Hal yang Harus Dihindari Ketika Membeli Mobil Baru

Memiliki mobil memang hal yang membanggakan terutama jika kondisinya masih baru dan merupakan mobil idaman. Agar mobil yang masih baru selalu tampil prima, maka sebaiknya pemilik harus paham hal-hal yang perlu dihindari.

Pasalnya banyak pemilik mobil baru yang belum paham dan melakukan hal-hal yang membuat kondisi performa mesin menurun. Berikut ini hal yang perlu dihindari:

Menginjak Pedal Gas Terlalu Keras

Biasanya pemilik mobil merasa excited untuk mengendarai mobil sehingga melakukan kebut-kebutan di jalan dan menginjak pedal gas terlalu keras.

Hal tersebut bisa membuat mobil mencapai level Rotation per Minute (RPM) yang kurang tepat. RPM menjadi acuan bagi Anda untuk memindahkan gigi secara tepat agar bisa mencapai kecepatan maksimum.

Jika perpindahan gigi kurang pas, kecepatan mobil akan terpengaruh. Umumnya, batasan RPM untuk mobil yang masih baru haruslah di bawah level 3,500-4,500 dalam 1.000 km pertama.

Sering Berkendara Jarak Pendek

Untuk mobil yang masih baru sebaiknya jangan digunakan untuk pergi ke tujuan-tujuan yang jaraknya sangat pendek.

Hal tersebut lantaran pada 1.000 km pertama, mesin mobil butuh “dipanaskan” secara konstan saat dikendarai.

Hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan mobil untuk mengendarainya ke berbagai tujuan jarak pendek. Sebaiknya hindari perjalanan yang hanya memakan jarak 5 mil atau sekitar 8 km.

Mengganti Gigi RPM Menunjukkan Garis Merah

Mobil dengan transmisi manual biasanya lebih optimal mengganti gigi saat level RPM mendekati atau bahkan mencapai garis merah. Tetapi untuk mobil yang masih baru disarankan disarankan untuk tidak mengganti gigi saat level RPM menunjuk garis merah.

Seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda mengganti gigi ketika RPM berada pada level 3,500-4,500 selama mobil  belum mencapai jarak 1.000 km.

Digunakan Sebagai Derek

Jangan pernah menjadikan mobil yang masih baru sebagai mobil derek atau untuk menderek mobil lainnya, terutama jika mobil memang tidak didesain untuk fungsi tersebut.

Aktivitas ini akan membuat mobil mengangkut lebih banyak beban sehingga mesin bekerja lebih keras. Jika jarak yang ditempuh mobil belum melampaui 1.000 km sebaiknya hindari hal tersebut.

Berkendara saat Suhu Mesin Dingin

Selalu panaskan mobil sebelum Anda berkendara, karena seluruh bagian mesin mobil didesain untuk bekerja pada suhu optimal. Saat menyalakan mobil, mesin yang masih dingin akan membutuhkan waktu untuk mencapai suhu tertentu.

Biasanya hanya butuh waktu sekitar 1-3 menit untuk memanaskan mesin. Jika Anda langsung mengendarai mobil sesaat setelah menyalakannya justru hanya akan membuat mesin bekerja lebih keras dan cepat rusak.

Efisiensi bahan bakar pun juga ikut terpengaruh jika Anda langsung menyalakan mobil dan mengendarainya. Jadi tahan dulu keinginan Anda untuk langsung tancap gas, sabarlah sebentar demi performa mesin yang selalu baik.

Bagi Anda yang ingin segera memiliki mobil, dapat mengajukan pembiayaan kredit mobil. Saat ini hadir platfor digital yang memberikan layanan pembiayaan mobil secara online sehingga lebih praktis.

SEVA merupakan platform dari PT Astra Auto Digital yang memberikan layanan finansial kepada para pelanggan agar dapat membeli mobil melalui berbagai macam pilihan produk paket pembelian kualitas Astra Finansial.

Memiliki beberapa keunggulan diantaranya melayani secara online sehingga lebih praktis dan nyaman. Juga terdapat fitur yang akan memuat Anda merasa nyaman melakukan kredit karena sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Fitur instan approval juga hadir sehingga Anda semakin mudah dan cepat mendapatkan mobil impian. 

0 Response to " Hal yang Harus Dihindari Ketika Membeli Mobil Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel