Cara Mengatasi Hp Oppo Yang Lemot Agar Normal Kembali

Hp oppo kamu lemot? Cara mengatasi tidak sulit kok! yuk simak penyebab mengapa hp oppo kamu terasa lemot dan cara mengatasinya pada artikel ini.

Hp oppo merupakan salah satu merek smartphone yang cukup terkenal di Indonesia. Dengan kualitas kamera yang bagus serta harga yang mudah dijangkau membuat smartphone ini sukses menarik perhatian masyarakat.

Namun dibalik kepopuleranya terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki hp oppo yaitu, hp oppo terasa lemot seiring dengan penggunaanya. Hal tersebut membuat aktifitas bermain sosial media, mengedit foto/video, bermian game, dan aktifitas lainya menjadi terganggu dan tidak maksimal.

Ada banyak penyebab mengapa hp oppo lemot, sering hang bahkan ngelag ketika digunakan. Penyebab tersebut mulai dari spesifikasi hp yang rendah hingga cara penggunaan hp itu sendiri. Selain hal tersebut, terdapat beberapa penyebab mengapa hp oppo yang kamu gunakan sering hang atau lemot

Baca Juga : 

Penyebab Hp Oppo Lemot dan Sering Ngelag

Berikut ini beberapa penyebab hp oppo lambat dan sering hang ketika digunakan 

  • Spesifikasi hp rendah - hal pertama yang menjadi penyebab hp oppo lemot adalah spesifikasi rendah. Jadi ketika menjalankan aplikasi yang membutuhkan resource yang besar besar, hp tersebut tidak bisa melayani permintaan aplikasi sehingga terjadi lag.
  • Terlalu banyak membuka aplikasi - terlalu banyak membuka aplikasi juga menjadi penyebab hp oppo lemot. Hal ini dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang memakan RAM HP Oppo sehingga menjadi lag
  • Memori penyimpanan internal penuh - Setiap aplikasi yang di install pada hp android milikmu membutuhkan ruang di memori internal untuk menyimpan data-data sementara seperti cache, data login dan cookies. Semangkin banyak aplikasi yang kamu instal maka ruang penyimpanan yang dibutuhkan akan semangkin besar. Jika sudah penuh akan mengakitbatkan ngelag dan lemot.
  • Cache menumpuk - Cache aplikasi yang tidak pernah dibersihkan akan membuat hp menjadi lelet bahkan terjadi bootloop. Hal tersebut dikarenakan cache tersimpan pada memori internal sehingga akan membuat memori menjadi penuh
  • Menggunakan widget secara berlebihan - Penggunaan widget sebenarnya tidak akan ada masalah jika kamu memiliki spek hp yang tinggi. Namun jika hp kamu memiliki spesifikasi yang rendah, pemasangan widget yang berlebihan akan membuat hp oppo menjadi lemot.

Selain hal diatas, kondisi batrai yang sudah usang juga bisa menjadi penyebab hp oppo lemot saat digunakan terutama untuk bermain game.

Baca Juga : 


Cara Perbaiki HP Oppo Lemot Agar Normal Kembali

Dengan mengetahui penyebab hp oppo lemot kamu bisa mencoba perbaiki dengan cara berikut ini

1. Membersihkan File Sampah Pada HP Oppo

File cache dan cookies pada aplikasi yang terinstal pada hp oppo sebenarnya berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi. Namun menjadi tidak baik jika terlalu banyak file cache, karna akan menyebabkan hp kita menjadi lelet. Oleh karna itu kamu harus rajin membersihkan file cache tersebut agar tidak menjadi sampah.

Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan file cache hp android yaitu, secara otomatis dengan menggunakan aplikasi dan secara manual

Cara Bersihkan File Sampah Hp Oppo Dengan Aplikasi (Otomatis)

Unuk membersihkan cache secara otomatis membutuhkan aplikasi cleaner yang dapat di download di playstore. Cara penggunaanya sebagai berikut
  1. Download CCleaner di Playstore
  2. Buka aplikasi tersebut, akan muncul menu untuk membersihkan sampah
  3. Pilih menu "Quick Clean", aplikasi akan menscan file sampah yang ada di hp
  4. Klik "Finish Clean" untuk membersihkan file dan tunggu hinga selesai
  5. Agar lebih optimal kamu bisa menutup aplikasi yang tidak dipakai. Caranya klik menu "Bost", akan muncul daftar aplikasi yang terbuka
  6. Pilih "Stop Apps" untuk menutup aplikasi tersebut dan tunggu hingga selesai

Cara Bersihkan File Sampah di Hp Oppo Secara Manual

  1. Buka pengaturan hp oppo
  2. Pilih "Manajemen Aplikasi" 
  3. Klik aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya
  4. Kemudian klik "Hapus Cache" untuk menghapus cache aplikasi
  5. Selesai

Jika kamu menggunakan cara tersebut data kamu tidak akan hilang, hanya saja jika kamu menghapus cache pada aplikasi yang membutuhkan data login saat masuk. Kamu harus masukan data login lagi jika ingin menggunakan kembali aplikasi tersebut.

2. Jangan Membuka Aplikasi Terlalu Banyak

Ketika kamu menggunakan hp oppo sebaiknya jangan membuka aplikasi terlalu banyak. Bukalah aplikasi yang diperlukan saja. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban kerja memori RAM agar tidak terlalu berat. 

Terlebih saat kamu bermain game dengan hp kentang, sebaiknya bersihkan dahulu hp kamu dengan aplikasi cleaner agar game yang kamu mainkan dapat berjalan dengan lancar.

3. Hapus dan Pasang Ulang Aplikasi

Saat kamu membuka salah satu aplikasi dan aplikasi tersebut terasa lambat, coba kamu hapus aplikasi itu kemudian install ulang. Biasanya cara tersebut efektif untuk mengatasi aplikasi yang ngelag

4. Jangan Gunakan Banyak Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus memang sangat penting bagi hp android. Namun jika kamu menginstal terlalu banyak bisa membuat hp kamu menjadi lelet. Oleh karna itu gunakan satu saja aplikasi antivirus di hp android milikmu.

5. Kurangi Penggunaan Widget

Penggunaan widget seperti live walpaper, keyboard emoji, dan sebagainya dapat menyebabkan hp menjadi lelet. Oleh karna itu gunakan widget seperlunya saja untuk menghindari hp oppo menjadi lemot saat digunakan.

Kesimpulan

Hp yang lemot terkadang membuat kita kesal, namun dengan mengetahui penyebab mengapa hp oppo lemot, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cara-cara diatas. Terimakasih karna telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Mengatasi Hp Oppo Yang Lemot Agar Normal Kembali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel