Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 7/8/10

Cara mengatasi laptop hang di windows 7/8/10 dengan mudah, dapat diperbaiki sendiri tanpa harus membawa laptop ke teknisi.

Laptop hang atau macet secara tiba-tiba pasti pernah dialami oleh pengguna windows 7/8/10. Laptop not responding membuat pengguna merasa khawatir terlebih saat sedang melakukan sebuah pekerjaan dan belum sempat untuk menyimpannya.

Kondisi laptop hang atau tidak merespon (Not Responding) ditandai dengan banyak aplikasi yang tidak berfungsi kecuali kursor mouse yang dapat digeser. Namun ketika membuka sebuah aplikasi atau ingin menutup aplikasi tidak dapat dilakukan.

Jika kalian mengalami kondisi tersebut jangan panik dan tetap santai. Karna ada cara yang dapat digunakan untuk mengatasi laptop hang atau macet. Namun sebelum mengatasi hal tersebut sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu penyebab laptop hang.

Laptop yang sering dipakai untuk menjalankan program yang berat terkadang sering mengalami hang atau macet. Terlebih jika laptop sudah berumur dan performa yang dimiliki tidak sebaik kondisi baru. Hal tersebut akan memperparah kondisi hang pada laptop bahkan dapat mengakibatkan layar laptop blank hitam.

Penyebab Laptop Hang atau Not Responding

Ada beberapa penyebab laptop hang atau ngelag atau not responding, beriktu penyebab laptop hang yang perlau diketahui.

1. Terlalu banyak program yang berjalan

Terlalu banyak program yang dibuka atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar dapat mengakibatkan laptop ngelag bahkan hang. 

Ada beberapa program yang meskipun tidak dibuka namun tetap berjalan seperti program antivirus, program startup dan beberapa program lain yang dapat menghabiskan kapasitas RAM yang digunakan.

Selain itu terlalu banyak membuka tab pada browser Google Chrome juga dapat membuat laptop menjadi macet atau hang.

2. RAM terlalu kecil

Ukuran memory yang digunakan (RAM) yang kecil juga menjadi penyebab laptop hang atau ngelag. Jika kalian hanya memiliki ukuran RAM 2 GB maka hanya ada sedikit program yang dapat dijalankan secara bersamaan.

Jika terlalu memaksakan untuk menjalankan banyak program sekaligus maka Memory Usage dapat mencapai 100% sehingga menyebabkan laptop hang, terlebih jika program yang dibuka membutuhkan resource yang besar.

3. Overheating

Overheating atau panas berlebih merupakan keaadaaan dimana suhu laptop melebihi batas ambang yang disarankan. Kondisi ini ditandai dengan suara tidak normal pada laptop meskipun kipas berjalan dengan baik.

Jika overheaing terjadi secara terus menerus dapat merusak komponen integrated circuit pada prosesor sehingga akan menurunkan performa dan membuat laptop menjadi hang.

4. Hardisk bermasalah

Harddisk yang bermasalah juga dapat menyebabkan laptop hang secara tiba-tiba. Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan oleh cara mematikan laptop yang tidak benar atau langsung menekan tombol power disaat sedang ada aplikasi yang berjalan.

Selain dapat menyebabkan harddisk rusak juga dapat menyebabkan masalah lain seperti sistem operasi windows bermasalah atau corrupt.

5. Sistem Operasi Bermasalah

Adanya sistem files yang corrupt dapat menyebabkan laptop ngelag atau macet. Karna pada sistem files terdapat program-program yang mendukung berjalanya sebuah aplikasi. 

Jika terdapat salah satu program system files rusak maka aplikasi tidak akan berjalan dengan normal bahkan dapat menyebabkan laptop macet.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Laptop Hang Not Responding

1. End Task

Cara mengatasi laptop hang dapat dilakukan dengan fitur End Task yang terdapat pada sistem operasi windows.

End Task merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk menutup secara paksa sebuah program yang error atau not responding. Jangan takut untuk melakukan end task program, karna fitur ini disediakan oleh Windows sehingga sangat aman.

Untuk menggunakan End task silahkan tekan tombol CTRL+ALT+Del pada keyboard maka akan muncul jendela Task Manager. Kemudian hentikan program yang crash atau not responding dengan cara End Task maka laptop akan kembali normal.

2. Beri Waktu Sejenak

Jika kalian sedang menggunakan laptop untuk mengerjakan sesuatu, terkadang CPU membutuhkan resource yang besar sehingga menyebabkan hang. Jika hal itu terjadi kalian cukup menunggu beberapa saat hingga laptop kembali normal

3. Menghapus Cache Bios

Cache bios merupakan sebuah sistem windows yang berfungsi untuk menyimpan data aplikasi. Sehingga saat aplikasi dibuka, sistem akan mengakses data yang tersimpan pada cache tanpa memperlambat kinerja sistem.

Jika cache terlalu banyak dan menumpuk maka akan membuat laptop hang. Kalian dapat menghapus cache untuk mengatasi leptop lemot. Berikut caranya

  • Saat kondisi laptop hang, segera “Restart laptop”. Jika tidak bisa, lakukan “Force Shutdown” dengan menekan dan menahan tombol power.
  • Setelah laptop mati, nyalakan kembali dan masuk ke "Menu BIOS" dengan cara menekan tombol Delete. atau F12, F11, F8 sesuai dengan laptop yang digunakan
  • Setelah berhasil masuk, silahkan pilih menu “Advanced BIOS Features“. Cari yang ada kaitannya dengan “BIOS Cache“. Kemudian disable. Jika sudah, simpan lalu klik “Enter” dan nyalakan lagi laptop Anda.

4. Install Antivirus

Laptop hang tiba-tiba juga dapat disebabkan oleh virus komputer. Ketika laptop kembali normal, segeralah install antivirus dan lakukan scaning pada laptop untuk mengetahui apakah laptop terkena virus atau tidak.

Jika dengan beberapa cara diatas laptop masih tetap mengalami hang, kemungkinan kipas pada laptop bermasalah dan terjadi Overheating. Untuk mengatasi hal tesebut silahkan ikuti cara dibawah ini.

5. Cek Kipas Leptop

Cek kondidi kipas pada laptop apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kipas mengeluarkan suara aneh kemungkinan terjadi masalah pada kipas sehingga Overheating.

Rajin-rajinlah mengecek kipas laptop atau servis laptop untuk menjaga performa tetap baik. Apabila laptop terlalu panas bahkan hang saat dinyalakan akan membuat laptop mati total.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Laptop hang saat baru dinyalakan juga banyak dialami oleh pengguna. Cara mengatasinya juga sama seperti diatas. Namun jika tersu terjadi kalian dapat menggunakan cara lain seperti berikut ini.

  1. Gunakan System Restore Windows
  2. Install Ulang Windows 
  3. Defragmenter Harddisk
  4. Disable Program Startup
  5. Bersihkan File Sampah Di Windows

Kesimpulan

Laptop hang memang kerap dialami oleh para pengguna laptop, namun dengan cara mengatasi laptop hang atau not responding windows 7/8/10 dapat memperbaiki masalah tersebut.

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 7/8/10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel