Cara Menghilangkan Objek Yang Tidak di Inginkan di Video

Menghilangkan objek yang tidak di inginkan pada sebuah video bukan merupakan hal yang sulit sekarang ini. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah aplikasi editing video bernama After Effect yang baru-baru ini telah merilis fitur terbaru yang dapat digunakan untuk menghilangkan objek yang tidak di inginkan pada video anda.

Fitur tersebut bernama Content Aware Fill. Secara sederhana fitur pada after effect ini hampir sama seperti yang ada pada adobe photoshop. Yang membedakan hanya jenis file yang akan di edit. Pada after effect dapat menghilangkan object pada jenis file video dan jpg/png.

Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Watermark Video Menggunakan HP Android

Content Aware Fill mulai tersedia pada After Effect versi (16.1) ke atas. Content Aware Fill pada after effect tidak membutuhkan plugin atau alat tambahan dari pihak ketiga. Penggunaan content aware fill cukup dengan menyeleksi bagian yang ingin di hilangkan kemudian mengklik fitur conten aware fill.

Perlu diketahui, after effect merupakan aplikasi editing video yang membutuhkan spesifikasi leptop/komputer yang cukup tinggi. Dengan menggunakn spesifikasi yang tinggi akan memudahkan dalam hal mengedit. Berikut ini merupakan spesifikasi minumun komputer sebelum menginstal after effect agar berjalan dengan lancar.

Spesifikasi Minumum Untuk Windows
  • Operating System : Windows 7 +
  • Processor : Multicore Intel processor support 64 bit
  • RAM : Minimal 8 GB (32 GB Recomended) 
  • Graphics Card : 2GB of GPU VRAM. Adobe strongly recommends updating to NVIDIA driver 430.86 or later when using After Effects. Drivers prior to this have a known issue which can lead to a crash.
  • Disk Space : 5 GB of available hard-disk space for installation, SSD recommended
Dengan menggunakan spesifikasi minumum tersebut, akan meminimalisir lag pada saat proses editing video dan akan mempercepar proses render.

Cara Menghilangkan Objek Yang Tidak di Inginkan di Video

Untuk menghilangkan objek yang tidak di inginkan pada video dengan menggunakan after effect kamu dapat menggunakan cara-cara berikut ini :

Langkah 1 : Import file video yang ingin di hilangkan bagian objec tertentu
Langkah 2 : Masking bagian objek yang ingin dihilankan dengan menggunakan Pain Tool
Langkah 3 : Pada bagian MASK ubah menjadi NONE, kemudian klik pada bagian MASK PATCH untuk koreksi seleksi objek.
Langkah 4 : Setelah itu rubah kembali bagian MASK menjadi SUBTRACK
Langkah 5 : Jika sudah kamu rubah, klik menu WINDOW dan pilih Content Aware Fill. Jika sudah kurangi Alpa Expansion menjadi nol.
Langkah 6 : Klik Generate Fill Layer
Langkah 7 : Selesai 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel