Contoh Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum

Contoh notulen rapat pengembangan kurikulum k13 tingkat SD/SMP/SMA terbaru tahun ajaran 2021/2022 untuk refrensi pembuatan notulen rapat sekolah.

Rapat pengembangan kurikulum merupakan rapat yang diadakan oleh tim pengembang kurikulum yang bertujuan untuk memyusun kurikulum sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar disekolah agar tercapai tujuan pendidikan nasional.

Saat melaksanakan rapat, notulen mencatat hal-hal penting atau hasil rapat yang dilaksanakan. Kemudian membuat notulen rapat untuk administrasi atau berkas sekolah.

Notulen rapat pengembangan kurikulum sebaiknya dibuat sejelas dan sedetail mungkin. Hal tersebut bertujuan agar peserta yang tidak mengikuti rapat dapat memahami hasil rapat yang dilaksanakan.

Manfaat pengembangan kurikulum

Pengembangan kurikulum sekolah memiliki manfaat sebagai berikut.

Bagi murid

Dengan adanya pengembangan kurikulum para perserta didik nasibnya banyak yang tertolong. Mereka dapat mengembangkan potensinya, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan mudah dan tujuan akan sering tercapai. Dengan pengembangan potensi tersebut peserta didik dapat bergerak dengan optimal dilingkungan masyarakat.

Bagi lembaga

Pengembangan kurikulum juga memberikan kemanfaatan yang sangat besar bagi lembaga. Perkembangan pada sebuah lembaga pendidikan bukan terletak pada sarana prasarana yang megah dan serba mewah, karena sarana prasarana hanyalah sebatas  fasilitas untuk mencapai tujuan pembalajaran. Tapi sarana prasarana akan hampa dari tujuan pembelajaran bila pengembangan kurikulum diabaikan..

Bagi guru

Bagi guru sebagai tenaga kependidikan utama di sekolah, kurikulum harus mampu menjadi

  1. Pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan tugas mendidik~melatih dan Mengajar, dalam bentuk penyusunan dan pengorganisasian pengalaman belajar yang akan disajikan kepada peserta didik.
  2. Pedoman dalam merencanakan dan melakukan evaluasi terhadap perkembangan daya serap peserta didik terhadap pengalaman belajar yang telah disajikan kepada mereka.

Bagi kepala sekolah

Kurikulum harus dapat dijadikan pedoman dalam melakukan tugas-tugas sebagai administrator/ Manager (merencanakan, melaksanakan, mengontrol, mengevaluasi kegiatan pendidikan dan pengajaran ) dan supervisor (pengawasan dan bimbingan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran) dalam rangka memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah tersebut.

Bagi masayarakat pengguna lulusan (Stakeholders)

Kurikulum harus mampu mencerminkan segala kebutuhan masyarakat, agar peserta didik dengan disiplin ilmu dan profesi yang didapatnya, dia dapat diterima di tengah masyaraka

Kaitannya dengan hal tersebut, paling tidak ada 2 hal yang harus kemanfaaatan yang dapat dilakukan masyarakat.

  1. Ikut  memberikan masukan/ kritik konstruktif bagi perencanaan dan pelaksanaan serta peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di sekolah.
  2. Ikut membantu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang membutuhkan kerjasama yang  produktif dengan masyarakat, bagi pencapaian visi, misi dan mutu sekolah tersebut.
Baca Juga :

Nolulen Rapat Pengembangan Kurikulum

Berikut ini contoh notulen rapat pengembangan kurikulum yang bisa kamu download pada link yang telah kami sediakan.

Notulen rapat pengembangan kurikulum [Unduh]

Itulah informasi mengenai contoh notulen rapat pengembangan kurikulum yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan saya ucapkan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini.

0 Response to "Contoh Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel