-->

Contoh Susunan Acara Peringatan Maulid Nabi 1444 H/2022

Dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW panitia membuat susunan acara maulid nabi tahun 2022 agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Susunan acara peringatan maulid nabi merupakan daftar rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama acara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad berlangsung. Kegiatan tersebut dibuat oleh panitia melalui diskusi dan memiliki rentan waktu pada tiap-tiap kegiatan.

Seperti yang kita ketahui, masyarakat indonesia memiliki tradisi ketika memperingat maulid nabi seperti mengadakan pengajian untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad. Peringatan maulid nabi juga dilaksananan mulai dari pemerintahan, desa, hingga tingkat sekolahan.

Oleh karna itu, pentinganya membuat susunan acara hari kemerdekaan RI agar berjalan dengan lancar.

 Baca Juga :

Contoh Susunan Acara Peringatan Maulid Nabi 2022

Berikut ini merupakan contoh susunan acara yang dapat digunakan untuk kegiatan maulid nabi.

Assalamu’alaikum warohmatuloh wabarakatuh

Segala puji syukur kami haturkan atas kehadirat Allah SWT, atas limpahan kasih sayang-Nya kepada kita dapat berkumpul ditempat yang insyaallah penuh berkah ini. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi akhir zaman, nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kita semua dari zaman yang gelap gulita ke zaman beradab yang terang benderang seperti sekarang ini.

Hadirin yang dirahmati Allah saya ucapkan terimakasih atas berkenannya untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam acara ini. Semoga dengan kita menghadiri peringatan maulid nabi Muhammad SAW ini, semakin menambah tingkat ketakwaan kita terhadap Allah SWT dan kecintaan kita terhadap baginda Rasulullah SAW semakin besar. Aamiin

Sebelum acara inti ini dimulai, izinkanlah saya untuk membacakan susunan acaranya. Berikut ini susunan acara ada peringatan maulid nabi Muhammad SAW :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Kalam Ilahi
  3. Sambutan-sambutan
  4. Pembagian Konsumsi
  5. Acara Inti (Ceramah)
  6. Do’a
  7. Penutup 

Contoh Teks Pembawa Acara Maulid Nabi 

 Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah robbil ‘alamin wassholatu wassalamu ‘alaa asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ash habihi ajmain.

Al-Mukarom Bapak KH. Hasyim Muzadi.

Yang kami hormati Bapak wicaksono selalu camat/lurah adili.

Yang kami hormati Ketua Takmir dan Segenap Pengurus Mushola al-ikhsan.

Yang kami hormati panitia peringatan maulid Nabi Muhammad SAW

Dan bapak -bapak serta ibu-ibu yang berbahagia.

Syukur Al-hamdulillah kita panjatkan kepada kehadiran Allah SWT atas limpahan Rahmat, taufiq, hidayah serta Inayah -Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di majelis ini untuk memperingati maulid nabi Muhammad SAW .

Dengan tanpa ada halangan suatu apapun. Aamiin. Sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa umatNya dari zaman Kegelapan menuju zaman yang terang benderang dan yang kita harapkan syafaat nya besok di yaumil qiyamah(Aamiin).

Selanjutnya disini saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut :

Pembukaan

Acara yang pertama pembukaan. Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca basmallah (Bismillahirrahmanirrahim)

Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Quran

Dilanjutkan dengan acara yang kedua yaitu pembacaan Ayat-ayat suci Al-Quran. Kepada saudara Syakir kami persilahkan.

Pembacaan Rawi/Sholawat Nabi

Acara selanjutnya sholawat yang akan dibawakan oleh kelompok hadroh al-ikhsan kami persilahkan.

Sambutan-sambutan

Dilanjutkan dengan acara yang keempat sambutan-sambutan,

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketauan panitia. Kepada beliau bapak Amir. Kami persilahkan

Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Bpk. Camat kepada beliau bapak wicaksono kami persilahkan.

Mau’idoh hasanah serta do’a

Acara yang kelima yaitu acara yang kita nanti nantikan yaitu Mau’idoh Hasanah yang akan dilanjutkan do’a. Kepada beliau bapak KH hasyim muzadi kami persilahkan.

Penutup

Sebelum acara saya tutup perkenankan saya disini mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-ibu dalam acara pengajian ini. Dan apabila saya dalam membawakan acara terdapat kesalahan saya mohon maaf yang sebenar-benarnya.

Marilah acara pada hari ini kita tutup dengan membaca hamdalah.

Wabillahi taufiq wal hidayah. Wasalamu’alaikum Wr. Wb