Cara Memperkecil Ukuran PDF di Android dan Laptop

Cara memperkecil ukuran PDF - Memperkecil ukuran pdf yang terlalu besar dapat lakukan melalui leptop atau android dengan menggunakan cara mengecilkan ukuran pdf pada artikel berikut ini.

Saat ingin mengirim file atau melengkapi berkas seleksi terkadang panitia menentukan ukuran file pdf yang dapat di upload, jika ukuran pdf terlalu besar maka tidak bisa di upload.

Mengecilkan ukuran PDF sebenarnya sangat mudah, kalian dapat memperkecil ukuran pdf menjadi 200kb tanpa mengurangi kualitas gambar. Namun masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara mengecilkan ukuran pdf yang telah di scan.

Cara Memperkecil Ukuran PDF

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran pdf sesuai dengan yang di inginkan. kalian dapat mengecilkan ukuran pdf di anroid atau laptop dengan menggunakan situs pihak ketiga yang dapat di akses secara gratis.

Selain menggunakna situs online, mengecilkan file pdf juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan di inginkan

Cara memperkecil Ukuran PDF di Android

Mengecilkan ukuran PDF menjadi 200kb dapat dilakukan dengan mudah. Kalian dapat menggunakan smallpdf, Ilovepdf, freepdfconvert, avepdf dan sebagainya.

Mengecilkan Ukuran PDF dengan Smallpdf

1. Buka situs smallpdf.com

2. Klik Pilih File untuk mengupload file yang ingin dikecilkan

3. Pilih lokasi file pdf yang ada di android kemudian tunggu proses upload selesai

4. Pilih file yang di upload kemudian klik Compress

5. Klik Unduh file

Selain menggunakan smallpdf.com, kalian juga dapat menggunakan situs lain seperti dibawah ini untuk mengecilkan ukuran pdf di android

Mengecilkan Ukuran PDF dengan Ilovepdf

1. Kunjungi ilovepdf.com

2. Klik Select PDF Files kemudian masukan file pdf yang ingin di kompress kemudian tunggu file terupload dengan sempurna

3. Klik Compress PDF untuk mengecilkan file dan tunggu hingga selesai

4. Klik Download Compresed PDF untuk menyimpan file ke memori hp

5. Selesai

Selain berfungsi untuk mengecilkan ukuran pdf, Ilovepdf.com juga dapat kita gunakan untuk menggabungkan file pdf, merubah pdf ke word, merubah pdf ke powerpoint dan lain sebagainya.

Mengecilkan Ukuran PDF dengan Freepdfconvert

1. Buka freepdfconvert.com

2. Klik Chose file dan pilih file yang akan di kecilkan ukuranya

3. Akan muncul pilihan pengaturan, pilih Compress dan tunggu proses pengecilan ukuran selesai

4. Klik Download untuk menyimpan dokumen

Sama seperti situs untuk mengecilkan file pdf, situs ini juga dapat merubah pdf menjadi gambar, merubah pdf menjadi excel, menggabungkan pdf dan sebagainya.

Cara Memperkecil Ukuran PDF di Laptop

Bagi para pengguna laptop atau komputer, untuk mengecilkan ukuran pdf  pada dasarnya memiliki cara yang sama dengan android. Hanya saja yang membedakan adalah tampilan ukuran layar.

Berikut cara mengecilkan ukuran pdf di laptop yang bisa kalian gunakan

Mengguanakan Ilovepdf

Mengecilkan ukuran pdf dapat kalian lakukan dengan menggunakan pdf compressor seperti ilovepdf. Kalian dapat langsung klik Select PDF File atau melakuan drag and drop file pdf ke situs tersebut. 

Setelah mengupload file pdf kalian dapat langsung mengecilkan ukuran pdf file sesuai dengan ukuran yang di inginkan.

Menggunakan SodaPDF

Cara lain yang dapat kalian gunakan untuk mengecilkan ukuran pdf dengan menggunakan sodapdf.com. Pada situs ini kalian dapat memilih file dari komputer maupun dari dropbox atau google drive.

Situs comptess pdf online ini menawarkan tiga opsi kualitas compress, yang pertama yaitu low quality untuk hasil ukuran paling kecil, good quality untuk hasil ukuran menengah, dan high quality untuk kompresi paling minimal dan ukuran paling besar.

Menggunakan hipepdf

Masih ada banyak situs compress pdf yang dapat kalian gunanak untuk mengecilkan ukuran pdf. Kalian dapat menggunakna hipe secara online.

Situs copress pdf online ini memiliki banyak pilihan upload file seperti Google Drive, Dropbox, Box, dan One Drive. Selain dapat di akses oleh perangkat laptoo, hipepdf juga dapat di akses melalui android.

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Menjadi 200kb

Jika kalian bingung bagaimana cara mengecilkan ukuran pdf menjadi 200kb, silahkan ikuti tips berikut ini.

Jika kalian memiliki file pdf dengan ukuran besar kemudian ingin merubah menjadi 200kb maka tidak bisa di lakukan hanya pada satu situs. Kalian harus menggunakan beberapa situs untuk mengkompresi file pdf menjadi 200kb.

Contoh, saya memiliki file pdf dengan ukuran 3mb, kemudian saya ingin mengkompresi menjadi 200kb. 

1. Sikahkan upload pada situs kompresi pertama seperti smallpdf

2. Download hasil kompresan tersebut 

3. Kompres kembali dengan menggunakan situs lain seperti ilovepdf

4. Kompres kembali dengan situs lain hingga sesaui dengan ukuran yang di inginkan.

Itulah informasi mengenai cara memperkecil ukuran pdf yang dapat kami sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga file pdf dapat terkompress dengan baik.

0 Response to "Cara Memperkecil Ukuran PDF di Android dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel