Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup, Ampuh

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup windows 10, 8, 7 - Layar laptop blank hitam secara tiba-tiba atau saat dinyalakan bukan berarti laptop rusak dan buru-buru membawa ke teknisi. Kalian dapat mencoba memperbaikinya sendiri dengan panduan pada artikel ini.

Laptop blank hitam atau black screen merupakan kondisi dimana layar laptop tidak menampilkan apapun namun dalam kondisi hidup. Tidak ada kode masalah apapun yang muncul sehingga banyak orang yang mengira laptop tersebut dalam keadaan mati.

Laptop black screen dapat dikategorikan sebagai masalah ringan maupun serius tergantung dari penyebab laptop blank hitam. 

Penyebab Laptop Blank Hitam atau Black Screen

Beberapa penyebab layar laptop blank saat dinyalakan

1. Windows Exploler tidak berjalan saat start up

Layar laptop blank hitam ketika dinyalakan dapat disebabkan oleh program windows explorer tidak berjalan pada saat proses start up. Bisa juga dikarenakan windows exploler lambat dalam memproses printah ketika start up.

Jika disebabkan oleh masalah windows exploler yang tidak berjalan saat start up, kamu hanya perlu menunggu hingga laptop menampilkan layar windows dengan normal.

2. Graphics Driver bermasalah

Graphics driver merupakan program yang bekerja untuk mengatur tampilan pada laptop atau komputer sehingga tampilan layar dapat dilihat oleh pengguna. Namun jika driver graphics rusak atau bermasalah dapat mengakibatkan layar blank hitam atau laptop hang.

3. Kabel display bermasalah

Kabel display atau kabel fleksibel yang menghubungkan layar laptop dengan motherboard kendur atau bermasalah maka dapat mengakibatkan layar laptop blank hitam.

Untuk mengatasi masalah laptop blank hitam yang disebabkan oleh kabel display yang bermasalah, kalian perlu membawa laptop ke teknisi karna perlu penanganan khusus.

4. Terkena Virus

Laptop yang terkena virus terkadang dapat menyebabkan layar blank hitam. Meskipun jarang terjadi, mungkin saja kamu mengalami layar laptop blank yang disebabkan oleh virus.

5. Overheating

Overheating atau terlalu panas merupakan kondisi dimana laptop bekerja dengan sangat keras sehingga suhu pada laptop naik secara signifikan. Jika berlangsung selama terus menerus akan membuat performa menjadi turun dan laptop lemot.

Baca Juga :


Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Beberapa cara dibawah ini dapat kalian gunakan untuk mengatasi layar laptop blank hitam atau black screen paling ampuh.

1.  Matikan laptop

Terkadang saat black screen dapat diatasi dengan mudah, cobalah untuk matikan laptop anda dengan menekan tombol power beberapa detik hingga kondisi laptop benar-benar dalam keadaan mati.

Setelah itu, nyalakan kembali laptop tersebut dan biasanya akan kembali normal. Namun jika tetap blank hitam gunakan cara lain yang ada dibawah ini.

2. Hapus CMOS

Untuk mengatasi laptop layar hitam dapat dilakukan dengan menghapus memori BIOS atau mengembalikan pengaturan menjadi Default dengan masuk kedalam safe mode windows.

Caranya.

  • Ketuk tombol F8 berulang-ulang
  • Maka akan muncul beberapa pilihan menu
  • Silakan pilih Safe Mode
  • Saat sudah masuk Safe Mode, silakan buka Device Manager
  • Klik kanan Driver VGA kemudian uninstall
  • Uninstall Adapter VGA Device Manager

Setelah itu restart laptop dan lihat apakah masalah laptop layar hitam sudah teratasi atau belum.

3. Uninstall software yang tidak kompatible

Jika kondisi laptop blank hitam terjadi setelah kalian menginstall aplikasi atau software, maka masalah tersebut disebabkan oleh software yang berbahaya atau tidak kompatible dengan laptop.

Kalian dapat menghapus software tersebut dengan masuk ke safe mode menggunakan cara yang sama pada langkah diatas. Setelah itu restart laptop dan biasanya akan kembali dengan normal.

4. Cek layar laptop

Laptop layar hitam biasanya disebabkan oleh kabel dislpay yang mengalami kerusakan. Untuk memastikan hal tersebut cobalah gunakan monitor external dengan cara menghubungkan monitor melalui Port VGA laptop.

Jika layar tampil dengan baik, dapat dipastikan bahwa kabel display mengalami kerusakan. Kalian perlu membawa laptop ke teknisi karna untuk memperbaiki masalah tersebut perlu membongkar cashing laptop.

5. Ganti resolusi layar

Jika kalian tidak sengaja mengatur resolusi layar melebihi kapasitas dari laptop maka dapat menyebabkan blackscreen. Untuk memperbaiki hal tersebut kalian cukup merubah resolusi layar menjadi default dengan terlebih dahulu masuk ke safe mode windows.

6. Periksa dan ganti hardware

Selain disebabkan oleh software, layar blank dapat disebabkan oleh perangkat hardware seperti RAM atau kartu VGA yang mengalami kerusakan karna overheating atau sudah usang.

Kalian perlu mengecek perangkat tersebut dengan cara membuka cashing laptop kemudian bersihkan RAM dan kartu VGA. Setelah itu pasang kembali pada tempatnya dengan benar.

Jika kalian tidak tahu bagaimana caranya, alangkah lebih baik jika membawa laptop ke teknisi terdekat agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Kesimpulan

Beberapa penyebab laptop blank dapat diatasi dengan mudah menggunakan cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup pada artikel ini. Namun kamu perlu membawa laptop ke teknisi jika kerusakan disebabkan oleh perangkat hardware agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup, Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel