Cara Memilih DOC Ayam Broiler Yang Berkualitas Super

Salah satu penentu keberhasilan usaha ternak ayam broiler adalah pemilihan Day Old Chiken (DOC) ayam yang baik dan benar. Dengan memilih DOC ayam yang berkualitas maka tingkat pertumbuhan dan perkembangan ayam akan meningkat sehingga dapat menurunkan tingkat kematian ayam di kandang.

Memilih doc ayam broiler yang berkualitas sangat penting bagi seorang peternak, karna hampir 60% tingkat keberhasilan usaha bergantung pada bibit ayam yang tersedia. Oleh karna itu peternak harus teliti dalam memilih doc ayam broiler agar usaha yang dijalankan dapat memberikan keuntungan secara maksimal.

Pemilihan DOC ayam hanya dapat dilakukan jika usaha ayam broiler secara mandiri. Namun jika usaha yang dijalani ikut perusahaan kemitraan ayam broiler maka tidak dapat memilih bibit doc sendiri. Bibit ayam akan disortir dari tempat penetasan kemudian langsung dikirimkan ke para peternak ayam broiler.

Artikel Populer : 

Cara Memilih DOC Ayam Broiler Berkualitas Tinggi

Jika kamu seorang peternak mandiri dan saat ini ingin membeli DOC ayam broiler, kamu dapat mengikuti cara berikut ini agar bibit ayam yang kamu pilih memiliki kualitas yang baik sehingga dapat meningkatkan keuntungan. Berikut cara memilih doc ayam broiler dengan baik dan benar.

1. Berasal dari pembibitan yang terkenal dengan Kualitasnya

Saat ini bibit DOC ayam broiler berkualitas yang admin ketahui dapat dibeli pada dua perusahaan yaitu Charoen Pokphand Indonesia dan japfacomfeed. Kedua perusahaan tersebut sudah memiliki reputasi yang sangat baik dan terbesar di Indonesia. Jadi ketika membeli DOC ayam pastikan membeli pada perusahaan tersebut

2. Berat DOC Ayam berkisar 37 - 42 Gram

DOC broiler yang baik memiliki berat berkisar 37 - 42 Gram pada saat menetas. Namun ketika sampai pada peternak biasanya berat doc akan mengalami penyusutan. Penyusutan tersbut disebabkan oleh suhu, dehidrasi dan lain sebagianya. Oleh karna itu pilihlah DOC ayam broiler dengan berat maksimal agar saat sampai di peternak tidak banyak mengalami penyusutan.

3. Licah dan Aktif

Bibit ayam broiler yang berkualitas baik memiliki pergerakan yang lincah dan aktif. Jika DOC hanya diam saja dan malas untuk bergerak kemungkinan bibit tersebut tidak bagus. Selain itu suara yang nyaring juga menandakan bahwa DOC tersebut memiliki kualitas yang baik

4. Tidak Ada Cacat

Pastikan ketika kamu membeli DOC ayam tidak ada cacat bawaan yang dimiliki, seperti kaki patah, mata buta dan sebagainya. Jika bibit ini bercampur dengan yang sehat maka bisa di pastikan doc tersebut tidak akan bertahan lama dan akan mati.

5. Pada anus tidak ada kotoran atau pasta

Perhatikan anus pada DOC ayam, pastikan tidak ada kotoran yang menempel atau pasta. Doc yang memiliki kualitas buruk terdapat kotoran atau pasta yang mempel pada anus, atau mencret

Selain cara di atas, agar mendapatkan doc ayam yang berkualitas dapat melihat dari warna doc. Warna doc ayam broiler berkualitas berwarna putih kekuningan dan paru serta kaki berwarna kuning cerah.

Selain pemilihan DOC ayam broiler yang berkualitas, faktor yang mendukung keberhasilan usaha ayam broiler adalah perawatan dan pemeliharaan. Kebersihan kandang dan pemberian pakan yang baik dapat membuat ayam tumbuh dan berkembang dengan baik.

Itulah informasi mengenai cara memilih DOC ayam broiler berkualitas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Memilih DOC Ayam Broiler Yang Berkualitas Super"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel