Pesantren Kilat Adalah : Pengertian dan Manfaatnya

Pesantren kilat adalah - Pengertian dan manfaat pesantren kilat bagi para peserta yang mengikuti kegiatan pesantren kilat di bulan ramadhan. 

Bulan ramadhan merupakan bulan diman umat islam menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Pada bulan tersebut memiliki banyak kemulian sehingga umat islam melakukan kegiatan ibadah seperti tadarus qur'an maupun mengikuti kegiatan pesantren kilat.

Salah satu kegiatan ramadhan yang paling banyak dilakukan untuk mengisi kegiatan ramadhan adalah kegiatan pesantren kilat. Kegiatan tersebut biasanya di ikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa untuk selama sebulan penuh atau beberapa hari.

Artikel Lainya : 


Pesantren Kilat

Pesantren kilat adalah kegiatan yang dilaksanakan khusus pada bulan ramadhan, kegiatan tersebut dapat berlangsung selama sebulan penuh selama bulan ramadhan atau hanya beberapa hari. Kegiatan pesantren kilat dapat di ikuti oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Kegiatan pesantren kilat pada umumnya diselenggarakan oleh sekolah utuk mengisi kegiatan di bulan ramadhan. Selain itu terdapat kegiatan pesantren kilat yang diselenggarakan oleh panitia yang pesertanya dapat di ikuti oleh masyarakat umum.

Manfaat Pesantren Kilat

Meskipun berlangsung hanya sebulan atau beberapa hari saja, pesantren kilat memiliki banyak manfaat apabila mengikutinya. Berikut manfaat kegiatan pesantren kilat bagi para peserta

1. Mempererat Tali Silahturahmi dengan Teman

Kegiatan pesantren kilat yang di ikuti oleh banyak anak-anak dapat mempererat tali silahturahmi. Jika selama ini hanya bertemu pada saat sekolah saja, melalui kegiatan pesantren kilat anak-anak dapat bermain bersama sambil menambah ilmu agama.

2. Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan

Kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan pada umumnya memiliki kegiatan yang mencerminkan keagamaan. Dengan mengikuti pesantren kilat, anak-anak dapat terbiasa dalam menjalankan ibadah yang di perintahkan oleh allah SWT.

3. Menanamkan kemandirian

Kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan memiliki berbagai macam kegiatan seperti kegiatan outbon membagi-bagikan takjil, menyantuni anak yatim dan lain sebagainya. Dengan mengikuti kegiatan tersebut anak dapat melatih jiwa sosial yang dimiliki sehingga dapat menyisihkan uang yang dimiliki untuk membantu sesama.

4. Semangkin fasih membaca Al-Qur'an

Pesantren kilat juga memiliki agenda membaca al-quran, tujuan kegiatan tersebut agar semangkin fasih dan terbiasa dalam membaca al-qur'an. Selain membaca al-qur'an siswa juga menyetorkan hapalan surat kepada pembimbing pesantren kilat. 

5. Menambah ilmu keagamaan

Kegiatan pesantren kilat dapat dijadikan sebagai tempat untuk menambah ilmu keagamaan yang dimiliki. Selain itu dalam kegiatan tersebut pihak panitia memberikan sertifikat pesantren kilat sebagai bukti bahwa kalian telah mengikuti kegiatan keagamaan diluar sekolah.

0 Response to "Pesantren Kilat Adalah : Pengertian dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel