-->

Big Data, Solusi Terbaik untuk Industri Telekomunikasi

Big Data merupakan hasil inovasi dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi kian pesat sejak munculnya revolusi industri 4.0.

Istilah Big Data ditemukan oleh ilmuwan asal Amerika pada awal tahun 2000, namun saat itu Big Data belum populer.

Seperti namanya, Big Data, merupakan data dengan ukuran yang besar. Kumpulan data akan dikatakan sebagai Big Data jika memenuhi tiga karakteristik, diantaranya adalah: volume (ukuran data), velocity (kecepatan pemrosesan data) dan, variety (variasi data).

Jika suatu data tidak memiliki salah satu dari ketiga karakteristik tersebut, maka data tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai Big Data. 

Clive Humby berkata “Data is the new oil” dari kutipan tersebut dapat diartikan bahwa data sebagai bahan bakar, energi, dan pondasi yang baru. Tanpa data sesuatu tidak akan bisa bergerak.

Big Data bermanfaat bagi banyak industri, salah satunya industri telekomunikasi. Industri telekomunikasi merupakan salah satu industri yang berkembang sangat pesat di era digital ini.

Jaringan telekomunikasi yang cepat, semakin dibutuhkan. Untuk itu, pelaku industri telekomunikasi saling bersaing untuk menghadirkan jaringan yang terbaik agar menjadi pilihan utama masyarakat, 

Peran Big Data dalam Industri Telekomunikasi

Secara garis besar, Big Data sangat berperan penting dalam Industri Telekomunikasi. Dengan hadirnya Big Data, perusahaan telekomunikasi memiliki peluang yang besar untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sebab, dengan Big Data, perusahaan telekomunikasi dapat menampung semua aspirasi dan keresahan pasar sehingga data tersebut dapat dianalisis dan menghasilkan keputusan terbaik. Dengan Big Data pula, industri telekomunikasi dapat mendeteksi lebih dini ancaman-ancaman yang dapat terjadi pada jaringan, mendeteksi adanya modus penipuan, dan yang lainnya.

Oleh karena itu penggunaan Big Data sangatlah penting bagi perusahaan di Industri Telekomunikasi.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, platform Big Data harus memiliki tiga fitur unggulan agar proses analisis data lebih optimal:

1. Easy to use

Suatu platform Big Data harus mudah digunakan. Penggunaan platform Big Data tidak hanya untuk menganalisis suatu data, melainkan juga untuk membuat sebuah warehouse data. Baik itu untuk data yang terstruktur, semi terstruktur, dan data yang tidak terstruktur.

Selain itu, sebuah platform Big Data harus dapat dengan mudah mengintegrasikan data dalam jumlah yang banyak untuk mempermudah proses analisis data.

2. Insightful

Selanjutnya sebuah platform Big Data harus membantu penggunanya untuk mengolah dan menganalisis data. Oleh karena itu platform Big Data yang baik adalah platform dengan data yang terstruktur dengan baik agar informasi yang lengkap dan mendalam dapat dengan mudah diperoleh.

3. Customer oriented

Suatu organisasi yang menggunakan Big Data adalah mereka yang sadar akan pentingnya data pelanggan. Terlebih bagi sebuah organisasi yang besar seperti perusahaan telekomunikasi.

Maka sebuah platform Big Data yang baik harus customer oriented untuk melihat preferensi dari pelanggan agar keputusan lebih mudah tercipta.

Setelah melihat peranan dan fitur dari Big Data untuk industri telekomunikasi yang tertulis di atas, dapat disimpulkan bahwa Big Data memiliki peranan penting bagi Industri Telekomunikasi khususnya dalam pemantauan kinerja produk, keresahan dan keinginan pelanggan yang bermanfaat dalam berjalannya bisnis.

Untuk itu Telkom Indonesia memiliki terobosan baru yang diberi nama Platform Big Data sebagai jawaban dan inovasi untuk Industri Telekomunikasi. Jadi, tunggu apalagi? Segera beralih ke Platform Big Data dari Telkom Indonesia dan dapatkan performa analisis data terbaik!