Cara Membuat Makalah di Laptop Dengan Microsoft Word

Cara membuat makalah di laptop menggunakan Ms Word 2003, 2007, 2010, 2013 dan 2016 mudah dan menggunakan daftar isi otomatis sehingga lebih rapi.

Membuat makalah di microsoft woe4rd sebenarnya bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat makalah di laptop menggunakan microsoft word. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pencarian di internet mengenai cara membuat makalah.

Atas dasar tersebut kami membuat artikel ini yang bertujuan untuk membantu para pembaca dalam membuat makalah menggunakan microsoft word di laptop dan HP. Namun sebelum itu mari kita bahas dahulu apa itu makalah.

Pengertian makalah?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan atau karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Jadi secara sederhana makalah merupakan sebuah laporan yang ditulis dalam bentuk ilmiah mengenai topik atau permasalahan tertentu dengan struktur yang telah ditentukan.

Struktur makalah

Dalam menyusun makalah, terdapat struktur atau bagian penting yang harus kamu ketahui dalam pembuatan makalah.

1. Cover makalah

Cover atau sampul makalah merupakan bagian yang memuat judul makalah, logo, penulis makalah, tempat dan tahun pembuatan makalah tersebut.

2. Kata pengantar

Kata pengantar berisikan kata sambutan atau ucapan syukur penulis karna telah menyelesaikan makalah dengan baik dan benar.

3. Daftar isi

Pada bagian ini memuat informasi halaman dari judul yang ada pada makalah. Dengan adanya daftar isi, para pembaca akan lebih mudah menemukan apa yang mereka cari.

4. Bab I : Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan biasanya terdiri atas 3 sub-bab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Latar belakang harus ditulis dengan jelas dan mudah dimengerti, selain memuat jawaban dari sebuah pertanyaan, latar belakang juga harus memuat data-data atau fakta yang mendukung. 

Di bagian rumusan masalah, kamu bisa mengisinya dengan beberapa pertanyaan yang nantinya akan kamu jelaskan di bagian pembahasan nanti. Pada  isi tujuan, kamu bisa menuliskannya secara singkat dan menggambarkan secara jelas manfaat dari makalah yang kamu buat

5. Bab II : Pembahasan

Pembahasan merupakan bagian yang paling penting dari sebuah makalah. Ini adalah bagian yang berisi uraian pokok dari permasalahan yang akan kamu bahas.

Bagian pembahasan harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan membuat makalah. Biasanya pembahasan mencakup tentang landasan teori uraian materi, solusi dan penyelesaian dari suatu permasalahan.

6. Bab III : Penutup

Pada bab ahir kamu bisa memberikan kesimpulan dan saran terkait makalah yang kamu buat. Kesimpulan berisi tentang ringkasan poin penting yang menjadi pembahasan pada makalah, sedangkan saran dapat berisi tentang harapan penulis terhadap para pembaca.

7. Daftar pustaka

Pada bagian ini berisikan daftar refrensi yang kamu gunakan dalam membuat dan menyusun makalah. Refrensi bisa kamu dapatkan melalui buku, jurnal, maupun internet. Tulis daftar pustaka dengan menggunakan kaidah yang telah di tentukan.

Cara Membuat Makalah di Laptop

Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat makalah di laptop atau komputer mengunakan microsoft office.

1. Atur ukuran kertas

Dalam pembuatan makalah, kamu harus mengatur ukuran kertas yagn akan digunakan. Pada umumnya kertas yang dipakai berukuran lagal A4. Untuk mengatur ukuran kertas silahkan klik menu Page Layout > Size > A4. Pada menu ini kamu juga dapat mengatur margin, page collor dan lain sebgainya.

2. Mengatur ukuran dan jenis tulisan

Setelah mengatur ukuran kertas, langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran tulisan saat pembuatan makalah. Untuk mengatur ukuran dan jenis tulisan yang digunakan silahkan klik menu Home, pada menu Font pilih ukuran dan jenis tulisan yang ingin digunakan, biasanya Times New Roman dengan ukuran 12.

3. Mengatur paragraf

Paragraf membantu penyusunan makalah terlihat lebih rapi. Untuk membuat paragraf pada makalah yang kamu buat silahkan pilih menu Home dan pada grup Paragraph kamu bisa memilih rata kanan, tengah atau kiri.

4. Membuat daftar isi otomatis

Membuat daftar isi otomatis di microsoft word akan mempermudah dalam menyusun makalah. Dengan cara ini kamu tidak perlu membuat daftar isi secara manual yang akan memperlampat pekerjaan.

Cara membatu daftar isi otomatis silahkan pergi ke menu references yang ada pada menu bar, lalu pilih table of contents dan pilih model daftar isi yang diinginkan.

5. Membuat nomor halaman otomatis

Setiap halaman pada makalah wajib memiliki nomor, mulai dari kata pengantar hingga daftar pustaka. Dalam pengaturan penomoran halaman ini caranya sangat mudah, pada menu bar pilih menu insert. Setelahnya pada group menu header & footer  pilih menu page number.

6. Membuat header dan footer

Terahir cara membuat makalah adalah membuat header dan footer yang berfungsi sebgai catatan kaki (tambahan). Cara membuat header dan footer, silahkan pilih menu Insert dan pilih menu header untuk meletakkan catatatan di atas batas halaman dan footer apabila ingin menambahkan catatan di bawah batas halaman.

Itulah cara membuat makalah di laptop menggunakan microsoft word yang dapat kami sampaikan untuk membantu percepat pembuatan dan penyusunan makalah.

0 Response to "Cara Membuat Makalah di Laptop Dengan Microsoft Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel