Model Layanan Cloud Computing

Layanan cloud computing kini telah banyak digunakan oleh masyarakat luas. Secara sadar ataupun tidak, kita telah banyak menggunakan layanan cloud computing, misalnya saja Google Drive. Kita dapat menyimpan berbagai macam fiie mulai dari dokumen, foto, video secara gratis.

Dalam segi bahasa Indonesia, Cloud Computing dapat diartikan sebagai "Komputasi Awan". Perpaduan antara pengembangan teknologi komputer (komputasi) dengan pengembangan internet (Cloud).

Baca Juga : 

Artinya Semua data dan aplikasi tersimpan pada server cloud sehingga kita tidak perlu memikirkan proses instalasi. Sebagai gantinya untuk terhubung kedalam cloud server kita membutuhkan koneksi internet.

Jenis Layanan Cloud Computing

Berdasarkan jenisnya layananya cloud computing terbagi menjadi tiga yaitu, Infrastruckture As a Service (IaaS), Platform As a Service (PaaS) dan Software As a Service (SaaS).

Infrastructur As a Service (IaaS)

Infrastructure As a Service (IaaS) merupakan layanan yang menyediakan Virtual Machine (VM) baik memori, hardware, storage, banyak CPU yang dipakai, sistem operasi apa yang ingin di install dan lain sebaginya, semua itu dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan pengguna secara Virtual.

Baca juga : Download Ebook Cloud Computing Bahasa Indonesia

Platform As a Service (PaaS)

Platform As a Service (PaaS) adalah layanan cloud computing yang biasanya ditujukan untuk pengembang perangkat lunak. Tujuanya untuk mempermudah pengembang menjalankan aplikasi yang telah dibangunya. Pelanggan cukup menanmkan aplikasi yang dibangun tanpa harus memikirkan kebutuhan perangkat lunaknya baik framwork, library dan tools lain karna sudah disiapkan oleh penyedia layanan cloud computing.

Software As a Service (SaaS)

Software As a Service (SaaS) adalah layanan yang diberikan oleh penyedia cloud computing dimana pengguna hanya tinggal memakai aplikasi yang telah disediakan. Pengguna cukup mendaftar pada penyedia layanan cloud kemudian login kehalaman member area dan dapat langsung menggunakan aplikasi yang ada misalnya office 365.

0 Response to "Model Layanan Cloud Computing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel