Fungsi Pipa dan Cara Menyambungnya

Fungsi pipa harus diketahui oleh orang yang sedang membangun sebuah rumah dan membutuhkan sistem perairan yang bagus. Pipa Anda bisa dibilang merupakan mekanisme yang paling penting dan tak terpisahkan di rumah. Pipa adalah yang memungkinkan sistem perairan dalam rumah berjalan karena menghubungkan setiap perlengkapan air di rumah.

Dengan pipa, maka sistem perairan secara langsung terhubung dengan saluran pembuangan atau sistem septik Anda. Nah, pipa ini bertanggung jawab untuk mentransfer semua air yang Anda gunakan masuk dan keluar dari rumah. Mau tahu apa saja pengertian pipa dan fungsinya, berikut penjelasannya yang kami kutip dari blog detech.co.id.

Pengertian

Pipa air adalah bagian penting dari infrastruktur tersembunyi di rumah. Banyak dari orang-orang yang tidak pernah memikirkan kinerja dan keandalan sistem distribusi air kota atau pipa di dinding rumah.

Sejak awal pembuatannya, pipa telah diproduksi dari berbagai bahan. Pipa timah digunakan di rumah-rumah sampai awal abad ke-20, dan banyak rumah di Indonesia masih menggunakan oleh pipa jenis ini meskipun ada risiko kesehatan yang diketahui. Bahan lain yang banyak digunakan termasuk baja galvanis, tembaga, polivinil klorida (PVC), polivinil klorida terklorinasi (CPVC), polibutilena, dan polietilen ikatan silang (PEX). 

Konstruksi bangunan telah mendasarkan pilihan bahan pipa pada ketersediaan, biaya, dan bahannya pada saat konstruksi. Dalam 20 tahun terakhir, PEX telah menjadi produk pilihan untuk perpipaan karena kinerja, biaya, dan potensi manfaat lingkungan.

Fungsi Pipa

Sederhananya, pipa membuat rumah Anda layak huni karena tanpa ada barang satu ini, maka sistem air di rumah Anda tidak akan berjalan dengan baik. Jadi, fungsi dari pipa adalah membuat air mengalir di dalam rumah.

Salah satu cara terbaik dan paling sederhana yang dapat dilakukan pemilik rumah untuk memastikan pipa tetap efektif adalah dengan mempelajari terbuat dari apa pipa mereka. Pipa dapat dibuat dari banyak bahan yang berbeda, dan setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. 

Cara Menyambung Pipa

Ada 2 proses penyambungan pipa yang bisa dilakukan yakni menggunakan chemical joint dan mechanical joint. Nah, untuk chemical joint, maka proses penyambungan yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan kimia berupa lem atau solvent cement.

Sementara proses yang kedua adalah mechanical joint, yakni menyambungkan pipa dengan menggunakan ulir mapupun baut untuk merekatkan antara pipa satu dengan lainnya.

Jika Anda mengetahui bahan mana yang membentuk sistem perpipaan Anda, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja perpipaan Anda dan cara membuatnya tetap berfungsi dengan baik.

Rahasia pipa ledeng yang tahan lama dan efektif adalah perawatan yang tepat. Apa pun jenis-jenis pipa yang Anda miliki, perhatikan setiap masalah seperti penyumbatan atau kebocoran yang terus-menerus dan segera ditangani.


0 Response to "Fungsi Pipa dan Cara Menyambungnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel