Cara Membuat VPS Google Cloud Legkap Dengan Gambar

Cara membuat VPS di Google Cloud - Membuat VPS Cloud Google dengan layanan Compute Engine atau Virtual Machine (VM) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Berikut ulasannya.

VPS Google Cloud merupakan layanan Virtual Privat Server yang di buat dalam jaringan milik google. VPS tersebut nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti hosting website google cloud, Remote Desktop, Menampung trafik website yang tinggi dan lain sebagainya.

VPS Cloud Google dapat dijadikan sebagai pilihan ketika hosting atau vps kita selalu down ketika melayani trafik yang besar.

Kelebihan yang diberikan oleh google cloud selain kecepatan server yang uptime, para pengguna baru akan mendapatkan credit $300 secara cuma-cuma. Credit tersebut dapat digunakan untuk berbagai layanan GCP seperti Cloud VPS.

Baca Juga :


Cara Membuat VPS Google Cloud

Panduan membuat VPS google cloud lengkap dengan gambar

1. Login ke cloud.google.com

Silahkan masuk ke halaman dashboard google cloud dengan menggunakan akun gmail. Jika belum memiliki akun GCP, silahkan buat akun terlebih dahulu. Silahkan baca cara daftar google cloud.

2. Klik Compute EngineVM Instance

Silahkan klik Compute Engine pada halaman menu kemudian pilih VM Instances untuk memulai membuat VPS Clud Google.

Setelah itu pilih pilih nama project yang telah dibuat atau kalian dapat membuat project baru dengan cara klik New Project. Kemudian klik Continue

Jika pertama kali membuat Compute Engine, akan ada notifikasi Compute Engine API seperti dibawah ini. Klik saja Enable



3. Klik Create Instance

Klik Create Instance untuk membuat VPS Cloud, kemudian akan tampil halaman seperti dibawah ini dan silahkan isi sesuai dengan keinginan.

Name = Masukan nama instane yang kalian inginkan

Region = Lokasi server VPS

Machine Type = OS yang akan digunakan.

Machine Configuration menggunakan General Purpose > Series N2 > Type e2-medium

VPS yang akan dibuat ini menggunakan credit $300 yang diberikan secara gratis oleh google cloud. Jadi pembayaran /bulan akan langsung dipotong pada credit yang ada pada akun kita. 

4. Klik Create

Setelah pengaturan mesin VPS telah dilakukan, klik tombol Create untuk membuat VPS. Jika VPS telah berhasil dibuat maka pada dashboard akan muncul daftar VPS yang telah dibuat.

VPS atau VM instances sudah aktif. External IP merupakan public IP dari VPS, dan Internal IP merupakan private IP dari VPS.

Akses VPS Dengan Putty Menggunakan SSH

Jika kalian ingin mengakses VPS menggunakan Putty silahkan ikuti cara-cara berikut ini.

1. Klik VM Instance yang ingin di akses

2. Klik Edit pada Tab diatas dan skroll ke bawa halaman cari Kata Kunci SSH. Kemudian masukkan SSH Key dari Putty yang telah kita generate dan klik simpan. Terlihat di gambar ada username vmgoogle dan SSH Key generate nya telah disimpan pada Key SSH.

3. Buka Putty

Masukkan Hostname dengan IP Public yang didapat dari VPS/VM google cloud, kemudian beri nama pada Saved Sessions.

3. Login VPS

Masukkan login as username dan password dari SSH Key yang kita create.

Dengan begitu kalian telah login VPS Google cloud menggunakan putty.

Selain menggunakan Google Cloud untuk membuat VPS, ada beberapa penyedia layanan lain yang dapat kalian gunakan dalam membuat VPS.

Tempat Membuat VPS Selain Google Cloud

Beberapa tempat yang dapat dijadikan alternatif dalam membuat Virtual Privat Server (VPS).

1. Aws Amazon

Aws amazon dapat dijadikan pilihan pertama untuk membuat sebuah VPS. Dengan harga bulanan yang cukup terjangkau menjadikan amazon cloud banyak digunakan oleh para praktisi IT.

Kalian dapat menggunakan AWS Amazon untuk berbagai keperluan seperti server hosting, membangun bisnis kecil, ujicoba aplikasi dan lain sebagainya.

2. Digitalocean

Untuk menggunakan vps digitalocean para pengguna harus melakukan deposit terlebih dahulu yang dapat dilakukan dengan beberapa metode pembayaran seperti Paypal, kartu debit dan kartu kredit.

Sama seperti halnya AWS Amazon, VPS digitalocean juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh para pengguna.

3. Alibabacloud

Alibaba Cloud menyediakan solusi web hosting yang cocok untuk bisnis dari semua ukuran. Alibaba Cloud dapat membantu mengurangi biaya pengembangan, pemeliharan, dan IT sementara menjaga keamanan dan stabilitas situs Anda.

Itulah informasi mengenai cara membuat VPS Google Cloud yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

0 Response to "Cara Membuat VPS Google Cloud Legkap Dengan Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel