-->

Cara Mengatasi Akun Google Error Tidak Bisa Login

Akun google error tidak bisa login di android dapat menyebakan beberapa masalah, jika kamu mengalami hal tersebut, simak cara mengatasi tidak bisa login google di hp android berikut ini.

Akun google sangat diperlukan bagi smartphone android agar dapat menggunakan berbagai macam layanan yang diberikan oleh google salah satunya adalah Google Play. 

Namun terkadang akun google mengalami masalah tidak bisa login sehingga tidak dapat mengakses email untuk berbagai keperluan.

Jika kamu mengalami hal tersebut tidak perlu panik, karna kami akan akan berikan solusi mengatasi akun google error tidak bisa dibuka.

Penyebab Akun Google Error

Tidak bisa masuk ke akun google bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti salah memasukan password, salah penulisan email dan yang paling extrim ialah akun gmail telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengatasi akun google error tidak bisa login, hal pertama yang harus diketahui adalah penyebab mengapa akun gmail error tidak bisa terhubung ke server google.

Berikut ini beberapa penyebab akun gmail error yang perlu diketahui.

1. Tanggal dan Waktu Tidak Sesuai

Hal pertama yang harus diperhatikana adalah tanggal dan waktu yang ada pada perangkat smartphone. Jika tanggal tidak sesuai dapat menyebabkan tidak bisa login email sehingga muncul pesan error "Tidak dapat login. Ada masalah saat berkomunikasi dengan server Google".

2. Cache Google Play Menumpuk

Cache pada aplikasi google play yang menumpuk membuat tidak bisa masuk ke akun google meskipun telah memasukan password dengan benar. 

Untuk mengatasi hal tersebut caranya, masuk ke aplikasi pengaturan » pilih manajer aplikasi » Semua aplikasi » Google play service » Clear data atau Clear cache.

Dengan begitu cache akan dihapus dan diminta untuk memasukan ulang akun google yang akan digunakan.

3. Terlalu Banyak Login Pada Perangkat

Terkadang kita sering login email pada banyak perangkat yang berbeda, namun lupa untuk logout. Hal tersebut terkadang membuat akun google error sehingga gagal login.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu cukup membuka akun pada perangkat yang tertaut dengan gmail, kemudian logout semua device yang terhubung. Setelah itu login kembali gmail apakah masih error atau tidak.

Jika masih mengalami error pada saat login akun gmail, kamu bisa menggunakna beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi gagal login email pada perangkat android.

Baca juga :

Cara mengatasi Email Tidak Bisa Login di Android

Jika kamu sudah memasukan alamat email dan password dengan benar namun masih tidak bisa login, ada kemungkinan bahwa kamu mengaktifkan autentifikasi dua faktor.

Untuk autentifikasi dua faktor, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini

  1. Saat muncul permintaan autentifikasi dua faktor pilih jenis autentifikasi yang di inginkan
  2. Ikuti panduan yang muncul pada layar android kamu

Setelah semua langkah diikuti dengan benar, maka akan berhasil login di perangkat andorid yang dimiliki.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi akun google error tidak bisa login yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.