan ayam tidak perlu membayar diawal saat melakukan pembelian bibit, pakan serta obat-obatan ayam broiler karna akan dipotong saat ayam telah habis dipanen. Peternak juga tidak perlu pusing dengan harga jual ayam apabila mengalami penurunan harga, karna akan tetap dibeli oleh PT dengan harga sesuai kontraka.

Olehkarna itu menjadi peternak dengan cara kemitraan dapat memberikan keuntungan yang baik pagi para peternak.

Namun dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan hubungan kemitraan dengan para peternak dan semua menawarkan iming-iming keuntungan yang mengundang selera. Hal semacam ini pastinya membuat para peternak terasa bingung dalam memilih kemitraan ayam broiler mana yang terbaik serta memberi keuntungan yang terbesar serta paling adil. 

Di bawah ini terdapat beberapa persyaratan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan perusahaan inti untuk kemitraan ayam broiler :

1. Harga Kontrak

Jika ingin memilih perusahaan mitra ayam broiler, mintalah contoh kontrak pada perusahaan kemitraan ayam broiler yang ada. Bandingkan semua harga kontrak tersebut dan pilih yang paling menguntungkan. Harga kontrak setiap perusahaan berbeda-beda, harga kontrak tersebut mencakup harga pakan, DOC, OVK serta harga jual ayam hidup. 

2. Sporanak Yang Digunakan

Pastikan perusahaan inti yang memakai sapronak dengan kwalitas paling baik. Kadang-kadang walau harga garansinya sedikit lebih kecil mungkin saja keuntungan yang didapat peternak semakin besar bila memakai sapronak paling baik lantaran peluang performa ayam yang dihasilkanya juga semakin bagus terlebih BB serta FCR-nya. Pakai bebrapa anggapan lagi untuk mengkalkulasi besarnya keuntungan.

Umpamanya, Perusahaan A memakai pakan serta DOC yang bagus diprediksikan dapat membuahkan ayam usia 34 hari dengan BB = 2 Kg ; FCR = 1, 54 ; M = 2%. Sedang Perusahan B memakai sapronak kelas 2 atau 3 hingga peluang membuahkan ayam usia 34 hari dengan BB = 1, 7 ; FCR = 1, 65 ; M =5%. Hasil itu input kedalam Rumus HPP, selisih paling besar bermakna yang paling untungkan.

3. Pilih Perusahaan yang Besar

Pastikan perusahaan besar yang anda pilih jika ingin menjalin kemitraan karna apabila ada keadaan spesifik contoh harga jual ayam yang rendah atau ada kenaikan pakan perusahaan itu masihlah kuat jalan. Jangan pernah pilih perusahaan inti yang kecil sebab umumnya waktu harga jual ayam hancur perusahaan tak dapat beli pakan mengakibatkan pemeliharaan dapat berhenti ditengah jalan atau umumnya ganti pakan dengan kwalitas yang rendah untuk menghimpit cost pakan, hingga peternak dirugikan.

4. Kecepatan Panen

Kadang-kadang performa ayam yang baik dapat rusak lantaran panen yang sangat lama atau dicicil sedikit sedikit (bukanlah permasalahan usia ayam). Cari perusahaan inti yang dapat panen dalam sekejap. Makin cepat saat panen makin baik. Umpamanya, ayam 10. 000 ekor dapat panen kurun waktu 1 atau 2 hari tambah baik daripada 5 atau 6 hari.

5. Kecepatan Pembayaran Hasil

Pastikan perusahaan yang memberi service yang baik dan cepat membayarkan hasil perhitungan untung serta rugi peternak. Peternak umumnya perlu dana cepat karna uang tersebut beberapa dapat dipakai untuk cost persiapan serta operasional untuk periode selanjutnya.

Ketika para peternak benar dalam memilih perusahaan mitra maka dapat memberikan keuntungang bagi para peternak, namun jika salah akan mengakitbatkan kerugian.

0 Response to "Cara Memilih Kemitraan Ayam Broiler Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel