-->

Jenis dan Keuntungan Menggunakan Semen Instan

Ketika ingin merenovasi rumah, ada banyak bahan bangunan seperti semen dan pasir yang harus disiapkan. Tentunya hal itu membutuhkan banyak biaya, untuk menghemat pengeluaran kamu dapat menggunakan semen instan sebagai solusinya.

Semen instan merupakan semen yang sudah dicampur dengan pasir, sehingga cukup menambahkan air maka sudah siap untuk digunakan.

Semen ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti pemasangan kramik, plester dinding, acian instan hingga pemasangan batako. Namun kamu harus menyesuaikan jenis semen instan sesuai dengan peruntukannya.

Jenis Semen Instan 

Agar tidak salah dalam memilih semen instan (mortar) ada beberapa jenis semen instan yang saat ini beredar di pasaran.

1. Thin bed Mortar (Perekat Bata Ringan)

Semen jenis ini digunakan untuk pemasangan batako, tukang bangunan cukup menggunakan lapisan sedikit untuk merekatkan batako satu dengan yang lainnya.

Fungsi mortar jenis ini cukup menggunakan 40 kilogram kemasan saja untuk ketinggian dinding 10 hingga 14 meter.

2. Plaster Max atau Plester Dinding

Mortar yang dibuat khusus untuk memplester dinding, kemasan sebanyak 50 kg mencukupi proses pembangunan 2,5 hingga 3 meter.

Uniknya jenis semen instan ini dapat digunakan pada mesin semprot agar lebih efektif dan menghemat waktu biaya setrta tenaga yang dikeluarkan.

3. Skim Coat atau Pelapis Dinding

Skim coat atau pelapis dinding biasa disebut juga dengan acian merupakan semen yang digunakan untuk memoles dinding beton interior atau exterior agar lebih cepat. Jenis semen ini memiliki sifat merekat dengan kuat dan cepat kering.

4. Tile Adhesive atau Pemasang Keramik

Jenis mortar terahir yaitu tile adhesive yang digunakan untuk memasang kramik pada lantai atau dinding. Jenis semen ini memiliki daya rekat yang tinggi sehingga kramik akan terus menempel pada lantau maupun dinding bangunan.

Setelah mengetahui beberapa jenis mortar yang ada, berikut ini beberapa keuntungan apabila menggunakan semen instan untuk renovasi rumah yang kamu miliki

Keuntungan Menggunakan Semen Instan

Meskipun memiliki harga yang lebih mahal dibandingakan dengan semen biasa, namun ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan semen instan.

1. Praktis dalam penggunaan

Kamu tidak perlu menambahkan bahan lain pada semen instan, karna didalamnya sudah terdapat pasir dengan komposisi yang tepat.

Tugas kamu hanya memilih jenis semen instan yang sesuai dengan peruntukannya.

2. Minim retak dinding

Saat melapisi dinding dengan acian, terkadang muncul retak dinding atau retak rambut ketika sudah kering. Namun dengan menggunakan semen instan, masalah tersebut sangat jarang ditemui karna kandungan filler dan bahan aditif yang ada didalamnya.

3. Mudah dalam finishing

Finishing akan lebih cepat jika menggunakan semen instan, cat yang diaplikasikan akan merekat dengan kuat dan yang paling baik ialah dapat menghemat cat.

Itulah beberapa ulasan tentang jenis dan keuntungan menggunkan semen instan (mortar) yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat