Pidato Maulid Nabi Singkat Terbaru Tahun 2021

Contoh pidato maulid nabi singkat, padat dan menyentuh hati yang dapat digunakan untuk peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2021. Simak contoh pidato maulid nabi berikut ini.

Salah satu kegiatan dalam peringatan maulid nabi adalah ceramah tentang nabi muhammad SAW. Peringatan tersebut biasanya dilaksanakan di sekolah, desa dan lain sebagainya. 

Pada tahun ini peringatan maulid nabi diperingati pada tanggal 20 Oktober 2021.

Berikut ini contoh ceramah maulid Nabi Muhammad SAW singkat, padat dan menyentuh hati.

Contoh Pidato Maulid Nabi Singkat Tahun 2021

Kumpulan pidato maulid nabi yang bisa digunakan untuk acara maulid nabi Muhammad

Pidato singkat maulid nabi Tema Semangat Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi rabbi ‘alamin, saya panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat memberikan nikmat sehat yang luas biasa. Tak lupa sholawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang memberi syafaat kita kelak. Aamiin.

Saudara sesama muslim yang saya cintai, dalam acara kali ini perkenankan saya menyampaikan pidato maulid nabi secara singkat. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan tema semangat Maulid Nabi. Marilah kita senantiasa menyambut dan merayakan Maulid Nabi dengan penuh suka cita dan menjadikannya sebagai batu pijakan untuk lebih baik.

Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai pribadi yang berpredikat uswatun khasanah dan menjadikannya sebagai sosok yang sempurna di mata umat muslim. Beliau juga sangat cerdas karena dikaruniai sifat fathanah oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita sebagai umatnya sudah sepatutnya untuk meniru semangat belajar dengan tekun agar bisa menjadi generasi muslim yang cerdas.

Bertepatan dengan semarak perayaan maulid nabi, mari kita selalu bergandengan tangan dan belajar dengan tekun. Semoga apa yang kita semua cita-citakan bisa tercapai secara kaffah. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kurang dan khilafnya, mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 Baca Juga :


Pidato Singkat Maulid Nabi di Sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru.

Yang terhormat, Bapak/ibu Wali Kelas. Dan tak lupa, kakak kelas berikut teman-teman yang saya cintai. tama yang paling utama, mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Atas nikmatnya, kita dapat bertemu di acara yang barokah ini.

Sholawat beriring salam semoga mari kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta para keluarga dan sahabat-sahabatnya. Beliau adalah penuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti yang kita nikmati hari ini.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam rangka menyambut maulid Nabi Muhammad SAW, izinkan saya menyampaikan sepatah dua kata patah di sini. Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin kita. Dalam peringatan kelahirannya ini merupakan waktu untuk kita mengenang sosok manusia mulia sealam dunia ini.

Sebagaimana kita tahu, Nabi Muhammad dijuluki sebagai Al Amin. Sebutan itu merupakan gelar yang mulia, yang artinya nabi sangat diakui kejujurannya oleh masyarakat kala itu. Gelar ini artinya ‘yang dapat dipercaya’. Ini merupakan nilai yang mesti kita junjung.

Sebagai siswa kita harus menomorsatukan kejujuran. Nilai kejujuran yang dapat kita amalkan dalam sekolah misalnya tidak menyontek, berbohong pada orangtua atau guru.Sesungguhnya kebohongan tidak akan membawa kita pada kebaikan. Ada pepatah mengatakan bahwa jujurlah meskipun itu pahit.

Teman-teman yang saya cintai.

Kita mungkin kerap menghadapi situasi yang sulit, saat jujur itu terasa pahit untuk dilakukan. Akan tetapi kita harus ingat bahwa bila kita ingin diakui sebagai umat Nabi Muhammad, maka perilaku kita harus mengikutinya.

Nabi Muhammad tidak mengajarkan kebohongan, menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan tertentu. Nabi Muhammad berani mengatakan bahwa Islam adalah agama yang benar, padahal di tengah-tengahnya terdapat musuh Islam.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita agar bersikap jujur, agar kita dapat dipercaya sebagaimana gelar itu melekat pada diri beliau.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ahzab ayat 21 yang berbunyi:

 لَقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِىۡ رَسُوۡلِ اللّٰهِ اُسۡوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنۡ كَانَ يَرۡجُوا اللّٰهَ وَالۡيَوۡمَ الۡاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيۡرًا 

 “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah SAW yaitu suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah SWT dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,”

Gelar Al Amin dan amalan kejujuran nabi merupakan satu dari sekian banyak akhlak yang perlu kita tiru. 

Semoga kita dapat mengamalkan nilai kebaikan ini. Demikian dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk para hadirin semua.

Akhirul kalam. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu.

Pidato Singkat Maulid Nabi dan Menyentuh Hati

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh Alhamdulillah.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin wa bihi nasta’in wa ‘ala umurid dunya wad din. Wa shatu wa salam ‘alla sayyidina wa maulana Muhammad SAW.

Dengan hormat, bapak/ibu hadirin yang dimuliakan Allah SWT. Di kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa.

Alhamdulillah kita masih diberikan kenikmatan dan kesehatan tanpa halangan suatu apapun sehingga bisa berkumpul dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sholawat serta salam mari kita curahkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW. Kali ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang Maulid Nabi secara singkat mengenai sifat terpuji dari beliau.

Tentu sangat penting bagi kita sebagai umat muslim untuk senantiasa mengetahui segala sifat yang beliau miliki. Sebagaimana yang terdapat dalam Alquran bahwasanya Allah SWT telah memberikan suri tauladan yang baik.

Beliau dengan segala kebaikan dan budi luhurnya wajib kita tiru sebagai umat muslim. Meskipun sebagai manusia biasa, kita tidak bisa meniru keseluruhan sifatnya, namun sifat ini bisa menjadi aucan kita dalam berperilaku.

Perilaku jujur atau shiddiq adalah salah satu sifat yang dimiliki Rasulullah SAW. Kita bisa meniru perilaku ini agar bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kita juga perlu berperilaku jujur dengan diri sendiri. Jadi, mari kita senantiasa bersikap jujur dan mneyambut peringatan ini dengan penuh rasa syukur.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.  

0 Response to "Pidato Maulid Nabi Singkat Terbaru Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel