Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Saat Dinyalakan

Mengatasi laptop bunyi beep terus menerus ketika dinyalakan memang membuat khawatir, namun dengan menggunakan cara mengatasi laptop bunyi beeb berikut ini masalah tersebut dapat teratasi dengan baik tanpa perlu membawa laptop ke teknisi.

Laptop bunyi beeb terus menerus saat dinyalakan merupakan tanda bahwa perangkat laptop yang digunakan bekerja tidak normal atau terdapat kesalahan pada komponen yang digunakan.

Bunyi tersebut muncul ketika proses booting sedang berlangsung dan terkadang proses booting berhenti dan membuat layar laptop hang sehingga tidak dapat masuk ke menu desktop. 

Oleh karna itu kita perlu mengetahui jenis bunyi beep pada laptop dan cara mengatasinya dengan menggunakan langkah-langkah dibawah ini.

Penyebab Bunyi Beep di Laptop

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan laptop mengeluarkan suara beep saat dinyalakan. Umumnya suara tersebut diakibatkan oleh debu yang banyak menempel pada komponen motherboard laptop.

Selain disebabkan oleh debu, bunyi beep pada laptop juga dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Keyboard bermasalah

Kotoran dan debu terkadang masuk kedalam keyboard sehingga membuat tombol keyboard menjadi lengket. Cobalah bersihkan keybard laptop dengan menggunakan penyedot debu atau menggunakan sikat gigi agar kotoran dan debu yang berada di keyboard bisa hilang.

2. Batrai CMOS bermasalah

Batrai CMOS yang bermasalah juga dapat menyebabkan bunyi beep di laptop. Jika bunyi beep 2x nada pendek, segeralah periksa batrai CMOS yang digunakan. Kalian dapat mereset pengaturan CMOS melalui menu BIOS atau mengganti batrai CMOS dengan yang baru.

Kerusakan batrai CMOS pada laptop jarang sekali ditemui, namun mungkin saja kalian mengalami hal tersebut dan menyebabkan bunyi beep pada laptop.

3. RAM kendor atau rusak

Kondisi RAM yang kendor atau rusak juga dapat menimbulkan suara beep pada laptop. Cobalah untuk melepas RAM pada laptop kemudian bersihkan debu-debu yang menempel dan pasang kembali pada slot yang berbeda. 

Jika masih terdapt bunyi beep kemungkinan RAM tersebut mengalami kerusakan dan cobalah ganti dengan RAM yang lain.

4. Tegangan listrik bermasalah

Tegangan listrik yang bermasalah biasanya ditandai dengan bunyi beep pendek terus menerus. Cobalah periksa carger laptop apakah telah terpasang dengan baik atau tidak. 

Pastikan juga apakah colokan listrik longgar atau tidak, karna jika longgar arus listrik yang masuk tidak normal sehingga menyebabkan laptop bunyi beep saat dinyalakan.

5. Motherboard rusak

Kerusakan pada keyboard juga dapat menyebabkan bunyi beep pada laptop. Pada kondisi ini tidak hanya bunyi saja yang dialami namun laptop tidak dapat melakukan boting. 

Jika motherboard rusak maka solusinya adalah mengganti dengan yang baru, namun kalian jangan khawatir kerusakan pada keyboard sangat jarang terjadi sehingga kemungkinan sangat kecil apabila keyboard yang rusak. 

Baca Juga :


Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus Menerus

Bunyi beep di laptop saat dinyalakan berbeda-beda, masing-masing bunyi memiliki cara penyelesainya sendiri. Untuk informasi lengkap mengenai cara mengatasi laptop bunyi beep terus menerus silahkan simak dibawah ini.

Laptop Bunyi Beep 1x Berulang (Pendek)

Laptop bunyi beep 1x berulang (nada pendek) disebabkan oleh koneksi listrik yang tidak stabil. Listrik yang tidak stabil bisa terjadi carger yang rusak maupun batrai laptop yang bermasalah. 

Cara mengatasi :

  • Jika laptop yang digunakan dalam keadaan tercarger, periksa kondisi kabel atau colokan yang terpasang pada laptop.
  • Periksa kondisi batrai laptop, coba lepas kemudian tunggu beberapa saat dan pasang kembali.

Laptop Bunyi Beep 2x Nada Pendek

Bunyi beep 2x saat laptop dinyalakan menandakan bahwa batrai CMOS sudah habis atau rusak. Bisa juga disebabkan oleh pengaturan batrai CMOS yang salah

Cara mengatasi :

  • Reset bios ke pengaturan default melalui menu bios
  • Jika masih mengeluarkan bunyi Beeep, ganti batrai CMOS dengan yang baru

Laptop Bunyi Beep 1x (Nada Panjang)

Jika laptop mengeluarkan bunyi Beep 1x dengan nada panjang, hal tersebut menandakan bahwa laptop dalam kondisi normal dan tidak ada kerusakan sama sekali.

Cara mentatasi :

  • Tidak ada

Laptop Bunyi Beep Panjang Terus Menerus

Bunyi Beep panjang secara terus menerus menandakan bahwa RAM laptop kendor atau mengalami kerusakan. Selain itu debu yang menempel pada slot RAM juga dapat mengakibatkan laptop bunyi beep terus menerus.

Cara mengatasi :

  • Buka cashing laptop dan bersihkan slot RAM kemudian pasang kembali dengan benar, pastikan tidak longgar
  • Jika masih bunyi beep panjang, coba pasang RAM ke slot yang lain.
  • Kalau masih tetap bunyi beep panjang, kemungkinan RAM sudah rusak dan gantilah dengan yang baru

Laptop Bunyi Beep 1x Panjang 9x Pendek

Bunyi beep 1x panjang kemudian 9x pendek disebabkan oleh ROM BIOS rusak atau sistem tidak dapat membaca chip yang ada pada RAM BIOS.

Cara mengatasi :

  • Untuk mengatasi masalah ini kalian harus melakukan re-flashing BIOS, caranya cukup sulit untuk dilakukan sehingga kalian perlu membawa laptop ke service center terdekat.

Laptop Bunyi Beep 1x Panjang 3x Pendek

Terdapat tombol pada keyboard yang nyangkut sehingga tertekan secara terus menerus. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh adanya debu atau kotoran yang menumpuk pada keyboard.

Cara mengatasi :

  • Kalian dapat membersihkan keyboard dengan alat penyedot debu.
  • Jika masih mengalami bunyi yang sama coba copot keyboard dan pasang kembali. Jika tidak berhasil maka ganti keyboard dengan yang baru.

Laptop Bunyi Beep 1x Panjang 2x Pendek

Disebabkan oleh VGA sering panas (overheat) akibat penggunaan laptop yang berlebihan. Bisa juga disebabkan oleh VGA yang rusak.

Jika setelah bunyi Beep 1x panjang 2x pendek dapat masuk ke desktop dan tampilan layar norma, maka tidak perlu melakukan penggantian VGA.

Cara mengatasi :

  • Tambahkan termal paste pada vga, jika tidak paham bagaimana caranya silahkan bawa ke service center terdekat

Laptop Bunyi Beep 1X Panjang dan 1X Pendek

Hal tersebut biasanya disebabkan adanya kerusakan pada motherboard laptop. Namun masalah ini jarang ditemui.

Cara mengatasi :

  • Untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu membawa laptop ke tempat service karna membutuhkan penanganan yang khusus.

Kesimpulan

Saat laptop mengeluarkan bunyi beep saat dinyalakan jangan panik dan buru-buru membawa ke teknisi. Karna ada beberapa bunyi beep yang dapat diperbaiki sendiri.

Dengan artikel cara mengatasi laptop bunyi beep saat dinyalakan yang kami bagikan ini semoga dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah bunyi pada laptop.

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Saat Dinyalakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel