Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Hp Oppo

Kamu pengguna hp oppo dan saat ini sedang mengalami masalah sinyal hilang? Yuk kenali penyebab dan cara mengatasi hp oppo tidak ada sinyal pada artikel ini.

Salah satu masalah yang terkadang dialami oleh pengguna hp oppo adalah sinyal hilang meski cuaca cerah dan listrik menyala. Hal tersebut tentu membuat kita menjadi jengkel bukan kepalang terlebih jika saat itu sedang dalam keadaan darurat. Karna jika tidak ada sinyal maka hp kita tidak bisa melakukan panggilan telepon, berkirim pesan, bahkan tidak bisa untuk browsing atau internetan sehingga hp oppo tidak bisa download.

Sinyal hilang atau sinyal lemah di hp oppo bisa disebabkan oleh gangguan jaringan operator seluler yang kamu pakai. Namun hal tersebut bukan menjadi satu-satunya penyebab mengapa hp oppo tidak ada sinyal. Ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat hp kamu tidak ada sinyal meski kartu sim telah terpasang dengan benar.

Penyebab Hp Oppo Tidak Ada Sinyal

Hp oppo yang tidak ada sinyal bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Diluar Jangkauan Area Jaringan

Faktor penyebab mengapa hp kamu tidak ada sinyal bisa disebabkan karena kamu sedang berada diluar jangkauan area jaringan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan operator seluler yang kamu pakai tidak memiliki cakupan wilayah yang luas sehingga sinyal hanya berada pada tempat tertentu saja.

2. Perbaikan jaringan

Provider yang sedang melakukan perbaikan jaringan bisa menyebabkan sinyal hp kamu hilang. Untuk memastikan apakah sedang ada perbaikan, kamu bisa bertanya kepada orang disekitarmu yang menggunakan provider yang sama apakah mengalami hal serupa atau tidak.

3. Listrik Padam

Penyebab sinyal hilang paling umum disebabkan karna listrik padam. Biasanya jika listrik PLN padam maka jaringan seluler pada wilayah tersebut juga ikut hilang. Namun ada juga yang masih mendapatkan sinyal, namun sinyal hp oppo lemah (hilang timbul).

Hal tersebut biasanya terjadi pada wiliayah pedesaan, namun jika berada diwilayah perkotaan atau dekat dengan kota, meskipun listrik PLN padam sinyal masih tetap bagus.

4. Cuaca

Ketika cuaca hujan disertai dengan petir terkadang membuat sinyal hp hilang. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh pemancar sinyal tidak dapat bekerja dengan baik saat kondisi hujan

5. Kerusakan Hardware

Keruskan hardware atau komponen pada smartphone juga menyebabkan tidak bisa dapat sinyal. Hal ini terjadi apabila hp kamu pernah terjatuh atau hp masuk ke air seperti yang penulis alami.

Meskipun bisa menyala kembali setelah dikeringkan namun tidak bisa mendapatkan sinyal. Sehingga harus mengganti komponen hardware yang biayanya cukup mahal. Oleh karna itu untuk memastikan apakah hardware hp kamu bermasalah, kamu bisa bertanya pada teknisi hp.

Penyebab mengapa hp oppo tidak dapat sinyal diatas bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini.

Baca Juga : 

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Oppo

Cara mengatasi sinyal hp hilang berikut ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi hp oppo a11w sinyal lemah, oppo a83 tidak ada sinyal, oppo F1s Sinyal 4G hilang, Oppo a1k sinyal 4g hilang serta solusi oppo A57 sinyal hilang.

1. Lakukan Restart

Langkah ini paling gampang untuk dilakukan, jika hp kamu tiba-tiba tidak ada sinyal cobalah untuk matikan hp kemudian hidupkan kembali dan lihat bagaimana hasilnya. Jika cara ini tidak dapat bekerja silahkan gunakan cara lain dibawah ini

2. Gunakan Mode Pesawat

Cara lain yang ampuh untuk mengatasi sinyal hilang dengan menaktifkan mode pesawat pada smartphone kamu. Tunggu hingga beberapa saat kemudian non aktifkan mode pesawat dan tunggu simcard mencari jaringan sinyal 4g yang hilang. 

Cara tersebut juga sering penulis gunakan saat jaringan internet lambat dan ketika menggunakan cara tersebut jaringan bisa kembali dengan normal.

3. Ubah Pengaturan Jaringan Menjadi Manual

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hp oppo tidak ada sinyal dengan mengubah pengaturan jaringan provider menjadi manual. Caranya sebagai berikut, buka menu Settings > Network > Connections > Mobile Network > pilih Operator > Select Automatically.

Cara tersebut berfungsi untuk memilih jaringan kartu provider yang kamu gunakan dan untuk menstabilkan sinyal agar tidak hilang.

4. Cek Pemasangan Simcard

Pemasangan yang salah juga menjadi penyebab mengapa hp kamu tidak bisa dapat sinyal. Pastikan kembali apakah simcard yang kamu telah terpasang dengan benar atau tidak dan cek kembali apakah sudah mendapatkan sinyal atau belum.

5. Tukar Simcard Ke Hp Lain

Jika hp kamu masih tetap tidak dapat sinyal, coba tukar simcard ke hp lain. Jika sinyal muncul kemungkinan terjadi kerusakan pada slot sim card pada hp kamu. Untuk memastikan hal tersebut coba kamu kunjungi service hp yang terdekat.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sinyal hilang di hp oppo semoga dapat mengatasi masalah yang sedang kamu alami. Terimakasih karna telah membaca artikel ini dan jika kamu rasa bermanfaat jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu ya.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Hp Oppo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel