Cara Mudah Memperbaiki Kompor Gas yang Tidak Mau Menyala

Ketika anda membeli kompor gas, semuanya akan berjalan dengan lancar. Proses memasak didapur juga tidak mengalami hambatan, namun seiring waktu yang terus berlalu. Penggunaan kompor gas yang semangkin sering terkadang menimbulkan beberapa permasalahan.

Beberapa masalah tersebut seperti kompor gas tidak mau menyala, api yang dikeluarkan kecil, kompor gas menyala sebelah, dan beberapa masalah lain yang sering dialami oleh ibu-ibu ketika menggunakan kompor gas.

Saat ini harga kompor gas yang ada dipasaran relatif murah, dengan harga berkisar 250rb anda sudah bisa membeli kompor gas dengan kualitas yang cukup bagus.

Namun jika saat ini kompor gas yang anda miliki rusak atau tidak menyala, jangan terburu-buru untuk membeli yang baru. Anda dapat mencoba memperbaiki kompor gas yang tidak mau menyala dengan mengikuti tutorial pada artikel berikut ini.

Cara Mudah Memperbaiki Kompor Gas yang Tidak Mau Menyala

Sebelum memperbaiki kompor gas yang tidak mau menyala alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui penyebab mengapa kompor gas tidak mau menyala.

Penyebab kompor gas tidak mau menyala

  1. Selang gas tersumbat
  2. Pemantik rusak atau kotor
  3. Terdapat kerak pada corong api atau burner
  4. Gas telah habis
  5. Pergantian tabung Gas

1. Selang Gas Tersumbat

Jika kompor gas dirumah anda tidak mau menyala, biasanaya terjadi sumbatan pada selang gas. Perikasalah selang yang terpasang pada gas, ketuk-ketuk dengan perlahan agar aliran gas dapat berjalan dengan baik.

Cara tersebut juga dapat anda lakukan jika kompor gas apinya kecil.

2. Pemantik Rusak atau Kotor

Pemantik pada kompor ibarat busi pada sepeda motor, jika rusak atau kotor akan menyebabkan kompor gas tidak menyala. Periksalah pemantik yang terpasang, jika ada sedikit buang api yang keluar cara memperbaikinya dengan di ampalas.

namun jika tidak ada sama sekali bunga api yang dikeluarkan oleh pemantik, silahkan ganti pemantik dengan yang baru.

3. Kerak pada Corong Api atau Burner

Kompor gas yang sering dipakai biasanya akan terdapat kerak yang menempel pada corong api. Jika kerak semangkin tebal maka akan menghalangi jalan keluarnya gas. Hal tersebut akan mengakibatkan kompor gas tidak mau menyala.

4. Tabung Gas Kosong

Perikasalah regulator yang terpasang pada selang gas. Jika gas sudah habis maka jarum akan menunjukan ke tanda merah. Silahkan ganti tabung gas dengan yang baru agar kompor dapat menyala kembali.

5. Pergantian Tabung Gas

Biasanya setelah pergantian tabung gas, kompor gas tidak mau menyala. Hal ini dikarenakan gas belum mengalir ke selang. Tunggu beberapa menit hingga gas mengalir dengan sempurna.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kompor gas tidak mau menyala. Jika semua sudah dilakukan namun tidak mau menyala, sebaiknya bawa ke tukang service kompor. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel