Apa itu Essay? Pengertian dan Ciri-Cirinya

Ingin tahu pengertian essay dan ciri-cirinya? yuk simak ulasan mengenai apa itu essay beserta ciri-cirinya pada artikel berikut ini.

Istilah essay tidak asing lagi terutama untuk kalangan pelajar atau akademisi. Hal ini karena materi essay seringkali menjadi sub pembahasan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sejak di bangku SMA. Kemudian berlanjut sampai di bangku perkuliahan.

Tidak jarang essay pun menjadi karya tulis yang dikompetisikan atau menjadi syarat untuk mengikuti beasiswa. Namun, masih ada sebagian kalangan yang merasa asing dengan essay. 

Contoh essay pun beragam, ada essay kesehatan, ekonomi dan lain sebagaimya. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan essay? Bagaimana cara membuat essay yang baik? Simak penjabarannya di bawah ini.

Pengertian Essay

Dilansir dari KBBI, essay merupakan karya tulis yang di dalamnya mengandung masalah dan disertai dengan sudut pandang dari penulisnya yang bersifat personal. Maka, essay dikategorikan sebagai karangan non-fiksi yang berbentuk opini, yaitu opini si penulis.

Selain itu, secara umum essay membahas fenomena-fenomena atau isu yang tengah menjadi perbincangan masyarakat, baik dalam sektor pendidikan, politik, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan sebagainya. Penulis essay berperan sebagai pengamat isu tersebut di sebuah kelompok masyarakat, lalu menuangkannya ke dalam bentuk tulisan.

Oleh sebab itu, tidak heran apabila ada essay yang memiliki bahasan yang berbeda,  meskipun mengangkat isu yang sama. Namun, setiap pendapat yang diutarakan pasti memiliki landasan yang dijadikan pondasi oleh penulis agar memiliki validasi yang kuat.

Hal ini didukung oleh Dalman yang menyatakan bahwa essay adalah salah satu tulisan yang isinya menggambarkan opini atau sudut pandang dari penulis terhadap subjek yang coba dijabarkan di dalam essai.

Ciri-Ciri Essay Secara Umum 

Essay memiliki ciri khusus sehingga dapat dibedakan dengan tulisan-tulisan lainnya. Dengan mengetahui ciri-ciri Essay, itu akan mempermudah kamu dalam membuat Essay maupun mengklasifikasikan bentuk tulisan yang dibaca. Berikut rincian ciri-ciri yang terdapat pada contoh essay:

1. Essay Berbentuk Prosa

Maksudnya adalah tulisan essay akan ditulis dalam bentuk prosa. Tulisannya pun menyampaikan hal dengan apa adanya  dan dikomunikasikan dengan gaya  komunikasi biasa. Dengan demikian, di dalam essay tidak ditemukan bahasa maupun suatu ungkapan yang bersifat figuratif.

2. Gaya dan Isi Tulisan Khas

Setiap penulis yang menulis Essay memiliki gaya tersendiri dalam menyampaikan sesuatu dalam tulisannya. Gaya ini sendiri terbentuk dari prosa yang dibuat oleh penulis itu sendiri. Secara alami.

Selain itu, dikarenakan essay dipengaruhi oleh sudut pandang penulis, maka tulisannya pun akan didominasi oleh hasil pemikiran penulis. Meskipun begitu, hal-hal yang tercantum di dalam essay berdasarkan data yang diterima oleh penulis.

3. Isi tidak utuh

Essay pun memiliki isi yang dapat dikatakan memiliki isi tidak utuh. Hal ini karena essay ditulis berdasarkan sesuatu yang dianggap penting oleh penulis. Sehingga, hal-hal lain yang tidak dianggap penting oleh penulis, tidak akan dipaparkan.

4. Singkat

Tulisan essay tidak terlalu banyak, bahkan hanya terdiri dari beberapa lembar atau halam saja. Hal inilah yang membuat tulisan essay cenderung lebih singkat dibandingkan dengan karya ilmiah lainnya,

5. Memenuhi kriteria dari penulisan

Essay tetaplah memenuhi kriteria penulisan dari karya ilmiah, meskipun essay tidak memiliki isi yang utuh. Namun, essay tetap memenuhi struktur dari kriteria yang sudah ditetapkan. Maka, dalam essay terdapat pendahuluan, isi, maupun penutup yang disajikan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa essay merupakan karya tulis non-fiksi yang dibuat hanya dengan menyoroti hal-hal yang menurut penulis penting. Selain itu, essay pun memiliki ciri-ciri singkat, memenuhi kriteris penulisan, isi tidak utuh, memiliki gaya da nisi yang khas, dan berbentuk prosa.

0 Response to "Apa itu Essay? Pengertian dan Ciri-Cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel