-->

Jenis-jenis perencanaan Pembelajaran Paud/TK

Jenis perencanaan pembelajaran paud/tk - Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi guru dalam proses pembelajaran yang akan berlangsung.

Rancangan pembelajaran dibuat sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar dan disesuaikan dengan karakteristik (usia,sosial, budaya dan kebutuhan) peserta didik.

Baca Juga :


Manfaat Perencanaan pembelajaran

Ada beberapa manfaat yang didapat ketika membuat rencana pembelajaran.
  • Mengarahkan tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien
  • Memberikan kemudahan dalam mengelola pembelajaran
  • Memudahkan lembaga dalam melakukan supervise
  • Memberikan jaminan mutu pembelajaran.

Jenis Perencanaan Pembelajaran di Paud/TK

Ada beberapa jenis perencanaan pembelajaran disekolah paud/tk yang harus disusun oleh para pendidik. Berikut jenis-jenisnya.

1. Perencanaan Tahunan dan Semester

Setiap awal tahun pembelajaran terdapat perencanaan tahunan dan semester yang dibuat oleh para guru.

Dalam perencanaan tahunan sudah ditetapkan dan disusun kemampuan, keterampilan dan pembiasaan-pembiasaan yang diharapkan tercapai untuk satu tahun. Selain itu juga memuat tema-tema yang telah disesuaikan denga aspek-aspek perkembangan dan minat anak. 

2. Program Semester

Program semester ini adalah program tahunan yang dibagi ke dalam 2 semester sebagai acuan untuk menentukan SKM dan SKH yang akan diterapkan di lembaga TK masing-masing.

3. Satuan Kegiatan Mingguan (Perencanaan Mingguan)

Satuan kegiatan mingguan berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai kemampuan-kemampuan yang telah direncanakan untuk satu mingguan sesuai dengan tema minggu itu. Penjabaran tema dari kurikulum yang telah ditentukan di bagi dalam satuan mingguan yang harus dicapai ketuntasannya.

4. Satuan Kegiatan Harian (Perencanaan Harian)

Satuan kegiatan harian atau perencanaan harian merupakan perencanaan pembelajaran untuk setiap hari dibuat oleh guru, dijabarkan dari SKM. Satuan Kegiatan Harian, merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam Perencanaan harian terdapat implikasi dari penjabaran Indikator dan pencapaian kompetensi terntu untuk anak dan guru pendidik.