Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download di Playstore

Hp oppo kamu tidak bisa download di Playstore? yuk kenali penyebab dan cara mengatasi hp oppo tidak bisa download pada artikel berikut ini.

Gogle Playstore merupakan tempat dimana kita bisa mendownload aplikasi dan game secara gratis melalui hp android yang kita punya. Namun saat kita mengunakan hp oppo, terkadang muncul masalah tidak bisa melakukan download aplikasi atau game di Playstore. Hal tersebut tentu membuat kita jengkel terlebih jika pada saat itu kita sangat membutuhkan aplikasi untuk keperluan tertentu.

Sebenernya tidak bisa download di Playstore bukan hanya dialami hp oppo saja, hp lain seperti samsung, xiaomi, asus, vivo, realmi serta beberapa merek smartphone lain juga bisa mengalami hal serupa.

Ada beberapa penyebab mengapa hp oppo tidak bisa download di Playstore. Penyebab tersebut mulai dari koneksi internet yang buruk hingga memori internal penuh. Selain itu masih terdapat beberapa penyebab lain berikut ini

Baca Juga : Cara Mengatasi Hp Oppo Yang Lemot Agar Normal Kembali

Penyebab Hp Oppo Tidak Bisa Download

Sebelum memperbaiki masalah tersebut, alangkah baiknya jika kamu mengetahui penyebab mengapa hp oppo yang kamu miliki tidak bisa download di playstore. 

1. Koneksi Internet buruk

Jika hp kamu tidak bisa download di playstore, periksa terlebih dahulu koneksi internet hpmu. Biasanya jika aplikasi yang kamu download memiliki ukuran yang besar dan koneksi buruk maka tidak bisa download

2. Memori penuh

Memori penuh bisa juga menjadi penyebab masalah ini. Perikasalah memori hp yang kamu miliki, jika penuh hapus salah satu aplikasi atau file agar ruang memori cukup untuk mengunduh aplikasi tersebut.

3. Cache menumpuk

Perikasi cache pada smartphone milikmu, jika cache terlalu banyak atau penuh dapat mengakibatkan tidak bisa download di playstore. Untuk membersihkan cache bisa mengikuti cara berikut ini

  1. Buka pengaturan hp
  2. Pilih "Manajemen Aplikasi"
  3. Pilih google play
  4. Hapus cahe
  5. Selesai

Kamu bisa mencoba untuk login kembali ke playstore dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum.

4. Aplikasi gogle play lawas

Agar dapat mendownload aplikasi, pastikan google play yang kamu pakai sudah versi terbaru. Jika kamu menggunakan gogle play lama segera update aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Perbaiki HP Oppo Hanya Muncul Logo Alias Bootloop

Cara Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download

Cara berikut ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi hp oppo yang tidak bisa download aplikasi di Playstore.

1. Periksa Koneksi Jaringan

Pastikan kamu memiliki koneksi jaringan yang stabil dan kuat. Jika jaringan kamu bermasalah atau lemah tidak bisa download aplikasi. Jadi carilah lokasi atau jaringan wifi kemudian download ulang aplikasi tersebut.

2. Hapus Cache Data Playstore

Kamu dapat menghapus cache aplikasi playstore yang terpasang di hp oppo milikmu. Tindakan tersebut akan merefres aplikasi dan mengatasi masalah tersebut. Ikuti cara hapus cache aplikasi berikut ini

  1. Buka pengaturan hp
  2. Pilih aplikasi & notifikasi kemudian Lihat semua aplikasi
  3. Scroll ke bawah, lalu ketuk Google Play Store
  4. Ketuk Penyimpanan
  5. Hapus Cache
  6. Selanjutnya, ketuk Hapus data

Setelah langkah tersebut, buka kembali Playstore dan d an cobalah download kembali aplikasi yang kamu inginkan.

3. Periksa Memori Hp

Masalah juga dapat terjadi pada memory sd milikmu. Jika perangkat kamu memiliki memory external coba keluarkan kemudian pasang kembali. Selain itu memori yang penuh juga mengakibatkan tidak bisa download di plystore. Solusi jika memori penuh kamu bisa uninstall salah satu aplikasi hingga ruang penyimpanan cukup dan lakukan download kembali.

4. Hapus dan Instal Ulang Playstore

Kamu dapat meninstal ulang aplikasi playstore untuk mengatsi hp android tidak bisa download. Caranya dengan mengembalikan google playstore ke pengatiruran pabrik, kemudian update dan install versi terbarunya

5. Reboot Ulang HP

Langkah terahir yang bisa kamu lakukan adalah reboot ulang atau merestart perangkat yang kamu miliki dan coba download ulang aplikasi yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Tidak bisa download di playstore memang menyebalkan, namun dengan cara mengatasi hp oppo tidak bisa download diatas masalah yang kamu miliki akan teratasi dengan mudah. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download di Playstore"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel