Cara Membuat RDP Windows Google Cloud Platform

Cara membuat RDP Windows di  Google Cloud Platform - Membuat RDP Windows menggunakan google cloud untuk keperluan internet dengan kecepatan yang tinggi. Simak ulasan artikel berikut ini.

Remote Desktop Protocol (RDP) merupakan protokol jaringan yang digunakan oleh sistem operasi windows yang memungkinkan para pengguna untuk mengakses mesin komputer dari jarak jauh, seperti VPS google cloud.

Ada banyak layanan yang dapat digunakan untuk membuat RDP Windows, salah satunya adalah Google Cloud. Google Cloud menawarkan RDP dengan kecepatan yang tinggi serta kemudahan dalam instalasi server yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Selain itu, kalian akan mendapatkan credit gratis $300 bagi para pengguna baru yang mendaftar google cloud. Credit tersebut dapat digunakan untuk membuat RDP windows gratis.

Baca Juga :


Cara Membuat RDP Windows Google Cloud

Sebelum membuat RDP windows di google cloud, pastikan kalian telah memiliki akun google cloud terlebih dahulu. Jika belum punya akun dapat mendaftar dengan mengikuti panduan cara membuat akun google cloud.

Berikut langkah-langkah membuat RDP Windows Google Cloud Platform.

1. Login ke halaman google cloud

2. Klik menu Compute Engine > VM Instances

3. Pilih Create Instance

4. Isi data server RDP Windows

Catatan :

  • Kotak name, isi nama sesuai yang anda ingginkan dengan huruf kecil.
  • Di bagian region, pilih asia-southeast1 (Singapore).
  • Di bagian series, pilih N2.
  • Di bagian Machine Type, pilih N2-Standart-2

5. Pilih Sistem Operasi

Pada bagian Bot Disk, ganti dengan sistem operasi windows yang kalian inginkan dengan cara klik menu Change.

Jika sudah memilih sistem operasi RDP windows, silahkan klik Select. Tunggu beberapa saat hingga proses membuat RDP windows berhasil. Jika sudah berhasil pada dashboard VM Instance akan muncul nama RDP yang telah kita buat tadi.

6. Klik menu RDP dan pilih Set Windows password

7. Buat Username dan Password RDP Windows


Jika sudah selesai membuat username dan password RDP Windows google cloud, maka pembuatan RDP telah berhasil dilakukan. Bagaimana sangat mudah bukan?

Untuk mengakses RDP google cloud silahkan ikuti panduan dibawah ini.

Cara Akses RDP di Google Cloud

1. Klik menu start pada koputer, kemudian cari Remote Dekstop Connection

2. Masukan External IP pada kotak Remote Desktop Connection

Jika sudah kemudian klik Connect

3. Masukan Username dan Password RDP

Kemudian klik OK.

Tuggu koneksi dengan RDP berhasil dilakukan. Jika berhasil, kalian akan melihat tampilan Windows RPD google cloud dan dapat langsung menggunakan secara gratis.


Kelebihan Membuat RDP di Google Cloud

Ada beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan jika membuat rdp di google cloud dibandingkan dengan layanan lainya.

1. Akses gratis

Kalian dapat menikmati RDP secara gratis dengan menggunakan credit yang diberikan oleh google. Selama credit tersebut masih tersedia maka kalian dapat menikmati layanan google cloud secara gratis.

Oleh karna itu buatlah RDP dengan memilih server yang membutuhkan biaya bulanan yang sedikit.

2. Mudah dalam pembuatan

Membuat RDP google cloud sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan beberapa menit saja. Hal ini sangat berbeda jauh jika menggunaan layanan cloud lainnya.

3. Dapat digunakan untuk berbagai layanan

Selain digunana untuk membuat RDP, google cloud juga dapat digunakan sebagai hosting website maupun VPS. Dengan menggunakan Google cloud pastinya memiliki kecepatan yang tinggi.


Daftar Pertanyaan

Beberapa pertanyaan terkait dengan membuat RDP windows di google cloud

Apakah gratis selamanya?

Tentu saja tidak, akses gratis hanya diberikan kepada pengguna baru selama 90 hari sejak pendaftaran awal berhasil. Setelah akses gratis selesai, kalian dapat melanjutkan layanan dengan mengeluarkan biaya tertentu atau berhenti.

Bisakah memilih server selain windows?

Kalian dapat memilih sistem operasi RDP sesuai dengan yang di inginkan, kalian dapat menggunakan debian, linux dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Membuat RDP windows di google cloud dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kalian dapat membuat lebih dari satu RDP selama credit pada akun masih tersedia.

Semoga informasi mengenai cara membuat RDP di google cloud ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada pertanyaan atau saran silahkan ajukan pada kolom komentar yang tersedia.

0 Response to "Cara Membuat RDP Windows Google Cloud Platform"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel