-->

Tips Memilih Cat Dasar Tembok Untuk Interior dan Exterior

Memilih cat dasar tembok untuk rumah memang bukan perkara yang mudah, karna cat dasar dapat mempengaruhi kualitas warna cat tembok dirumah.

Pada umumnya, cat dasar dapat menutup pori-pori tembok yang tidak rata, memperkuat daya rekat cat akibat pergantian cuaca musim, melindungi tembok dari munculnya zat alkali sehingga warna cat yang digunakan dapat tahan lebih lama.

Memilih cat dasar tembok harus disesuaikan dengan kondisi dinding yang akan di cat, beda dinding maka berbeda pula jenis cat dasar tembok yang digunakan.

Berikut ini beberapa jenis cat dasar tembok yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kondisi dinding yang akan di cat.

Jenis Cat Dasar Tembok

Beberapa jenis cat dasar tembok yang bisa digunakan sebagai dasar untuk melapisi dinding agar hasil cat lebih maksimal.

Alkali Resisting Primer

Cat yang berbahasn dasar emulsi acrylic, merupakan jenis cat dasar yang digunakan untuk permukaan dinding yang sudah kering atau belum pernah dilapisi cat sebelumnya.

Wall Sealer

Jenis car wall sealer digunakan untuk dinding yang sudah pernah di cat sebelumnya. Dalam pengaplikasian cat wall sealer, dinding sebaiknya dalam keadaan sudah bersih dan kering untuk memaksimalkan cat.

Waterproofing Sealer

Cat dasar tembok waterprofing sealer sangat cocok digunakan untuk permukaan tembok yang masih lembab. Jenis cat ini biasanya digunakan untuk proyek yang membutuhkan deadline waktu yang singkat.

Alkali Killer

Jenis cat alkali killer merupakan cat dasar tembok yang membutuhkan thinner sebagai bahan untuk mengencerkan cat. Biasanya cat ini digunakan sebagai lapisan dasar apabila menggunakan cat premium untuk finishing.

Dengan mengetahui jenis cat dasar tembok yang ada, kini kamu dapat memilih sesuai dengan kondisi dinding yang akan di cat.

Cara Memilih Cat Dasar Tembok yang Baik

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam memilih cat dasar tembok sebelum melakukan pengecatan untuk finishing.

Sebelum memilih cat dasar tembok, sebaiknya kamu lihat terlebih dahulu kondisi tembok yang akan di cat. Setelah itu pilih sesuai dengan jenis cat tembok yang telah kami jelaskan diatas.

Jika ingin mengecat bagian interior sebaiknya gunakan waterbased dan untuk bagian exterior sebaiknya gunakan jenis cat solvent based yang tahan jika terkena panas dan hujan.

Salah satu cat dasar tembok terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Avian Brands. Terdapat berbagai macam pilihan cat dasar yang bisa digunakan untuk permukaan area yang akan di cat.