Daftar Perusahan Kemitraan Ayam Broiler di Indonesia

Ayam broiler atau yang sering kita kenal sebagai ayam potong merupakan hewan ternak yang memiliki usia panen yang sangat singkat, rata-rata hanya membutuhkan waktu 35-40 hari saja, bahkan ada peternak yang mampu panen hanya dalam usia 33 hari dengan bobot ayam rata-rara 2kg per ekor.

Hal ini membuat usaha ayam broiler menjadi salah satu usaha dengan perputaran uang yang cukup singkat. Dengan banyaknya permintaan daging ayam dipasaran, memiliki usaha ayam broiler merupakan pilihan yang bagus menurut admin.

Dalam menjalankan usaha ternak ayam broiler terdapat 2 cara yang sering dipakai oleh kalangan peternak, yang pertama bekerja sama dengan perusahaan (kemitraan) atau secara mandiri

Dari kedua cara tersebut memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Jika anda menggunakan sistem mandiri maka akan dipusingkan dengan naik turunya harga ayam dipasaran sedangakan harga pakan dan komponen pendukung lain terus mengalami kenaikan. 

Jika harga ayam dipaaaran mengalai penurunan maka anda akan terancam rugi karna harga jual tidak sebanding dengan banyaknya pengeluaran yang harus dilakukan.

Berbeda hal jika anda mengikuti sistem kemitraan, meskipun harga ayam dipasaran mengalami penurunan anda tetap mandapatkan keuntungan yang besar karna harga pembelian yang diambil oleh PT sesuai dengan harga kontrak awal.

Oleh karna itu sebelum memilih usaha ayam broiler pastikan terlebih dahulu bagaimana cara anda mengelola usaha tersebut, ikut kemitraan atau mandiri.

Baca Juga : 

Ada banyak PT atau CV yang dapat anda pilih sebagai tempat untuk mengikuti kemitraan ayam broiler. Berikut ini merupakan daftar nama perusahaan kemitraan ayam broiler di Indonesia

Daftar Perusahan Kemitraan Ayam Broiler di Indonesia

  1. PT.Phokphan
  2. PT.Japfa
  3. PT.Ciomas Adisatwa
  4. PT.Malindo
  5. PT.GOT ( Phokphand)
  6. PT.Sidoagung Group
  7. PT.S3
  8. PT.Brantas Abadi Sentosa
  9. PT.Mustika Jaya Lestari
  10. PT.Patriot
  11. PT.SMU
  12. PT.Sahabat Broiler Salatiga
  13. PT.Surya Inti Pratama
  14. PT. Amanah
  15. PT.UMI
  16. PT.Sierad
  17. PT.Widodo Makmur
  18. PT.Januputra
  19. PT.Intan Jaya Abadi
  20. PT.Semesta Mitra Mandiri

Dari sejumlah perusahaan kemitraan ayam broiler tersebut pilihlah mana yang menurut anda cocok dengan diri anda. Jika bingung bagaimana cara memilih kemitraan silahkan baca artikel berikut ini.

Baca Juga :

Untuk saat ini terdapat 2 perusahaan mitra ayam broiler terbesar yang ada di indonesia perusahaan tersebut bernama Pokphand dan Japfa Comfed.

Pokphand merupakan perusahaan mitra ayam broiler pertama dan terbesar di Indonesia, peruhaan dengan logo singa ini memiliki nilai kontrak yang bagus pada pakan dan pembelian bibit. Bibit pada perusahaan ini dinamakan dengan CP-707

Japfa Comfed atau yang biasa dikenal sebagai ciomas menjadi perusahaan terbesar kedua setelah Pokphan. Perusahaan ini memiliki bibit DOC yang terkenal dengan nama NB Platinum dan Gold.

Syarat Gabung Kemitraan Ayam Broiler 

  • Foto copy KTP, KK dan buku rekening atas nama pemilik kandang
  • Memiliki kandang ayam broiler
  • Menandatangani perjanjian kerja sama demgan perusahaan mitra ayam broiler.

Jika anda ikut kemitraan anda dilarang untuk menjual, menambah sporanak daging ataupun pakan yang telah disepakati. Jika anda melakukan oelanggaran akan menyebabkan putusnya kontrak kerjasama.

Keuntungan bekerjasama dengan perusahaan

  • Tidak kawatir jika harga ayam broiler dipasaran turun. Karna ayam anda akan tetap dibeli oleh PT sesuai harga kontrak awal
  • Tidak perlu memikirkan pembelian pakan dan DOC. Pakan dan DOC akan dikirim oleh perusahaan
  • Diberikan pelatihan
  • Ada pengawas yang membantu anda untuk penyuluhan dan memanagement kandang

Kerugian ternak ayam broiler sistem kemitrmaan

  • Anda tidak tahu kualitas DOC yang diberikan oleh PT. Terkadang ada beberpa bibit yang kurang baik sehingga berpengaruh pada pertumbuhan ayam broiler 
  • Masa panen yang tidak tentu. Masa panen diatur oleh perusahaan menjadi kesulitan tersendiri bagi peternak. Yang seharunya panan namun ditahan oleh PT menyebabkan membengkaknya pakan yang seharusnya untung banyak malah untung sedikit bahkan merugi.

Kesimpulan

Ikut mitra atau mandiri menjadi pilihan anda, pilihlan yang terbaik untuk usaha ayam broiler milikmu.

jika ikut mitra pastikan perusahan tersebut benar-benar memberikan keuntungan untuk anda bukan malah memberikan kerugian. Jika sekarang ini anda ikut PT yang salah. Sebaiknya cari kemitraan yang lain. Ketimbang terus merugi.

0 Response to "Daftar Perusahan Kemitraan Ayam Broiler di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel