Download SK Tim Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah SD/SMP/SMA

Dalam mewujudkan pendidikan karakter jenjang SD/SMP/SMA/SMK perlu dibuat tim penguatan pendidikan karakter yang dibuktikan dengan dikeluarkanya sk tim penguatan pendidikan karakter di sekolah SD/SMP/SMA.

SK tim penguatan pendidikan karakter dibuat dan dikeluarkan oleh kepala sekolah pada satuan pendidikan. Pada surat keputusan tersebut terdapat uraian tanggung jawab, tugas, dan rencana tindak tindak lanjut TIM penguatan pendidikan karakter serta nama-nama yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas tersebut.

Perlu kita ketahui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan gerakan pendidikan disekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi) dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga dan masyarakat.

Olah hati (etik) merupakan karakter individu yang memiliki kerohanian yang mendalam, beriman dan bertakwa.

Olah rasa (estetis) merupakan karakter individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan.

Olah pikir (literasi) individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat.

Olah raga (kinestetik) merupakan Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara

Program yang dibuat oleh pemerintah tentu saja memiliki manfaat termasuk Program Penguatan Pendidikan Karakter. Lantas apa saja manfaatnya? berikut ini manfaat penguatan pendidikan karakter.

Manfaat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

  1. Penguatan karakter siswa dalam mempersiapkan daya saing siswa dengan kompetensi abad 21 (berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi, dan berkolaborasi)
  2. Pembelajaran dilakukan terintegrasi di sekolah dan di luar sekolah dengan pengawasan guru
  3. Revitalisasi peran Kepala Sekolah sebagai manajer dan guru sebagai inspirator PPK
  4. Revitalisasi Komite Sekolah sebagai badan gotong royong sekolah dan partisipasi masyarakat
  5. Penguatan Peran Keluarga melalui kebijakan pembelajaran lima hari
  6. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga masyarakat, pegiat pendidikan, pegiat kebudayaan, dan sumber-sumber belajar lainnya

Dengan mengetahui manfaat penguatan pendidikan karakter, para tim yang dibentuk disekolah dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik.

Jika bapak ibu sedang mencari contoh sk tim penguatan pendidikan karakter disekolah SD/SMP/SMA kami telah menyediakan contoh sk yang dapat di download secara gartis pada artikel ini. Contoh sk yang kamui sediakan tersedia dalam format word sehingga mudah untuk diedit dan disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

SK Lainya :


SK Tim Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah

Untuk mengunduh file contoh sk tim penguatan pendidikan silahkan klik link yang telah kami sediakan berikut ini

Download SK Tim Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah SD/SMP/SMA

Itulah informasi yang dapat kami bagikan, sekolah tidak hanya sebagai tempat untuk mencetak anak-anak yang pintar, sekolah juga sebagai tempat untuk mencetak manusia yang unggul dalam karakter agar pendidikan secara menyeluruh dapa tercapai.

0 Response to "Download SK Tim Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah SD/SMP/SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel