Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 7,8,10

Cara mengatasi laptop lemot di Windows 7,8,10 - Penggunaan laptop yang lama dapat menurunkan performa. Kecepatan membuka dan menggunakan aplikasi tidak secepat saat kondisi laptop masih baru.

Laptop lemot atau lambat terkadang sangat menggangu bagi para pengguna, terlebih saat itu sedang mengerjakan sesuatu yang penting.

Jika laptop yang digunakan terasa lemot atau lambat, jangan terburu-buru untuk mengganti dengan yang baru. Karna ada cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi laptop lemot di windows 7,8,10.

Ada beberapa penyebab mengapa laptop lemot saat digunakan. Hal tersebut dapat terjadi karena memori laptop terlalu banyak memproses data sehingga memori usage mencapai 100% dan menyebabkan lemot bahkan laptop blank hitam.

Penyebab Laptop Lemot

Untuk mengatasi laptop lemot atau lambat alangkah lebih baik jika kita mengetahui penyebab mengapa laptop yang kita miliki terasa lemot saat digunakan.

Laptop lemot saat membuka aplikasi atau sedang digunakan dapat disebabkan oleh beberapa hal beriktu ini.

  1. Terlalu banyak Start-up yang berjaan - Jika terlalu banyak program yang berjalan pada saat start-up akan mengakibatkan RAM terbebani sehingga penggunaan Memory Usage mencapai 100%. 
  2. Ukuran RAM kecil - Jika laptop terlalu banyak memproses data sedangkan RAM yang digunakan kecil, maka akan mengakitbatkan laptop lemot.
  3. Kapasitas Hard disk penuh - Kapasitas penyimpanan hardisk yang penuh akan mempengaruhi kinerja laptop sehingga laptop yang digunakan akan lebih lambat.
  4. Terlalu banyak membuka tab pada saat browsing - Ada beberapa browser seperti Google Chrome yang akan memakan banyak memory saat digunakan, terlebih jika kalian membuka banyak tab secara bersamaan saat browsing.
  5. Laptop terkena virus - Saat laptop terinveksi virus komputer akan membuat kinerja menurun bahkan semua data dapat hilang. Kalian dapat menggunakan antivirus laptop terbaik untuk mengecek apakah laptop terkena virus atau tidak.

Itulah beberapa penyebab laptop lemot yang sering dialami oleh para pengguna. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat menggunakan cara-cara berikut ini.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Laptop Lemot atau Lambat

Jika mengalami masalah laptop lemot, sebelum membawa ke teknisi alangkah baiknya jika kalian mencoba untuk memperbaiki laptop lambat dengan menggunakan beberapa cara yang ada pada artikel ini.

Berikut cara mengatasi laptop lemot di windows 7,8,10 yang dapat kalian coba sendiri dirumah.

Mengatasi Laptop Lemot Windows 7

Meskipun windows 7 saat ini updatenya sudah dihentikan oleh Microsoft, namun masih banyak yang menggunakan Windows 7 karna kemudahan dalam penggunaan serta ukuran yang ringan.

Jika laptop lemot saat menggunakan windows 7 silahkan ikuti cara berikut ini.

Batasi Startup Process

Batasi proses startpup proses yang berjalan dengan cara berikut ini.

  1. Klik tombol Start. Kemudian ketik kan “msconfig"
  2. Klik tab Startup. Kemudian hilangkan centang pada program startup yang ingin Anda matikan. Setelah itu lanjutkan dengan klik Apply dan OK.
  3. Klik Restart jika ingin melihat perubahannya secara langsung atau klik Exit without restart apabila ingin melihat perubahannya nanti

Matikan Seacrh Indexing

Seacrh Indexing merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mencari file yang ada di komputer dengan cepat, namun fitur ini dapat menurunkan performa laptop sehingga menjadi lambat.

Oleh karna itu jika tidak terlalu membutuhkan fitur ini, kalian dapat menonaktifkan dengan cara ketik “index” di Start Menu, lalu pilih hasil pencarian paling atas. Pada jendela yang muncul, klik Modify lalu hilangkan ceklis pada berbagai lokasi indexing yang ditampilkan.

Defrag Hard Disk

Untuk melakukan defrag, silahkan buka Control Panel > System and Security, lalu pilih opsi Defragment and Optimize your drive yang terletak di bawah kategori Administrative Tools. Selanjutnya pilih drive yang akan didefrag lalu jalankan defragment

Mengatasi Laptop Lemot Windows 8

Berikut cara mengatasi laptop lemot di windows 8

Matikan proses yang tidak digunakan

Terkadang meskipun aplikasi sudah kita close, tetapi prosesnya masih nyangkut dan berjalan secara background. Banyaknya background proses yang berjalan ini ikut andil bagian dalam menghabiskan resource memory di PC kamu.

Periksalah background process yang tidak kamu butuhkan dengan cara membuka Task manager, lalu pada tab Processes navigasilah ke bagian background proses.

Tambah kapasitas RAM

Jika kapasitas RAM besar maka membuka banyak program aplikasi sekaligus tidak akan menjadi masalah. Namun untuk menambah ram kamu harus membawa ke teknisi komputer atau laptop terdekat.

Mengatasi Leptop Lemot Windows 10

Windows 10 hadir dengan berbagai fitur unggulan sehingga saat ini banyak digunakan sebagai sistem operasi di laptop atau komputer. Namun dengan berbagai macam fitur yang ada terkadang windows 10 membuat laptop lemot.

Untuk mengatasi laptop lemot windows 10 gunakan cara ini.

1. Hapus program yang tidak perlu

Windows 10 hadir dengan berbagai macam program yang sudah terinstall didalamnya sehingga terlalu banyak program yang diproses oleh RAM laptop. Kalian dapat menguninstall aplikasi yang tidak digunakan untuk mempercepat kinerja laptop.

2. Matikan fitur Update Windows

Fitur update yang aktif akan melakukan update secara berkala sehingga membuat laptop menjadi lambat. Meskipun mendapatkan fitur baru namun akan memperberat kinerja prosesor oleh karna itu kalian dapat mematikan fitur windows update.

3. Matikan aplikasi startup Windows

Tekan tombol kombinasi Windows + R. Kemudian ketik msconfig, lalu enter. Setelah daftar aplikasi muncul, kalian dapat memilih program yang tidak digunakan kemudian klik disable.

Kesimpulan

Jika laptop yang kalian gunakan terasa lemot jangan terburu-buru untuk mengganti baru atau membawa ke teknisi, cobalah untuk mengatasinya sendiri dengan menggunakan cara mengatasi leptop lemot pada artikle ini.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi laptop lemot semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat mengatasi masalah leptop lemot atau lambat.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 7,8,10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel