Cara Mengatasi Google Play Error No Connection

Masalah google play Error Connection terkadang sering dialami ketika akan mendownload aplikasi atau game di Google Play. Lantas bagaimana cara mengatasi google play no connection? Simak ulasan berikut ini

Google play yang biasanya dapat kita akses dengan baik tiba-tiba tidak dapat di akses dan muncul pesan Error No Connection atau Check Connection and Try again.

Pesan google play error tersebut memiliki arti bahwa smartphone yang digunakan tidak tersambung ke jaringan internet. Namun setelah dicek untuk browsing, jaringan yang kamu gunakan berjalan dengan normal.

Masalah play store no connection biasanya dialami oleh smartphone yang baru saja di root. Hal tersbut mengakibatkan beberapa sistem pada google play hilang sehingga menyebabkan error. Selain hal tersebut terdapat beberapa penyebab mengapa google play tidak dapat di akses.

Penyebab google play tidak bisa dibuka

Penyebab gogle play tidak bisa dibuka dan muncul pesan Error No Internet Connection.

1. Waktu dan tanggal tidak sesuai

Periksa apakah waktu dan tanggal yang ada di smartphone kamu telah sesuai. Jika pengaturan tanggal tidak sesuai akan menyebabkan google play tidak bisa dibuka. Cara memperbaikinya sebagai berikut. 

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Tanggal & Waktu
  • Pilih Tanggal & waktu otomatis, untuk memilih ini maka sebelumnya perlu menghidupkan jaringan
  • Kemudan centang Zona Waktu Otomatis

Secara otomatis waktu dan tanggal pada smartphone telah di perbarui.

2. Cache penuh

Cache aplikasi yang penuh membuat google play tidak dapat dibuka. Coba bersihkan cache google play pada hp android kamu, kemudian lihat bagaimana hasilnya

3. Menggunakan google play versi lawas

Setiap aplikasi terdapat update yang berfungsi untuk meningkatkan layanan yang diberikan. Termasuk google play, jika kamu menggunakan versi lawas. Cobalah untuk mendownload versi terbaru google play di internet kemudian install pada smartphone milikmu.

Setelah mengetahui penyebab google play tidak dapat di akses no connection, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan cara berikut.

Baca juga :

Cara Mengatasi Google Play Error No Connection

Cara mengatasi google play error no connection di hp android.

1. Restart Android

Cara mengatasi google play no connection yang pertama bisa kamu lakukan dengan merestart hp android. 

Tekan dan tahan tombol power hingga muncul pop-up pilihan menu. Kemudian pilih Restart dan tunggu smartphone nyala kembali. 

Setelah itu, silahkan cek kembali apakah google play tidak bisa dibuka telah teratasi atau belum. Jika belum silahkan gunakan cara berikut ini.

2. Hapus Cache Google Play

Menghapus cache dan data yang tersimpan di aplikasi google play akan membuat aplikasi kembali seperti semula. Caranya sebagai berikut.

  • Buka pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Kemudian cari aplikasi Google Play
  • Tekan dan pilih penyimpanan
  • Selanjutnya Hapus Data dan Clear Cache

Setelah menghapus cache dan data aplikasi google play, silahkan lihat bagaimana hasilnya.

Biasanya hanya dengan menggunakan cara diatas, masalah google play tidak bisa dibuka dapat teratasi dengan mudah.

Cara tersebut juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi tidak dapat mendownload aplikasi dan game di play store, google play berhenti dan tidak dapat membuka google play.

0 Response to "Cara Mengatasi Google Play Error No Connection"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel