Ingin Usaha Ayam Broiler? Ini Modal yang Harus di Siapkan

Usaha ayam broiler memiliki prospek yang menjanjikan jika dijalankan dengan cara yang benar. Karna pada saat ini permintaan ayam pedaging setiap hari mengalami peningkatan sehingga membutuhkan pasokan ayam broiler yang banyak.

Sebelum menjalankan usaha ayam broiler, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti lokasi usaha, jenis usaha yang dijalankan apakah mandiri atau ikut dengan perusahaan mitra ayam broiler dan yang paling penting adalah modal yang harus dipersiapkan untuk usaha ayam broiler.

Modal yang harus dipersiapkan jika ingin memulai usaha ayam broiler tidaklah sedikit, banyaknya modal tergantung dari jenis usaha dan kandang yang dibuat. apakah menggunakan tipe kandang Close House atau Open House. Selain itu Modal tersebut digunakan untuk pembelian bibit, pembelian pakan dan vitamin, perawatan ayam serta biaya operasional lain hingga tiba masa panen ayam broiler.

Sebelum memulai usaha ayam broiler, terdapat hal-hal yang harus di perhatikan agar usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang maksimal.

1. Jenis Kandang

Dalam membuat kandang ayam broiler, terlebih dahulu kamu tentukan jenis kandang yang akan dibuat, apakah jenis kandang Open House atau Close House. Dalam pembuatan kandang sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini

  1. Usahan jarak kandang dari pemukiman cukup jauh untuk menghindari bau yang mengganggu warga
  2. Terdapat sumber air 
  3. Sirkulasi udara harus baik
  4. Beri lampu untuk mengatur pencahayaan dan beri pengukur suhu untuk mengetahui suhu ruangan kandang

Dengan pengelolaan kandang yang baik dapat meningkatkan kualitas panen ayam broiler.

2. Pemilihan DOC Ayam Broiler

Dalam memilih bibit ayam broiler pilihlah yang memiliki kualitas yang baik sehingga bibit ayam dapat memberikan hasil panen yang maksimal. Jika kamu bekerja sama dengan mitra, tidak perlu memikirkan tentang bibit ayam broiler karna mereka telah menyediakan bibit dengan kualitas baik, namun ada juga bibit yang kualitasnya kurang baik sehingga kamu harus memisahkan mereka.

Untuk kualitas bibit ayam yang baik memiliki ciri-ciri berikut ini

  1. Aktif bergerak
  2. Gemuk
  3. Tidak cacat
  4. Memiliki bulu yang bagus dan mengkilat
  5. Kondisi hidung bersih, dan
  6. Pada anus tidak ada kotoran yang menempel

Untuk pembahasan lengkap mengenai pemilihan bibit dapat dilihat pada artikel Cara Memilih DOC Ayam Broiler yang Berkualitas Super

3. Pemberian Pakan

Salah satu kunci kesuksesan usaha ayam broiler adalah pemberian pakan dan perawatan. Pakan yang diberikan harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak agar ayam sehat dan memiliki berat badan yang ideal. 

Dengan mengetahui hal-hal dasar tersebut, kamu dapat lebih membuka wawasan sehingga usaha ayam broiler dapat berjalan dengan baik. 

Artikel Populer : 

Berapa Modal Usaha Ayam Broiler?

Modal yang harus dikeluarkan untuk usaha ayam broiler relatif mahal. Untuk biaya yang dibutuhkan berbeda-beda setiap wilayah. Untuk ayam broiler 5000 ekor dengan kandang close house 9×50 meter memerlukan modal sekitar 400juta rupiah. Modal tersebut digunakan untuk pembuatan kandang, pembelian blower, pembelian tempat pakan dan biaya kerja sama dengan perusahaan mitra ayam potong.

Modal usaha tersebut bisa kurang atau lebih tergantung dari banyaknya ayam dan ukuran kandang yang dibutuhkan. Oleh karna itu jika ingin berusaha ayam broiler sebaiknya dipikir matang terlebih dahulu karna modal yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Jika ingin tetap usaha ayam broiler mulailah dari yang sedikit, misalnya 200 ekor secara mandiri sehingga tidak membutuhkan modal dan perawatan ayam yang relatif besar.

Itulah informasi mengenai modal usaha ayam broiler yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel