-->

Bacaan Niat Puasa Sebelum Idul Adha 1443H/2022

Sebelum perayaan hari raya idul adha terdapat amalan yaitu melaksanakan puasa hari raya idul adha yang dilakukan sehari menjelang hari raya idul adha. Puasa tersebut dinamakan dengan puasa Arafah.

Puasa arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, dimana pada tanggal tersebut orang-orang yang melakukan ibadah haji melaksanakan wukuf di padang Arafah.

Baca Juga : Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha 1443 H/2022 Lengkap

Berikut ini bacaan niat puasa sebelum hari raya idul adha 1442H

Nawaitu Shauma Ghadin 'an ada'i sunnati Arafah lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat pasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT".

Menjalankan puasa Arafah memiliki keutamaan yang besar yaitu dapat menghapus dosa dua tahun yang lalu dan dua tahun yang akan datang. 

Hal ini disampaikan oleh Muhammad dalam riwayat muslim sebagai berikut.

"Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu" (HR Muslim).

Selain keutamaan tersebut terdapat keutamaan lain ketika menjalankan puasa sehari sebelum idul adha, berikut keutamaan puasa Arafah

Baca Juga : Kumpulan Kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha Menyentuh Hati

Keutamaan Puasa Arafah 1442H

Menurut referensi dari buku The Miracle of Fast halaman 52, karya H. Amirulloh Syarbini, M.Ag, puasa Arafah juga dapat mendatangkan 10 kebaikan jika kita jalankan secara ikhlas.

1. Berkah Umur

Allah SWT akan memberi keberkahan umur bagi yang berpuasa Arafah dengan niat semata karena Allah dan dalam rangka memuliakan bulan Dzulhijjah. Jadi usia kita semakin berkah.

2. Bertambah Rezeki

Allah SWT akan membukakan pintu rezeki lebih luas jika kita berpuasa pada bulan Arafah. Puasa juga bikin tubuh jadi lebih sehat, dengan begitu kita bisa menjemput rezeki dengan lebih semangat.

3. Rumah Tangga Lebih Bahagia

Puasa sunah tentunya bikin kita lebih dekat dengan Allah SWT, dan tidak ada ketenangan jiwa yang lebih baik dari kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya. Hati yang tenang dan keimanan yang bertambah akan membuat rumah tangga semakin sakinah.

4. Diampuni Segala Dosa

Inilah salah satu keutamaan yang sangat besar dari puasa Arafah sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut: “Dari Abu Qatadah, ia berkata: Rasulullah saw telah bersabda, “Puasa pada hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

5. Dapat Pahala Berlipat Ganda

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak amal saleh di bulan Dzulhijah karena keutamaan pahalanya yang berlimpah.

6. Mudah Dalam Kematian atau Sakaratul Maut

Siapa pun pasti mengharapkan jalan kematian yang dimudahkan. Ternyata inilah salah satu kemuliaan dari puasa Arafah bagi siapa pun yang menjalankannya dengan mengharap ridha Allah SWT.

7. Terang Alam Kubur

Puasa Arafah bisa menjadi penerang selama berada di alam Barzah.

8. Berat Timbangan Amal Saat Hari Penghisaban

Limpahan pahala dari menunaikan puasa Arafah, kelak juga bisa menjadi pemberat timbangan amal di padang Mahsyar.

9. Dimuliakan Di Dunia

Allah SWT akan menjaga kita dari terpuruknya kedudukan, baik dengan cara menyelamatkan dari langkah yang salah atau pun memberi ilham untuk mencapai kesuksesan.

10. Naik Martabat di Sisi Allah SWT

Siapa pun yang gak mau melewatkan keistimewaan berpuasa Arafah, pasti akan Allah SWT naikkan derajatnya di akhirat. Nah, sayang banget kalau puasa sunah ini dilewatkan begitu aja.