-->

Volunteer Adalah Panggilan Kita Bersama

Volunteer adalah seseorang yang memberikan waktu, tenaga dan pikirannya secara sukarela untuk membantu orang ataupun kelompok lain yang membutuhkan.

Menjadi seorang volunteer berarti Anda ikut meringankan beban orang lain tanpa pamrih. Kegiatan menjadi volunteer sendiri bisa menjadi sebuah kebutuhan atau kewajiban bagi orang tertentu yang memiliki keinginan untuk lebih bermanfaat bagi sesama.

Seharusnya kebutuhan ini menjadi kebutuhan setiap orang sehingga terbentuk masyarakat yang bahu membahu dalam menyelesaikan masalah yang ada di setiap kelompok masyarakat. 

Kegiatan volunteer sebaiknya juga memiliki wadah sehingga memiliki tujuan dan perencanaan yang lebih terarah. Dengan wadah yang terorganisir, para volunteer bisa memberikan sumber daya mereka ke orang lain atau kelompok lain yang betul-betul membutuhkan bahkan jika berada di lokasi yang jauh.

Kelompok volunteer adalah sekumpulan orang yang ingin membantu orang lain dan tergabung dalam wadah tertentu dengan tujuan yang sama. Dengan adanya wadah atau organisasi yang tepat, kelompok volunteer akan lebih maksimal dalam memberikan sumbangsihnya. 

Menjadi volunteer bukan hanya tugas mereka yang sudah biasa menjadi volunteer, namun juga tugas kita bersama. Pasti ada keahlian kita yang dibutuhkan orang lain. Selain keahlian, waktu dan tenaga atau materi juga bisa disumbangkan demi meringankan beban sesama. Contoh kegiatan menjadi volunteer yang bisa mulai kita lakukan sebagai pemula antara lain:

  • Membantu pembangunan sarana masyarakat.
  • Menjadi pengajar di sekolah sore.
  • Membantu administrasi organisasi dalam kelompok volunteer.
  • Dsb.

Agar lebih mudah bagi Anda yang ingin memberi sumbangsih sebagai volunteer, sebaiknya bergabung dengan sebuah wadah tertentu yang sudah memiliki program nyata untuk membantu sesama seperti Wahana Visi Indonesia.

Wahana Visi Indonesia merupakan organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang pemberdayaan wanita, pendidikan anak dan kesejahteraan masyarakat secara umum. WVI sudah memiliki banyak program dengan ribuan volunteer yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Anda juga bisa bergabung di dalamnya dengan mendaftarkan diri melalui laman websitenya. Selain menjadi volunteer Anda juga bisa menjadi sponsor bagi anak dengan berdonasi setiap bulannya. Yuk beri sumbangsih kita untuk meringankan beban sesama.