Cara Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus di Whatsapp

Cara Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus di Whatsapp - Whatsap merupakan salah satu media berkirim pesan yang paling banyak digunakan. Selain mengirim pesan text, whatsapp juga dapat mengirim foto dan file dengan sangat mudah.

Namun terkadang kita tidak sengaja menghapus foto dan file yang ada di whatsapp, sehingga ketika memerlukan foto dan file tersebut sudah tidak ada pada media penyimpanan telepon ataupun memori hp yang kita punya.

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, tidak perlu hawatir karna foto dan file yang terhapus di whatsapp dapat dikembalikan dengan sangat mudah hanya dengan beberapa langkah saja.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi whatsapp memiliki fitur Delete For Me dan Delete For Everyone kedua fitur tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Pada fitur Delete For Me berfungsi untuk menghapus pesan atau file pada ponsel kita sedangkan Delete For Everyone berfungsi untuk menarik kembali pesan yang telah terkirim ke orang lain.

Cara Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus di Whatsapp

Untuk mengembalikan foto dan file yang terhapus di whatsapp dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang telah terhapus di wa.

Melakukan Instal Ulang Whatsapp

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika menggunakan cara ini adalah fitur Back Up otomatis pada aplikasi whatsapp harus aktif. Kemudian ikuti langkah berikut ini 

  1. Uninstal aplikasi whatsapp pada smartphone
  2. Download kembali whatsapp kemdian install
  3. Masukan nomor Hp yang kamu gunakan dan registrasi seperti biasa
  4. Setelah proses registrasi selesai, whatsapp akan mendeteksi apakah terdapat file backup whatsapp pada hp kamu. Jika terdapat file backup maka akan muncul Restore Backup
  5. Klik Restore, maka wa akan mengembalikan foto atau file yang di backup
  6. Selesai

Cara tersebut dapat mengembalikan foto dan file yang terhapus di wa dengan catatan pengaturan backup pada whatsaap telah aktif. Jika foto atau file terhapus sebelum mengaktifkan backup maka cara ini tidak dapat dipakai untuk mengembalikan foto dan file yang terhapus.

Menggunakan WhatsRemoved+

WhatsRemoved+ merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus dari wa, berikut cara penggunaan aplikasi tersebut WhatsRemoved

  1. Unduh dan Install aplikasi WhatsReoved+ dari Play Store
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut kemudian pilih "Accept"
  3. Izinkan aplikasi untuk mengakses notifikasi hp
  4. Pilih aplikasi Whatsapp
  5. Selesai

Setelah aplikasi ini terinstall di hp android kamu, maka semua foto dan file yang ada di wa akan tersimpan disini. Jadi ketika foto di wa terhapus dapat dikembalikan dengan aplikasi WhatsRemoved+

Menggunakan Google Drive

Selain berfungsi untuk menyimpan file, google drive memiliki fungsi lain yaitu mengembalikan foto whatsapp yang terhapus. Caranya ikuti langkah berikut ini

  1. Buka gogle drive menggunakan email yang ada di hp
  2. Klik icon baris tiga pada pojok kiri atas
  3. Pilih folder Sampah
  4. Cari foto yang terhapus, kemudian centang dan "Pulihkan dari Sampah"
  5. Foto yang terhapus telah dipulihkan kembai, kini kamu dapat menggunkan foto tersebut untuk keperluanmu.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Wa dan Galeri Menggunakan Software Recovery

Agar foto yang terhapus dapat dikembalikan, kamu bisa menggunakan software yang bernama Recuva. Software ini dapat mengembalikan file dan foto yang terhapus dari galeri

  1. Unduh software Recuva
  2. Insatall pada komputer/leptop kamu
  3. Setelah terinstal jalankan software tersebut akan muncul tulisan Welcome to the Recuva Wizard, dari kotak dialog ini pilih Next untuk melanjutkan.
  4. Hubungkan hp kamu dengan komputer menggunakan kabel USB
  5. Pada kotak dialog, pilih All Files
  6. Kemudian Pilih In a Specific Location untuk mencari berdasarkan folder
  7. Pilih penyimpanan pada Micro SD atau kartu memori
  8. Pilih Next
  9. Setelah itu pilih Start
  10. Nanti akan muncul daftar file yang akan dikembalikan. Beri tanda ceklis di depannya kemudian pilih Recover
  11. Tunggu beberapa saat.
  12. Jika proses recovery sudah selesai, buat folder baru untuk menyimpan File yang sudah dikembalikan

Pada saat menggunakan software recuva untuk mengembalikan foto yang terhapus terkadang mengalami kendapa seperti file tidak dapat dibuka atau file rusak dikarenakan sudah terlalu lama terhapus.

Kesimpulan

Untuk mengembalikan foto yang terhapus di wa dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari tanpa menggunkan apliksi hingga menggunakan software tambahan. Tidak semua file dapat dikembalikan dengan menggunakan cara tersebut oleh karna itu kamu harus lebih berhati-hati kembali jika ingin menghapus sesuatu karna akan membuat kita menjadi repot jika foto tersebut masih dibutuhkan.

0 Response to "Cara Mengembalikan Foto dan File Yang Terhapus di Whatsapp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel