Program Parenting Paud dan TK Beserta Contohnya

Program parenting paud dan TK anak usia dini - Program parenting merupakan pembelajaran yang memadukan pendidikan yang diperoleh anak disekolah dengan dirumah.

Dalam program parenting terdapat upaya yang bertujuan untuk menyelaraskan antara kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah, sehingga pendidikan yang dikembangkan disekolah dapat ditindak lanjuti ketika berada dirumah bersama keluarga.

Manfaat Program Parenting

Kegiatan parenting akan menjadi suatu wadah yang dapat memberikan keuntungan pada semua pihak, baik kepada orang tua, kelompok bermain, mau-pun pemerintah.

Ada beberapa manfaat dalam pelaksanaan parenting adalah:

  1. Terjalinnya mitra kerja lintas sektor, misalnya dari pengusaha-pengusaha yang berkaitan dengan produk yang berkaitan dengan kebutuhan tumbuh kembang anak, instansi pemerintah, penerbit buku, dan lain-lain
  2. Terpenuhinya kebutu-han hak-hak anak,
  3. Berkembangnya rasa percaya diri orangtua dalam mendidik anak
  4. Terjalinnya hubungan yang harmonis pada masing-masing anggota keluarga sesuai dengan tugasnya masingmasing
  5. Terciptanya hubungan antar keluarga di lingkungan masyarakat sekitar lembaga pendidikan, dan
  6. Terjalin-nya mitra kerja antar sesama anggota parenting.

Jenis Program Parenting Paud/TK

Saat ini terdapat 10 jenis program parenting paud yang bisa dilaksanakan pada lembaga Paud/TK bersama orang tua siswa.

1. Parents Gathering

Parents gathring merupakan program parenting paud yang dilaksanan oleh satuan pedidikan dengan mengundang para orang tua untuk membicarakan program lembaga paud mengenai bimbingan dan pengasuhan anak di keluarga dalam rangka menumbuh-kembangkan anak secara optimal.

2. Foundation Class

Pengenalan program lembaga paud kepada orang tua dan siswa yang diadakan pada awal masuk sekolah atau tahun ajaran baru.

3. Seminar

Program parenting juga dapat dilakukan dengan mengadakan seminar dengan mengundang pakar atau ahli dalam bidang anak usia dini, misalnya psikologi anak dan lain sebagainya

4. Hari Konsultasi

Sekolah paud dapat menentukan hari untuk bertemu dengan para orang tua siswa untuk melakukan sharing tentang anak selama berada disekolah maupun dirumah. 

5. Field Trip

Field trip merupakan program parenting paud dan anak tk untuk melakukan wisata bersama orang tua, misalnya mengunjungi kebun binatang, ke museum atau tempat-tempat yang berhubungan dengan tema pembelajaran paud.

6. Home Activities

Home Activities adalah aktifitas di rumah yang dibawa ke sekolah. Kegiatan yang dilaksakan adalah bimbingan bagaimana kegiatan dirumah yang baik untuk mendidik anak, dan menciptakan situasi yang kondusif untuk anak di rumah.

7. Cooking on The Spot

Memasak bersama guru atau orang tua juga merupakan salah satu program parenting paud yang dapat diterampkan pada satuan pendidikan.

8. Bazar Day

Bazar day merupakan program parenting yang mengundang para orang tua untuk menghadiri bazar yang menampilkan karya anak-anak yang nantinya dijual kepada orang tua umum.

9. Mini Zoo

Program parenting paud untuk membuat kebun binatang mini dilingkungan sekolah, anak-anak dapat membawa hewan periharaan mereka untuk dibawa kesekolah dalam satu hari saja.

10. Home Education Video

Program parenting paud yang terahir adalah home educatioan video, yaitu merekam aktifitas mengajar guru yang nantinya diberikan kepada orang tua untuk disaksikan dan dipelajari di rumah.

0 Response to "Program Parenting Paud dan TK Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel