Cara Mengatasi Laptop Hibernating Paling Ampuh

Cara mengatasi laptop hibernating windows 7, 8, 10, 11 - Mengatasi laptop hibernating dengan cara yang benar dapat menghindari kerusakan yang berat pada laptop, pc atau komputer kita.

Hibernating pada laptop merupakan kondisi dimana sistem windows akan mengistirahatkan otomatis sementara semua sistem yang sedang berjalan sehingga aplikasi akan berhenti sejenak. Namun ketika hibernating berhenti pengguna dapat mengakses kembali program yang sedang digunakan.

Namun ketika laptop atau komputer hibernating secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut menandakan bahwa ada kerusakan pada sistem atau hardware yang digunakan.

hibernating pada laptop dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti terlalu lama menggunakan aplikasi tanpa jeda hingga berjam-jam tanpa henti. Selain itu terdapat beberapa penyebab lain mengapa laptop selalu hibernating.

Baca Juga :

Penyebab Laptop Hibernating

Jika kalian mengalamai laptop hibernating, yuk kenali penyebab mengapa laptop hibernating agar mudah untuk mengatasinya.

1. Batrai laptop sudah mau habis

Penyebab umum mengapa laptop mengalami hibernating secara tiba-tiba adalah batrai laptop yang lemah atau sudah mau habis. Sebelum hibernating terjadi biasanya lampu power laptop akan kedap-kedip yang menandakan bahwa batrai akan habis.

Untuk mengatasi hal tersebut caranya cukup lakukan pengisian daya dan nyalakan kembali laptop yang kalian gunakan.

Namun jika masih tetap terjadi hibernating, kemungkinan bisa disebabkan oleh hal dibawah ini

2. Penggunaan CPU atau RAM Usage 100%

Penggunaan aplikasi yang berlebihan menyebabkan penggunaan CPU atau RAM Usage mencapai 100% juga dapat menyebabkan laptop hibernating.

Biasanya sistem akan mendeteksi penggunaan ram yang meningkat secara tidak wajar akan memaksa sistem untuk melakukan hibernating sehingga laptop tiba-tiba mati sendiri.

3. Driver Error atau Bugs Windows

Hal ini biasanya jarang terjadi namun bisa saja menjadi penyebab laptop hibernating. Jika laptop kalian masuk hibernating dan tidak bisa dinyalakan kembali setelah install driver, biasanya driver mengalami kerusakan.

Cobalah periksa driver display yang kalian gunakan dengan cara masuk ke safe mode kemudian install ulang driver yang kalian pakai dan lihat bagaimana hasilnya. [Baca : Cara Melacak HP Android Yang Hilang]

Cara Mengatasi Laptop Hibernating

Laptop hibernating secara tiba-tiba saat kita sedang melakukan pekerjaan menggunakan laptop memang dapat membuat kesal. Jika kalian mengalami hal tersebut, berikut cara mengatasi laptop hibernating yang patut kalian coba.

  1. Tekan tombol power hingga laptop mati
  2. Cabut carger yang terpasang jika saat hibernating kalian sedang mengecas batrai laptop
  3. Lepas batrai yang terpasang di laptop
  4. Diamkan sekitar 15 atau 20 menit
  5. Pasang batrai dan nyakalan kembali laptop yang kalian gunakan.

Sebelum memasang batrai pada laptop, pastikan terlebih dahulu bahwa batrai sudah dingin. Hal tersebut untuk mencegah hibernating terulang kembali.

Mengatasi Laptop Hibernating Batrai Tanam

Jika laptop yang kalian gunakan tidak dapat dilepas batrainya atau menggunakan batrai tanam. Silahkan kalian tekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop mati kemudian diamkan cukup lama dan nyalakan kembali.

Selain cara diatas kamu juga dapat mengatasi laptop hibernating batrai tanam dengan menggunakan cara berikut :

  1. Klik menu start dan ketik Troubleshooting.
  2. Pilih Troubleshooting dan klik View All
  3. Klik next sampai sistem Windows berhasil mengatasi masalah tersebut dan akan muncul beberapa masalah yang berkaitan dengan daya atau batrai dan sistem akan memperbaiki hal tersebut
  4. Klik close

Jika kalian rasa fitur hibernate yang dimiliki oleh windows menggangu, kalian dapat mematiikan fitur hibernating dengan menggunakan cara berikut :

Cara Matikan Fitur Hibernating

  1. Buka CMD mode Administrator
  2. Ketikkan powercfg.exe /hibernate off kemudian Enter
  3. Selesai, fitur hibernating pada windows berhasil di matikan

Untuk menghidupkan kembali fitur hibernating silahkan lakukan cara yang sama pada langkah diatas namun ganti powercfg.exe /hibernate off menjadi powercfg.exe /hibernate On.

Kesimpulan

Hibernating pad laptop, pc atau komputer sebenarnya memiliki fungsi yang baik, namun terkadang sedikit mengganggu ketika laptop hibernating secara tiba-tiba. Oleh karna itu, kalian dapat menggunakan tutorial diatas untuk mengatasi laptop hibernating.

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Hibernating Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel