Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Yang Baik dan Benar

Surat rekomendasi beasiswa merupakan surat yang di perlukan sebagai berkas pendukung dalam melakukan pendaftaran beasiswa. Setiap institusi swasta maupun pemerintahan ketika mengadakan beasiswa biasanya menyetarkan surat rekomendasi beasiswa sebagai dokumen pendukung aplikasi beasiswa.

Surat rekomendasi beasiswa tidak bisa dibuat sendiri melainkan didapatkan dari orang lain yang memberikan rekomendasi beasiswa. Surat ini biasanya didapatkan dari pihak kampus atau sekolah yang memberikan rekomandasi.

Cara Menulis Surat Rekomendasi Yang Baik dan Benar

Dalam menulis surat rekomendasi yang baik harus mencakup hal-hal berikut ini.

  1. Menggunakan kaidah Bahasa Indonesia dengan baik dan benar,
  2. Berisi kualifikasi,
  3. Menggambarkan dirimu yang tidak bisa dilihat dari segi kompetensi maupun akademi,
  4. Ungkapan dari pemberi refrensi tentang dirimu mengapa kamu harus mendapatkan beasiswa tersebut.

Rekomendasi Beasiswa Lainya :

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Terdapat banyak contoh surat rekomendasi beasiswa, salah satu contoh paling kecil adalah surat rekomendasi dari kepala desa/lurah ataupun dari kepala sekolah. Isinya merupakan pernyataan jika anda merupakan siswa dari keluarga kurang mampu dan layak mendapatkan beasiswa.

Beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa di bawah ini bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi untuk membuat surat rekomendasi beasiswa.

1. Surat Rekomendasi Beasiswa Dari Kepala Sekolah atau Kampus

Surat rekomendasi beasiswa paling banyak biasanya berasal dari pihak sekolah atau kampus. Hal ini dikarenakan sekolah atau kampus merupakan tempat pendidikan yang sering menerima beasiswa. Untuk contoh surat rekomendasi dapat di lihat atau download dibawah ini

Download surat

2. Surat Rekomendasi Beasiswa Dari Atasan

Saat ini banyak mahasiswa yang kuliah sambil bekerja untuk membiayai perkuliahan mereka. Anda dapat menggunakan hal tersebut untuk mendapatkan beasiswa dari kampus dengan menggunakan surat rekomendasi beasiswa dari atasan seperti berikut ini.

Download Surat

3. Surat Rekomendasi Beasiswa dari Kepala Desa/Lurah

Surat rekomendasi beasiswa dari kepala desa biasanya digunakan oleh mahasiswa yang kurang mampu. Surat ini juga digunakan untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan UKT (uang kuliah tetap) terendah.

Download 

Dengan memiliki surat rekomendasi beasiswa maka peluang anda untuk mendapatkan beasiswa tersebut semangkin dekat. Karna pada surat tersebut menjelaskan mengapa anda berhak mendapatkan beasiswa. 

Semoga contoh surat rekomendasi beasiswa tersebut dapat memperlancar urusan anda dalam pengajuan beasiswa. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel